Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Ketika Digunakan untuk Mengetik

 Pada masa daring atau online ini hampir seluruh kegiatan dilakukan dengan bantuan teknologi seperti smartphone atau laptop. Akan tetapi, mungkin saja karena terlalu sering digunakan keyboard menjadi sulit digunakan atau tidak muncul ketika ditekan. Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi tentu dibutuhkan oleh para pengguna karena hal tersebut menghambat pekerjaan.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Ketika Digunakan untuk Mengetik

Tuntutan berbagai tugas dan aktivitas yang perlu dikerjakan akan terus bertambah setiap waktunya, terlebih lagi jika keyboard rusak. Hal ini tentu harus segera diatasi agar aktivitas sehari-hari tidak terhambat dan dapat segera dikerjakan. Simak penjelasan mengenai cara mengatasi keyboard di laptop yang tidak berfungsi dan dirangkum sebagai berikut:

1. Melakukan Restart Ulang Pada Laptop

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi secara sederhana yang dapat dilakukan oleh pengguna adalah melakukan restart. Beberapa laptop mungkin akan lebih lambat dan kesulitan melakukan perintah apabila dalam keadaan panas. Pengguna dapat melakukan restart untuk mengembalikan dan menormalkan kondisi laptop kembali ke tempat semula.

Penanganan terbaik yang dapat dilakukan dengan melakukan restart sangat mudah pengguna hanya harus mengunjungi menu. Kemudian di bagian tombol power terdapat pilihan, maka pilih restart atau mulai ulang. Ketika sudah dilakukan, tunggu hingga laptop menyala dan kemudian coba keyboard yang dimiliki.

2. Menyesuaikan Pengaturan Keyboard dan Laptop

Perlu diketahui bahwa keyboard terdapat beberapa jenis dan bentuk yang berbeda satu sama lain. Contohnya seperti keyboard QWERTY yang paling umum digunakan namun tidak hanya itu saja, ada juga keyboard DVORAK dan sebagainya. Perbedaan ini tentunya memiliki kegunaan dan tujuan tertentu dibalik keunikan yang dimiliki masing-masing keyboard.

Ketika pengguna membeli suatu produk laptop dengan jenis keyboard yang tidak umum, misalnya DVORAK maka harus diperhatikan. Pengaturan pada laptop biasanya mengikuti setelan bawaan pabrik sesuai dengan bagiannya. Mengatasinya dapat dilakukan dengan pergi ke Start Menu, Region & Language, klik Option, pilih keyboard yang digunakan, dan selesai cobalah untuk mengetik.

3. Memeriksa Num Lock

Jika pengguna terus mencoba mengetik suatu angka, namun tidak kunjung muncul di layar laptop mungkin harus memeriksa num lock. Akan tetapi pada beberapa keyboard mungkin tidak memiliki tombol ini dan hal ini tentu harus diperhatikan. Numeric lock apabila diaktifkan akan mencegah keyboard untuk menjalankan perintah ketika mengetik angka karena dalam posisi terkunci.

4. Membersihkan Keyboard secara Rutin

Keyboard laptop yang sering digunakan akan memiliki kemungkinan untuk kotor lebih besar bahkan beberapa pengguna makan dan minum di depan laptop. Hal ini tentu berpengaruh karena debu atau sisa makanan akan menyebabkan beberapa huruf terketik sendiri atau error. Pengguna harus membersihkan keyboard secara rutin untuk menghilangkan debu atau sisa makanan.

Beberapa peralatan yang dapat digunakan oleh pengguna adalah dengan menggunakan vacuum cleaner khusus laptop. Cara lain misalnya dengan menggunakan kuas kecil yang dapat membersihkan sisi dalam keyboard. Paling penting bahwa pengguna tidak membersihkan keyboard dengan air atau sabun karena akan membuatnya semakin lengket.

5. Menggunakan Keyboard Tambahan

Cara terakhir untuk mengatasi keyboard yang memiliki tingkat rusak yang tinggi adalah dengan menggantinya. Kini beberapa merek mengeluarkan produk yang hanya menjual keyboard luar atau tambahan secara sendiri. Nah pengguna dapat membelinya apabila tidak ingin repot untuk melakukan service pada laptop karena budget yang akan dikeluarkan akan sama.

Berdasarkan beberapa cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi, pengguna dapat menyesuaikan dengan tingkat kerusakan yang dimiliki. Selain itu, apabila kerusakan keyboard yang dimiliki terlalu parah bisa dilakukan service kepada ahli. Keputusan akhir yang akan dipilih oleh pengguna akhirnya disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki dan keseriusan tugas.