5 Aplikasi Desain Grafis Gratis yang Cocok Untuk Mahasiswa dan Umum

 Aplikasi desain grafis gratis memang menjadi salah satu aplikasi yang paling dicari oleh khalayak pada saat ini. Bukan hanya dicari oleh pekerja yang menggeluti bidang desain grafis, aplikasi desain grafis juga diminati oleh para akademisi seperti mahasiswa. Namun sayangnya, beberapa aplikasi desain grafis tidak dapat digunakan tanpa pembayaran terlebih dahulu.

5 Aplikasi Desain Grafis Gratis yang Cocok Untuk Mahasiswa dan Umum

Walaupun begitu, jangan khawatir, masih ada beberapa aplikasi desain grafis yang dapat digunakan secara gratis alias tidak berbayar. Beberapa di antaranya bahkan cocok digunakan oleh para mahasiswa dalam mengerjakan misalnya tugas perkuliahan. Sedang mencari aplikasi desain grafis gratis? Berikut ulasan lebih lanjut.

1. Canva

Canva dapat dikatakan sebagai aplikasi desain grafis gratis yang paling populer dan sering digunakan oleh para mahasiswa. Aplikasi ini merupakan aplikasi desain grafis online sehingga mahasiswa membutuhkan jaringan internet untuk mengakses aplikasi ini. Untuk menggunakan Canva, mahasiswa dapat mengakses melalui browser atau aplikasi dalam handphone yang harus diunduh terlebih dahulu.

Aplikasi Canva dapat dimanfaatkan untuk membuat poster, banner, ataupun gambar lainnya dengan cukup mudah dan cepat. Aplikasi ini bahkan cocok jika digunakan oleh para pemula sebab dikemas dengan tampilan yang praktis. Salah satu yang khas dari aplikasi Canva adalah dilengkapi dengan tawaran berbagai template.

2. Vectr

Aplikasi desain grafis gratis yang kedua adalah aplikasi yang bernama Vectr. Sesuai dengan arti namanya, aplikasi ini dikenal sebagai salah satu aplikasi desain grafis online yang berbasis vektor. Vectr memiliki peralatan yang cukup memadai, yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa mulai dari membuat objek, menggunakan layer, hingga mengatur tulisan .

Selain dapat diakses secara online melalui browser, aplikasi Vectr juga memiliki akses yang berbasis platform seperti Linux, Windows, dan Chromebook. Untuk batas waktu dalam menggunakan aplikasi ini cukup menakjubkan. Vectr dapat digunakan secara gratis untuk selamanya.

3. Gravit Designer

Mirip dengan aplikasi yang sebelumnya, aplikasi Gravit Designer didesain memang untuk para pengguna yang berfokus pada desain berbasis vektor. Gravit Designer merupakan aplikasi desain grafis yang masih berada di bawah naungan Corel. Selain dilengkapi dengan berbagai peralatan yang memadai, Gravit Designer termasuk aplikasi yang mendukung fitur shortcut dan mudah dipakai.

Gravit Designer juga tidak melewatkan tawaran template yang bervariasi untuk para pengguna. Koleksi-koleksi objek berupa bentuk, ilustrasi, stiker, garis, emoji, dan sebagainya disediakan pula oleh Gravit Designer. Aplikasi ini didukung penggunnya oleh platform-platform seperti Mac, Windows, dan Linux.

4. Inkscape

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi yang tidak kalah populer dengan Canva, yaitu aplikasi bernama Inkscape. Inkscape dikenal sebagai aplikasi pengganti Adobe Illustrator yang memiliki sistem berbayar. Format yang digunakan oleh aplikasi ini adalah format SVG. Seperti Vektor dan Gravit Designer, Inkscape juga cocok digunakan bagi para pengguna dengan basis vektor.

Inkscape hadir sebagai aplikasi desain grafis yang menawarkan sistem gratis secara full. Inkscape juga hadir dalam bentuk platform Windows, Linux, dan Mac. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Inkscape adalah peralatannya yang fleksibel, tampilan yang tidak ribet dan mudah dipahami, serta termasuk aplikasi yang ringan bagi komputer.

5. Blender

Blender merupakan aplikasi desain grafis terakhir yang dapat dipakai secara gratis oleh para mahasiswa. Aplikasi ini sering digunakan bagi yang berfokus pada desain tiga dimensi bahkan dikatakan sebagai salah satu aplikasi desain tiga dimensi terbaik. Para desainer biasanya memanfaatkan aplikasi Blender untuk membuat iklan outdoor hingga desain website.

Aplikasi ini didukung oleh berbagai fitur yang digunakan untuk modelling, animasi, VFX, UV, bahkan hingga rendering. Salah satu kelebihan Blender adalah memakan penyimpanan yang sedikit, termasuk aplikasi yang ringan saat dipakai, dan mudah digunakan oleh para mahasiswa seperti jurusan teknik. Selain itu, aplikasi ini bersifat open source.

Sudah tahu kan apa saja lima aplikasi desain grafis gratis yang cocok digunakan oleh para mahasiswa. Beberapa di antaranya bahkan cocok dicoba dan dipraktikkan oleh para pemula karena tampilannya yang mudah untuk dipahami. Selain itu, ada pula yang bisa dimiliki dan dimanfaatkan secara gratis untuk selamanya. Silahkan langsung mencoba, semuanya.