5 Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal

 Sering menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal? Awas, bisa jadi ini adalah salah satu modus penipuan. Agar tidak terjadi hal-hal buruk, maka siapa pun harus berhati-hati sebelum menerima telepon dari nomor yang asing. Tidak ada salahnya untuk mencoba melacak nomor telepon tersebut. Berikut adalah 5 cara melacak no HP yang tidak dikenal untuk berjaga-jaga:

5 Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal

1. Pakai WhitePages

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan WhitePages. Fasilitas yang satu ini bisa diakses secara online dan sudah banyak digunakan untuk melacak nomor telepon. Pada awalnya, WhitePages sering digunakan untuk melakukan pelacakan terhadap teman atau keluarga yang hilang kontak supaya bisa kembali menjalin hubungan.

Seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya angka kriminalitas lewat penipuan telepon, WhitePages kini semakin banyak dipakai. Masyarakat menggunakan layanan satu ini untuk melacak nomor telepon asing. Lewat layanan ini, pengguna bisa segera menemukan identitas dari nomor asing tersebut.

2. Lewat TrueCaller

Pelacakan nomor asing juga bisa dilakukan melalui aplikasi TrueCaller. Penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah, cukup dengan memasukkan nomor telepon di kolom pencarian. Begitu masuk ke TrueCaller, maka langsung muncul tampilan kolom pencarian tempat pengguna memasukkan nomor telepon. Begitu dimasukkan, TrueCaller akan segera menampilkan data yang diinginkan oleh pengguna.

Menariknya lagi, TrueCaller menyediakan pilihan layanan versi premium. Lewat layanan ini, pengguna bisa melacak nomor dan mengetahui informasi lengkap pemilik nomor tersebut. Informasi mulai dari biodata hingga email dan media sosial bisa ditampilkan oleh TrueCaller.

3. Bantuan Provider

Salah satu pilihan cara melacak no HP yang tidak dikenal adalah lewat bantuan provider. Perlu diketahui bahwa semua jenis provider saat ini akan membantu penggunanya untuk melacak nomor-nomor asing yang dirasa mengganggu. Bagi pengguna Indosat, bisa melacak nomor telepon dengan mengirim SMS ke 9111 berisikan LACAK(spasi)Nomor.

Sementara itu, untuk pelanggan XL bisa mengirim SMS ke 9455 berisikan CARI(spasi)Nomor. Kemudian bagi pengguna Telkomsel tak perlu mengirimkan SMS. Pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi Telkomsel Finder. Lewat aplikasi tersebut pengguna bisa melakukan pelacakan terhadap nomor yang tidak dikenal.

4. Pakai CallApp

Pelacakan nomor telepon juga bisa dilakukan lewat aplikasi yang bernama CallApp. Aplikasi ini bisa diakses secara mobile lewat smartphone sehingga sangat praktis. Lewat CallApp, pengguna bisa mencari asal-usul nomor asing. Informasi mengenai pemilik nomor bisa ditemukan dengan mudah lewat aplikasi yang satu ini.

Aplikasi CallApp juga menyediakan fitur yang akan membuat penggunanya merasa aman. Tersedia fitur pemblokiran telepon spam yang datang dari nomor asing. Fitur ini memungkinkan pengguna terhindar dari telepon spam yang terindikasi penipuan. CallApp juga menyediakan fitur perekaman panggilan telepon jika diperlukan. Perekaman telepon ini bisa dilakukan jika ada panggilan masuk yang mengarah ke aksi kejahatan.

5. Lewat Caller ID

Melacak nomor asing juga bisa terasa lebih mudah lewat aplikasi Caller ID. Aplikasi yang satu ini sudah digunakan oleh banyak orang karena terbukti efektif. Tak hanya bisa mengetahui asal-usul pemilik nomor asing, ternyata aplikasi ini juga bisa menunjukkan lokasi dari pemilik nomor asing tersebut. Hasil pencarian ini semakin meyakinkan pengguna untuk mengidentifikasi panggilan dari nomor tak dikenal.

Itulah 5 pilihan cara melacak no HP yang tidak dikenal. Pastikan untuk selalu berhati-hati jika ada panggilan masuk dari nomor asing. Aksi penipuan saat ini semakin marak dan tidak pandang bulu. Periksa dulu asal-usul nomor tersebut agar terhindari dari aksi kejahatan orang tidak bertanggung jawab.