5 Aplikasi Backup Data PC/Laptop, Temukan Cara Baru Mengamankan Data

 Aplikasi Backup Data Komputer/Laptop_Salah satu hal yang perlu dilakukan saat memiliki file penting adalah backup data. Sebelum data hilang dan merasa menyesal harus sadar akan pentingnya backup mulai dari sekarang. Bisa dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi backup data PC. Jika menggunakan aplikasi, akan lebih mudah karena backup akan dilakukan secara otomatis. Tidak semua orang familiar dengan apa saja aplikasi backup terutama pada PC. Orang awam pasti masih bertanya-tanya tentang aplikasi-aplikasi tersebut. Berikut aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan backup data.

5 Aplikasi Backup Data PC/Laptop, Temukan Cara Baru Mengamankan Data

Lima (5) Aplikasi Backup Data PC/Laptop

1. FBackup

Aplikasi yang satu ini menawarkan dua pilihan mode sekaligus, yaitu wizard dan advanced. Backup yang dilakukan juga bisa terjadwal, karena FBackup memungkinkan hal ini untuk dilakukan. Tampilan yang kurang menarik tidak jadi masalah, selama aplikasi ini menjanjikan utilitas yang baik dalam hal backup data. Backup file atau folder bisa disimpan di harddisk eksternal, Google Drive, maupun drive lokal. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dengan beberapa fitur. Jika ingin versi lengkap, gunakan yang berbayar dan dapatkan fitur lainnya yang dibutuhkan.

2. My Cloud

Western Digital adalah perusahaan yang merilis aplikasi ini, salah satu perusahaan terkenal yang membuat hardisk eksternal. Sangat bisa dipercaya karena aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan kepada penggunanya. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengakses file dan folder dimana saja hanya dengan smartphone.

Format RAW tidak jadi masalah, My Cloud memungkinkan untuk membukanya tanpa menyulitkan. Setiap file bisa dipisahkan menjadi beberapa kategori berdasarkan tipenya untuk memudahkan melihat berapa kapasitas yang telah digunakan. Aplikasi yang ringan dengan ukuran 24,27 MB ini sangat mudah untuk digunakan.

3. EaseUS Todo Backup Free

Fitur yang dihadirkan dalam aplikasi ini sangat beragam. Ada tiga yang utama, yaitu backup file dan folder individual, backup keseluruhan drive atau partisi, dan membuat backup keseluruhan sistem. Tidak perlu diragukan lagi, aplikasi backup data PC ini menyuguhkan kelebihan yang beragam. Penjadwalan backup data sangat memungkinkan untuk dilakukan secara gratis maupun berbayar. Perbedaannya tidak terlalu jauh, versi gratis sendiri sudah memiliki beberapa fitur dari premium. Jadi, tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini untuk mengamankan data.

4. Dropbox

Pertama kali rilis pada 4 Mei 2010, aplikasi satu ini memiliki banyak pengguna karena sangat mudah untuk digunakan. Terdapat versi gratis dan berbayar, dengan fitur yang sangat beragam. Ruang 2GB diberikan untuk versi gratis, bisa juga ditingkatkan menjadi 2 TB dan 3 TB jika melakukan pembayaran. Simpan dan akses file dari perangkat yang berbeda-beda menggunakan satu akun yang sama. Bisa juga membagikan file dengan orang lain yang tidak memiliki akun Dropbox. Jejak riwayat perubahan yang dilakukan orang lain juga bisa dilacak, sangat terpercaya untuk sebuah aplikasi.

5. Paragon Backup & Recovery

Tidak hanya sebagai aplikasi backup data, fungsi pemulihan sistem juga bisa digunakan pada aplikasi ini. Tanpa booting ke Windows, pengembalian data bisa dijalankan dengan basis CD atau USB. Tampilan wizard yang diberikan membantu proses backup menjadi sederhana dengan proses yang baik. Penjadwalan dan pemilihan jenis backup bisa dipercaya jika tidak memungkinkan untuk backup secara manual. Berbagai jenis pilihan sudah disediakan, backup keseluruhan, pilih file atau folder, dan partisi. Bisa juga backup data berdasarkan jenis file saja.

Lima aplikasi backup data PC di atas akan sangat membantu bagi yang membutuhkan. Tidak ada salahnya mencoba semua untuk mendapat pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Sekarang bukan lagi saatnya menyesal karena data penting hilang tanpa adanya cadangan. Segera unduh dan rasakan kemudahan penggunaannya.