7 Trik Menambah Followers Instagram Tanpa Perlu Beli Followers

 Instagram merupakan media sosial untuk berbagi foto yang berasal dari Amerika. Aplikasi temuan Kevin Strom bersama Mike Krieger ini telah menarik hingga 1 milyar pengguna dari berbagai penjuru dunia. Instagram kini bukan hanya media berbagi, melainkan juga edukasi dan bisnis. Followers memegang peran penting dalam meningkatkan engagement di Instagram. Tidak heran banyak orang mencari tahu tentang trik menambah followers Instagram, bahkan sudah banyak yang menjual followers. Meski demikian, agar bisa diikuti banyak followers tanpa membeli ada banyak cara yang bisa dilakukan, yaitu seperti berikut:

7 Trik Menambah Followers Instagram

1. Tidak Mengunci Akun

Pastikan akun Instagram tidak dikunci (mode private). Hal ini terdengar sepele, namun cukup banyak dilewatkan. Pasalnya, akun yang tidak dikunci akan menutup kemungkinan orang lain untuk menjangkau dan melihat isi dari akun tersebut. Menggunakan hastag pun akan sia-sia karena tidak akan ditampilkan sehingga sulit untuk mendapatkan komentar, like, maupun followers baru.

2. Posting Konten yang Positif

Buatlah konten yang menarik dan berkualitas positif, sehingga orang yang melihatnya merasa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. Trik menambah followers Instagram ini cukup jitu, sudah banyak akun yang serius mengelola kontennya semakin dikenal masyarakat. Meski peningkatannya tidak melesat seperti konten viral, namun dengan kekonsistenan bisa terus mendatangkan pengikut baru contohnya dari postingan yang dibagikan atau berbagi rekomendasi dari satu orang ke orang lainnya.

3. Mengatur Tagar (Hastag)

Gunakanlah tanda tagar (hastag) dengan bijak. Hastag yang tepat bisa mengundang banyak pengguna datang dan melihat postingannya. Pakai hastag yang tidak terlalu populer, namun potensial. Tagar yang terlalu pasaran justru kurang efektif. Biasanya pengguna lain akan meninggalkan like atau komentar, tidak jarang juga berakhir dengan follow akun. Pastikan bahwa tagar memiliki relevansi dengan konten yang diunggah.

4. Follow Unfollow

Melakukan metode follow unfollow. Caranya yaitu follow banyak akun sekaligus, sehingga akan ada peluang bahwa beberapa di antaranya akan balik mengikuti. Meski trik menambah followers Instagram ini cukup ketinggalan zaman, namun efektifitasnya masih terasa dan banyak digunakan oleh akun yang ingin mendatangkan pengikut baru.

5. Berkomentar di Akun Selebgram

Tinggalkan komentar di akun selebgram. Selebgram bukan berarti selebriti, namun akun yang dianggap sebagai selebriti karena memiliki jumlah followers yang banyak. Caranya dengan berkomentar pada postingan akun tersebut. Pilihlah akun yang memiliki relevansi dengan akun yang hendak dipromosikan, contohnya mempromosikan akun edukasi anak di postingan selebgram yang memposting kegiatan belajar anaknya di rumah.

6. Rutin Posting di Waktu yang Tepat

Unggah postingan di Instagram secara rutin dan konsisten. Apabila jarang mengunggah, terdapat kemungkinan akan di unfollow oleh followers karena menganggap akunnya tidak aktif. Tidak hanya posting rutin, namun perhatikan juga prime time-nya. Upload pada jam dimana banyak pengguna aktif berselancar di IG sehingga banyak yang melihat.

7. Berbagi Postingan IG

Bagikan postingan yang baru saja dibagikan di Instagram. Pengguna dapat menggunakan tombol share dan meletakkannya di platform lain contohnya Facebook, WhatsApp, Line, dan sebagainya. Cara ini cukup efektif karena bisa meraih lebih banyak orang untuk melihatnya. Peluang untuk di-follow juga meningkat.

Demikianlah trik menambah followers Instagram. Prosesnya memang tidak singkat dan memerlukan usaha konsisten, namun seiring waktu menjalaninya pengguna akan semakin terbiasa. Trik ini juga lebih bersifat jangka panjang dan bisa diterapkan seterusnya, berbeda dengan membeli followers. Berbisnis, berjualan, ataupun mengedukasi sudah bisa dilakukan di platform Instagram sehingga akan sayang jika akun tidak memanfaatkan peluang untuk dilirik banyak pengikut.