Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload Aplikasi? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya di sini!

Kenapa Play Store tidak bisa mendownload aplikasi? Beberapa pengguna mungkin mengalami hal sama. Ada beberapa faktor mengapa masalah ini terjadi. Terus simak dan ikuti pembahasan berikut untuk mengetahui sebab Play Store tidak bisa install sebuah aplikasi, serta ketahui juga metode mengatasinya.

Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload Aplikasi? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya di sini!

Play Store adalah suatu aplikasi penyedia layanan download untuk pelbagai aplikasi maupun game untuk sistem operasi perangkat android. Menggunakan layanan ini, pengguna bisa mengunduh beragam aplikasi secara mudah dan gratis. Namun, Play Store juga memiliki beberapa masalah, seperti contohnya pengguna yang tidak bisa unduh aplikasi.

Beberapa Faktor Tidak Dapat Download di Play Store

Kendala semacam ini ternyata cukup sering terjadi, bahkan bisa terjadi tanpa memperhatikan waktu serta situasi. Dampaknya, banyak orang panik dan bingung kala membutuhkan sebuah aplikasi untuk diunduh namun gagal. Sebelum lebih jauh membahas soal cara mengatasi, ketahui terlebih dahulu penyebab kenapa Play Store tidak bisa mendownload aplikasi, seperti penjelasan berikut ini:

1. Ruang Simpan Ponsel Penuh

Penyimpanan sebuah perangkat bisa menjadi sebab, mengapa gagal unduh aplikasi di Play Store. Banyaknya aplikasi maupun game yang ada di ponsel, terkadang tidak disadari oleh penggunannya. Imbasnya, smartphone tidak dapat menampung karena penyimpanan penuh.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengunduh sebuah aplikasi, periksalah terlebih dahulu ruang penyimpanan di ponsel. Penting juga bagi pemilik smartphone agar lebih rajin membersihkan aplikasi tidak berguna guna menetralisir dan melonggarkan ruang penyimpanan.

2. Koneksi Jaringan Internet

Satu hal yang kerap muncul serta menjadi penyebab layanan unduh aplikasi ini tidak berjalan yakni karena koneksi internet buruk. Jaringan internet yang terhambat tentu juga akan berdampak pada layanan yang tidak bisa berjalan. Usahakan untuk melakukan tes kecepatan sebelum mengunduh sebuah aplikasi agar dapat berjalan lancar.

3. Tidak Update Aplikasi Play Store

Penyebab berikutnya yakni karena pengguna sukar atau bahkan tidak pernah melalukan update pada layanan Play Store. Kendala ini juga umum terjadi dan membuat banyak orang kesulitan kal ingin mengunduh aplikasi. Play Store yang digunakan pengguna merupakan aplikasi lawas dan harus diperbarui. Oleh sebab itu, penting untuk memperbarui aplikasi secara berkala.

Metode Mudah Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download

Beberapa langkah mudah seperti yang akan dijabarkan berikut bisa dicoba pengguna sebab cukup bermanfaat guna mengatasi Play Store tidak bisa install aplikasi. Inilah rangkuman singkat mengenai caranya, simak di bawah ini:

1. Pastikan Koneksi Internet Kuat

Satu hal yang cukup membantu ialah dengan memeriksa koneksi internet yang digunakan. Apabila memilki koneksi internet pribadi, pastikan juga bahwa koneksi tersebut kuat. Sebab, koneksi ini sangat berpengaruh dalam proses pengunduhan sebuah aplikasi di Play Store.

2. Restart Perangkat

Memulai ulang perangkat bisa menjadi langkah berikutnya dalam mengatasi kendala kenapa Play Store tidak bisa mendownload aplikasi. Jika pengguna telah memeriksa koneksi dan semua berjalan lancar, bisa jadi masalahnya ada di perangkat. Oleh karena itu, mematikan dan menghidupkan kembali perangkat bisa menjadi jalan keluarnya. Proses restart ini juga  berfungsi untuk menormalkan kinerja perangkat dan membuang bug yang tidak berguna.

3. Hapus Data Cache dari Play Store

Langkah berikutnya yakni menghapus semua file sampah dari aplikasi Play Store. Adapun caranya yakni dengan pergi ke “Pengaturan”, lalu klik opsi “Aplikasi”. Berikutnya silakan tab ‘Google Play Store’ dan pilih “Ruang Penyimpanan”. Lanjutkan dengan menghapus cache serta tembolok lalu pilih “OK”.

Pertanyaan seperti kenapa Play Store tidak bisa mendownload aplikasi kini telah terjawab, bukan? Pengguna tidak perlu bingung ataupun kesulitan lagi apabila kendala ini terjadi sewaktu-waktu. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca di rumah. Selamat mencoba!