5 Cara Membuka File Bin di HP Android, Simpel serta Bisa Tanpa Aplikasi

 File bentuk bin memang jarang diketahui, karena jarang yang memakai bentuk file ini. Terkadang bila menerima file Zip di smartphone Android, saat diunduh akan berubah menjadi bin. Bin ini tidak bisa dibuka begitu, tidak seperti Word maupun PDF. Berikut 5 cara membuka file bin di Hp Android, simpel serta bisa tanpa aplikasi:

5 Cara Membuka File Bin di Hp Android, Simpel serta Bisa Tanpa Aplikasi

1. Merubah Namanya

Pertama ialah dengan merubah namanya, menjadi Zip ataupun RAR. Proses mengganti nama atau rename ini sangat gampang, serta tidak butuh aplikasi lain. Caranya buka tempat simpanan berkas Hp, cari file bin yang mau dibuka. Pencet lama pada file bin, sampai keluar opsi.

Akan ada opsi mengganti nama, langsung saja ganti menjadi Zip ataupun RAR. Jika sudah berhasil diganti, file akan berganti bentuk. Otomatis file akan bisa langsung terbuka, karena memiliki bentuk atau nama baru.

2. Unduh Ulang File Bin

Berikutnya ialah dengan mengunduh ulang file bin. Cara ini simpel sekali, dan hanya perlu mengulang ke awal pengunduhan. Unduh ulang file bin, sebelum tersimpan akan ada notifikasi mengenai nama file. Langsung ganti nama file nya, bisa menjadi Zip ataupun RAR. Lebih disarankan menggantinya ke RAR.

Pasalnya file bentuk RAR dinilai lebih gampang untuk terbuka. Barulah setelah diubah namanya, unduh file lagi. Dijamin file akan langsung terbuka, karena bentuknya sudah bukan bin lagi. Bila tidak ada opsi merubah nama, langsung ke cara berikutnya.

3. Memakai QuickEdit

Ada aplikasi khusus untuk membuka file bin. Cara membuka file bin di Hp Android ini, bisa dilakukan dengan memasang aplikasinya dulu. Cari Quick Edit di internet ataupun playstore, kemudian unduh agar terpasang. Setelah aplikasi terpasang, masuk ke aplikasi lalu cari bin di penyimpanan Hp.

Bila file sudah ketemu, otomatis aplikasi akan membuka filenya. Pengguna cuma bisa membaca isi file bin melalui aplikasi ini. Jadi untuk menyimpannya, bisa dengan tangkapan layar. Bisa pula dengan menyalin, lalu menempelnya di smartphone.

4. Dikirim dalam Bentuk Lain

Selanjutnya ialah dikirim dalam bentuk lain, bukannya dalam bentuk bin. Untuk cara ini, harus memakai dua smartphone. Bisa meminjam Hp orang terdekat, kemudian kirimkan file bin ke Hp tersebut. Ubah dulu namanya, baik secara langsung maupun memakai aplikasi. Setelah itu baru dikirim ke Hp pengguna.

Pastinya file akan langsung terbuka, sebab sudah diubah ke bentuk lain. Supaya lebih gampang, ubah saja langsung ke Word ataupun PDF. Bila file bin merupakan video atau lagu, maka bisa diubah ke bentuk MP4 ataupun MP3 saja.

5. Melalui Situs

Terakhir ialah melalui situs, untuk merubah bentuk bin menjadi bentuk file lainnya. Situs untuk merubah ini, memang terbilang masih sedikit. Pilih satu situs yang diinginkan, lalu buka situs itu. Masukkan file bin ke kolom perubah, lalu pilih bentuk file yang diinginkan. File otomatis akan diubah, jadi nantikan prosesnya.

Jika proses konversi sudah usai, pencet opsi download atau unduh. Otomatis file akan berubah, dan bisa terbuka lebih mudah. Supaya lebih gampang, ubah saja langsung ke Word ataupun PDF. Bila file bin merupakan video atau lagu, maka bisa diubah ke bentuk MP4 ataupun MP3 saja.

Itulah 5 cara membuka file bin di Hp Android, simpel serta bisa tanpa aplikasi. Sesuaikan saja cara membuka file bin, dengan kebutuhan dan juga kemampuan smartphone. Bila tidak memiliki ruang cukup, maka pakai cara yang tidak memakai aplikasi.