Jangan Bingung, Ini Cara Koneksikan Wifi ke Laptop

 Mengoneksikan wifi ke laptop menjadi kebutuhan tersendiri saat ini. Laptop yang terhubung dengan internet, menjadi kemudahan tersendiri lantaran pekerjaan yang dilakukan di laptop atau ingin mencari hiburan dengan streaming musik ataupun film yang harus dilakukan secara online akan lebih mudah dilakukan. Namun akan sangat terasa susah lantaran harus menghubungkan laptop dengan modem, ataupun dengan menghubungkan internet yang ada di ponsel.

Cara Koneksikan Wifi ke Laptop

Kemunculan Wifi membuat kemudahan tersendiri di era sekarang ini. Bagaimana tidak? Menyambungkan laptop dengan internet menjadi sangat mudah lantaran tak perlu repot menggunakan modem. Beberapa laptop telah dibekali dengan adapter wifi yang dapat langsung terkoneksi jaringan wifi dengan mudah. Namun, beberapa orang masih merasa bingung tentang bagaimana cara koneksikan wifi ke laptop. Penasaran bagaimana caranya? Berikut penjelasannya!

1. Melalui Taskbar

Cara koneksikan wifi ke laptop yang pertama yang dapat dilakukan adalah melalui taskbar. Ini menjadi cara termudah yang dapat dilakukan. Pertama, cari terlebih dahulu menu ikon wifi yang biasanya berada di bawah dan klik. Jika sudah tunggu sampai terdapat pilihan hostpot, dan pilih hotspot yang ingin disambungkan. Jika terdapat sandi, maka masukkan sandi dan klik tombol connect. Jika belum terkoneksi maka lebih baik cek lagi saat memasukkan wifi apakah terdapat kesalahan atau tidak.

2. Koneksikan Melalui Control Panel

Tak hanya melalui taskbar saja, cara koneksikan wifi ke laptop juga dapat dilakukan melalui control panel lho. Untuk menemukan control panel dapat melalui tombol windows yang terletak di taskbar atau melalui tombol windows yang berada di keyboard. Setelah itu, klik control panel dan pilih network dan internet. Lalu pilih network dan sharing center. Jika sudah pilih change adaptor setting lalu pilih LAN (Local Area Network) dan Wireless Network. Pilih Wireless Network connection lalu pilih connect. 

3. Melalui Tombol Wifi di Laptop

Sekarang ini, produsen laptop telah memberikan fitur-fitur yang dibekalkan pada laptop yang gunanya untuk memudahkan penggunanya untuk menjalankan laptop tanpa perlu ribet membuka beberapa tab atau harus mengklik beberapa menu untuk mengaktifkan wifi. Misalnya saja memberikan tambahan ikon tombol wifi, nantinya ini akan memudahkan penggunanya untuk mematikan atau meng-koneksikan wifi hanya dengan mengklik tombol itu saja.

4. Menggunakan Kombinasi Tombol Fn

Untuk mengaktifkan wifi berikutnya adalah dengan meng-klik kombinasi tombol Fn. Pada sebagian besar laptop yang beredar saat ini, telah dilengkapi berbagai tombol yang dapat digunakan sebagai tombol function. Ternyata ada kombinasi tombol yang apabila diklik akan dapat berfungsi untuk menyalakan wifi lho. Klik saja tombol f1 dan f2 untuk menyalakan wifi.

5. Menginstal Wireless Driver

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menginstal Wireless driver. Ini dikarenakan kemungkinan wifi tidak dapat terkoneksi adalah lantaran driver wireless belum diinstal. Untuk menginstalnya cukup dengan memasukkan DVD driver yang diberikan bersama dengan paket pembelian laptop.

Itulah beberapa cara koneksikan wifi ke laptop yang dapat dicoba agar laptop dapat terhubung dengan internet. Jadi sekarang tak perlu bingung lagi tentang cara agar laptop terkoneksi dengan wifi, ikuti saja langkah di atas dan laptop akan terhubung dengan internet. Jika kelima cara di atas tidak ada yang berhasil, maka lebih baik bawa laptop ke tempat reparasi. Ini kemungkinan terjadi beberapa kerusakan sehingga harus dibawa ke tukang teknisi komputer. Selamat mencoba!