Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop/Komputer Windows 10/11 Hanya 1 Menit

 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop/PC Windows 10/11 Hanya 1 Menit_Laptop merupakan kebutuhan pokok  bagi mahasiswa ataupun pekerja kantoran. Tanpa menggunakan laptop, pekerjaan akan menjadi susah. Berlama-lama di depan laptop akan membuat mata perih sehingga perlu mengatur kecerahan yang sesuai. Berikut adalah cara mengatur kecerahan layar komputer windows 10/11 yang sayang dilewatkan:

Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop/Komputer Windows 10/11 Hanya 1 Menit

1. Pastikan Ada di Desktop Utama

Pengguna Windows 10/11 tidak perlu ribet jika ingin mengatur tingkat kecerahan dari laptopnya karena sekarang sudah dimudahkan dalam hal tersebut. Pengguna tidak perlu mencari menu Setting karena prosesnya bisa langsung dimulai meskipun masih berada pada halaman dekstop utama. Windows 10/11 sudah disertai dengan versi tercanggih sehingga semakin memuaskan para penggunanya. Semua pengaturan yang ingin dilakukan pada laptop telah diatur dengan proses yang singkat dan tentu ini berbeda dengan Windows versi sebelumnya. Beruntung jika telah memiliki laptop versi ini.

2. Pencet Klik Kanan Pada Mouse

Cara mengatur kecerahan layar komputer Windows 10/11 selanjutnya yaitu klik kanan pada mouse ataupun touchpad dengan masih berada di desktop utama. Setiap touchpad memiliki karakteristik tersendiri, terkadang ada pula yang sulit untuk dipencet oleh sebab itu alangkah lebih baik menggunakan mouse saja.

Pengguna yang telah mengklik kanan, maka akan melihat beberapa pilihan menu seperti View, Refresh, Undo, New, Display Setting, dan masih banyak lagi yang lainnya. beberapa menu tersebut memang sangat berguna sekali untuk melakukan proses dengan cepat sehingga lebih menghemat waktu.

3. Pilih Display Setting

Mengatur kecerahan laptop terdapat pada menu Display Setting sehingga pengguna harus memilih menu tersebut untuk melakukan proses lebih lanjut. Menu tersebut berada pada urutan ke 10 jika menggunakan Windows 10 sehingga pengguna langsung bisa menemukannya dengan cepat karena sudah diberi tahu terlebih dahulu.

Display Setting menyimpan beberapa menu yang akan semakin mempermudah para penggunanya dalam memperoleh kenyamanan ketika menggunakan komputer atau laptop. Menu yang ada di dalamnya adalah Brightness, Layout, Night Light, dan Resolution. Ya, menu tersebut memang berkaitan dengan pengaturan tampilan layarnya.

4. Mulai Atur Kecerahannya

Mengatur kecerahan ini sangatlah mudah yaitu hanya dengan klik menu Brightness. Pengguna dapat mulai mengatur kecerahannya dengan menggeser pada garis pencerahan yang disesuaikan dengan keinginan. Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda terhadap kecerahan layar ini sehingga bebas saja dalam menentukannya.

Umumnya, jika kondisi ruangannya gelap maka layar akan lebih dicerahkan agar mata tidak rusak, begitu juga sebaliknya jika ruangan kondisinya cerah maka akan diredupkan. Tak mengapa jika sering melakukan pengaturan kecerahan ini karena caranya pun sangat mudah dan cepat sekali untuk dilakukan.

5. Simpan Pengaturan

Proses yang paling terakhir adalah menyimpan pengaturan tersebut dengan klik apply atau dapat juga dengan langsung exit karena otomatis langsung tersimpan. Sekarang layar pun kecerahannya sudah sesuai dengan yang diinginkan dan pengguna semakin nyaman berlama-lama di depan laptopnya. Pengaturan ini tentu sangat penting agar pengguna lebih enak ketika memandang layar laptop dan tentu saja mata tidak akan cepat lelah. Bahaya sekali jika mata terlalu lama memandang laptop yang terlalu cerah karena berdampak buruk bagi mata pengguna.

Mudah sekali mengatur kecerahan layar komputer Windows 10/11 tersebut. Pengguna pun dapat mulai mencobanya mulai dari sekarang juga setelah memahami beberapa cara yang telah disajikan di atas. Cara yang begitu mudah akan membantu pengguna memahaminya dengan cepat.