Resep Telur Gulung yang Enak

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Membuat Telur Gulung_Tahukah Anda apa saja yang dibutuhkan dalam resep telur gulung? Pastinya Anda sudah tidak asing lagi mendengar nama jajanan khas anak SD ini, dimana telur gulung memang sangat populer pada masanya, bahkan hingga kini. Terutama bagi Anda kelahiran 90-an, tentunya mengenal jajanan ini.

Resep Telur Gulung yang Enak

Bahkan, bukan hanya kelahiran 90-an saja yang doyan dengan jajanan satu ini melainkan anak jaman sekarang sekalipun juga tidak bisa menolak pesona jajanan ini. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, meskipun caranya sendiri tergolong susah susah gampang. 

Hal ini karena banyak orang yang sudah mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah, namun banyak juga yang mengalami kegagalan. Sehingga, lebih memilih untuk membeli ketimbang membuat sendiri. Mengapa? Biasanya kegagalan ini sering terjadi karena Anda tidak bisa menggulung telur ke tusuk sate.

A. Bahan-Bahan yang Perlu Disiapkan

Berikut ini resep telur gulung dengan beberapa bahan yang Anda butuhkan untuk membuat telur gulung sendiri di rumah, di antaranya:

1. 50 ml air

2. 2 butir telur

3. Tusuk sate

4. 1/2 sendok makan garam

5. 1/2 sendok teh merica

6. Saus tomat dan saus sambal sesuai selera

B. Cara Membuat Telur Gulung Ala Rumahan

Bagi Anda pecinta jajanan masa kecil, resep telur gulung ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk camilan di waktu senggang. Berikut ini cara mudah yang bisa Anda coba untuk membuat telur gulung sendiri di rumah, yaitu:

1. Pertama, campurkan telur beserta garam dan merica, kemudian kocok sampai telur cukup berbusa.

2. Setelah itu, tuangkan 50 ml air perlahan dan kocok kembali hingga campuran air dan telur tercampur merata.

3. Selanjutnya, Anda akan menggoreng adonan telur tadi. Maka dari itu, diperlukan banyak minyak supaya telur tidak menggumpal. Hal ini bertujuan agar tidak menempel satu sama lain dan sulit ntuk digulung. 

4. Berikutnya, panaskan minyak goreng terlebih dahulu dengan api besar. Jika sudah panas, kecilkan api hingga menunjukkan nyala sedang.

5. Lalu, Anda bisa menuangkan 3 sendok makan telur atau sesuaikan selera yang Anda inginkan. Tuangkan adonan telur tersebut dengan cara memutar, lalu ambil tusuk sate dan gulungkan telur ke bagian pinggir wajan agar adonan tidak terurai. 

6. Tekan-tekan gulungan telur di pinggiran wajan supaya telur tidak gampang lepas.

7. Terakhir, silakan Anda ulangi langkah 4 hingga sisa telur habis. Selanjutnya, jangan lupa tiriskan dan telur gulung siap disajikan dengan saus yang sudah Anda siapkan.

Bagi Anda pecinta kuliner masa kecil, telur gulung ini bisa menjadi salah satu menu andalan di rumah yang cocok dijadikan sebagai camilan di waktu senggang. Adapun resep telur gulung ini sendiri sangat mudah dilakukan, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.