5 Aplikasi Penerjemah Bahasa Otomatis Terbaik untuk Android

 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Otomatis Terbaik untuk Android_Seiring meluasnya pengaruh globalisasi, kini setiap orang diharuskan menguasai tidak hanya satu bahasa. Masalahnya, masih banyak orang yang kebingungan dengan kosa kata dan frasa tertentu dari sebuah bahasa asing. Beruntung, kini masalah tersebut bisa diselesaikan hanya dengan melalui ponsel. Lalu, berikut ini adalah rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa otomatis terbaik untuk Android:

Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Otomatis Terbaik Untuk Android

1. Google Translate

Google Translate merupakan aplikasi penerjemah bahasa otomatis yang paling populer di seluruh dunia. Sebagai produk dari perusahaan internet terkemuka di dunia, tidak mengherankan jika Google Translate sangat populer dan diandalkan oleh sebagian besar pengguna internet. Software ini bahkan terintegrasi dengan berbagai macam jenis web di internet.

Software buatan Google ini mampu mentranslasikan ratusan bahasa asing menggunaka AI otomatis. Pengguna cukup berbicara maka AI  akan langsung melakukan translasi secara real-time. Google Translate juga mampu membaca terjemahan lebih dari 93 bahasa dalam bentuk tulisan tangan. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan terjemahan hanya dengan melalui scan gambar.

2. U-Dictionary

U-Dictionary merupakan software ringan untuk mentranslasikan lebih dari 30 bahasa tanpa koneksi internet. Tetapi untuk menggunakannya, pengguna harus mengunduh beberapa kamus tambahan tergantung pada bahasa yang ingin diterjemahkan. Khusus untuk bahasa Inggris, U-Dictionary sudah menggunakan standar sesuai dengan kamus bahasa Inggris Oxford.

Selain itu, U-Dictionary juga bekerja untuk meningkatkan bahasa Inggris dan kosakata dengan menawarkan berbagai video, kuis, dan permainan bahasa Inggris. Aplikasi ini juga bisa memiliki Magic Tool yang berguna untuk menerjemahkan teks secara otomatis. Jika pengguna ingin menerjemahkan kosa kata asing dari sebuah benda, cukup arahkan kamera ke benda tersebut dan U-Dictionary akan langsung menerjemahkannya.

3. Day Translations

Day Translations mampu menerjemahkan lebih dari 100 dan tersedia untuk perangkat iOS dan Android serta dapat diunduh secara gratis oleh semua orang.  Untuk menggunakannya, pilih bahasa asal dan bahasa target yang diinginkan, dan masukkan kata, frasa, atau kalimat yang ingin diterjemahkan. Dalam waktu kurang dari satu detik, aplikasi ini akan langsung menerjemahkan kalimat tersebut.

Salah satu fitur terbaik dari aplikasi ini adalah penerjemahnnya bisa dilakukan langsung oleh manusia. Jika penerjemah mesin mengalami kendala, pengguna bisa langsung menghubungi penerjemah manusia melalui bantuan darurat. Ini sangat berguna untuk menerjemahkan pembicaraan cepat seperti wawancara dan pidato resmi. Fitur ini bisa diperoleh jika pengguna sudah berlangganan.

4. SayHi

Aplikasi SayHi menghadirkan tingkat kesederhanaan yang serupa dengan pesaing, dengan latar belakang putih besar dan dua tombol mikrofon di bagian bawah menjadi pusat perhatian. Kedua mikrofon ini menjadikan aplikasi ini berfokus pada bolak-balik terjemahan suara, memungkinkan pengguna dengan cepat beralih dari menerjemahkan suara dalam satu bahasa ke menerjemahkan suara lain dalam bahasa lain.

Menu di sudut kiri atas menawarkan mode percakapan dan gambar tambahan meskipun masih  dalam versi beta. Sementara pengaturan memungkinkan pengguna mengubah beberapa hal dasar seperti memutar terjemahan dengan keras dan menyimpan gambar secara otomatis yang diambil dengan kamera bawaan aplikasi. Sayangnya, standar penerjemahan SayHi masih belum terlalu sempurna jika dibandingkan dengan aplikasi lain.

5. iTranslate

Ini adalah terjemahan gratis dan aplikasi kamus bahasa yang melakukan terjemahan teks-ke-teks, suara-ke-suara, serta teks-ke-suara. Dengan lebih dari 100 bahasa yang didukung, iTranslate adalah alat komunikasi yang berguna saat bepergian ke luar negeri. Sayangnya, pengguna perlu berlangganan jika ingin mengakses terjemahan kamera, terjemahan percakapan, panduan konjugasi kata kerja, terjemahan situs web, dan fitur mode offline.

Itulah tadi rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa otomatis terbaik untuk Android yang mungkin bisa dicoba. Dengan adanya aplikasi-aplikasi diatas, menerjemahkan bahasa Asing kini bisa dilakukan hanya dengan melalui ponsel pintar.