Aneka Resep Sambal Terasi Goreng Lezat dan Bikin Keroncongan

Sambal terasi goreng, begitu mendengar namanya saja sudah membuat air liur serasa menetes. Apalagi jika sudah dihidangkan bersama nasi hangat dan lauk pauk seperti tahu tempe goreng, ayam, lele, lalapan, dan yang lainnya. Sudah pasti akan membuat perut tiba-tiba keroncongan. Memang, tidak bisa dipungkiri bahwa resep sambal terasi goreng yang melegenda, membuat banyak orang mengkreasikannya, seperti beberapa rekomendasi di bawah ini:

Aneka Resep Sambal Terasi Goreng Lezat dan Bikin Keroncongan

1. Sambal Tomat Terasi Goreng

Dari namanya memang diketahui resep ini memadukan tomat dan terasi, dua bahan favorit membuat sambal. Resep ini memerlukan bahan 40 cabe rawit warna merah, 20 cabe keriting merah, dicampur 4 tomat sebagai bahan utama. Kemudian ditambah 12 bawang merah, 4 bawang putih, gula merah sebanyak 2 sdm, 2 sdt garam, 1 kepingan terasi, 1 sdt kaldu jamur, dan minyak secukupnya, untuk memberi cita rasa.

Cara membuatnya cukup dengan menggoreng beberapa bahan yaitu cabe rawit dan keriting ditambah bawang merah dan putih serta tomat di atas wajan sampai layu. Tuang ke dalam cobek gorengan tadi. Tambahkan bumbu pelengkap lalu diuleg sampai halus. Setelah halus, adonan kembali digoreng sampai matang, kemudian hidangkan.

2. Sambal Terasi Udang Sereh

Resep sambal terasi goreng yang kedua ini memiliki ciri khas dengan memakai satu batang sereh yang digeprek. Sereh tersebut dikombinasikan dengan  10 cabe rawit merah, 10 cabe keriting merah, 3 siung baput, 8 bamer, dan satu tomat kecil. Selanjutnya, ditambah pula dengan 2 daun salam, 1 jari lengkuas geprek, 1 sdt garam, setengah sendok teh kaldu jamur, minyak untuk menumis, dan 60 ml air.

Cara membuatnya diawali dengan menghaluskan bahan-bahan dengan ulegan atau blender sesuai selera. Setelah minyak dipanaskan, masukkan bahan yang sudah diuleg, tambahkan sereh, daun salam, dan laos sampai berbau harum dan agak mengering. Tambah dengan garam, kaldu jamur ,dan gula. Lalu tuang air, aduk sampai merata, tunggu susut, kemudian sajikan.

3. Resep Sambal Terasi Basic

Rekomendasi ketiga ini paling praktis dibuat. Bahannya juga hampir sama, yaitu 8 cabe merah, 4 cabe rawit, 4 bamer, 1 baput, 2 buah tomat, dan 1 sachet terasi. Agar rasanya lebih lengkap maka tambahkan pula 1 sdm gula dan sdm garam.

Untuk membuatnya, yang harus dilakukan kali pertama adalah mencuci semua bahan. Lalu segera haluskan dengan memakai cobek agar rasa khasnya lebih keluar. Bila sudah, maka segera nyalakan kompor dan panaskan minyak di wajan. Kemudian segera tumis sambal terasi tersebut sambil dikoreksi rasanya, bila sudah pas, matikan kompor dan hidangkan.

4. Sambal Terasi Bakar Goreng

Berbeda dengan tiga rekomendasi resep yang dihadirkan sebelumnya, kali ini terasi yang dipakai tidak digoreng melainkan dibakar. Sehingga memiliki rasa yang khas. Untuk membuatnya, maka siapkan saja 1 kepingan terasi sachet yang dibakar 10 cabe merah, 6 cabe rawit, 4 bamer, 1 baput, 2 buah tomat. Jangan lupa untuk menyediakan juga penyedap, garam meja, dan gula.

Berikutnya, ketika semua bahan sudah siap, maka segera tumis semua bahan, kecuali terasi sampai layu pada api kecil. Bila sudah, maka segera haluskan pada cobek, dan tambahkan terasi. Berikan sedikit minyak bekas penumisan tadi, lalu koreksi rasa dengan menambahkan penyedap, garam, serta gula. Setelah itu, sambal pun siap untuk dicoba.

5. Sambal Terasi Jeruk Limau

Terakhir, ada sambal terasi jeruk limau. Untuk membuatnya maka sediakan 10 cabe kecil, 4 bamer, 1 tomat besar, dan 1 keping terasi sachet. Selain itu juga tambahkan bumbu pelengkap seperti vetsin, garam, dan gula secukupnya. Jangan lupa pula sediakan minyak goreng yang diperlukan untuk penumisan.

Apabila semua bahannya telah tersedia, maka segera saja cuci bersih kemudian tumis hingga bau harumnya tercium. Lalu, lanjutkan dengan pengulegan pada cobek sembari dikoreksi rasanya. Bila sudah, agar rasanya lebih mantab, maka berikan sedikit tambahan minyak goreng panas dan perasan jeruk limau. Maka sambal terasi segar pun siap disantaop.

Demikian lima resep sambal terasi goreng yang bisa dicoba untuk dibuat di rumah. Bagaimana, resep di atas sangat mudah, bukan? Jadi segera cukupi saja keperluan bahannya agar segera bisa menghidangkan sambal istimewa untuk keluarga tercinta!