Saran Resep Combro Singkong Lezat untuk Camilan Keluarga

Kata siapa makanan olahan singkong ketinggalan jaman? Buktinya, bahan makanan yang sangat identik dengan masyarakat Indonesia ini, sangat gampang untuk diolah menjadi pelbagai jenis makanan. Misalnya saja combro singkong dengan aneka rasa yang cocok untuk camilan keluarga. Penasaran, bagaimanakah resep combro singkong yang lezat tersebut? Ikuti saja uraian ini! 

Saran Resep Combro Singkong Lezat untuk Camilan Keluarga

Bahan Combro Singkong

Pertama, untuk membuat combro singkong ada 3 bahan pokok yang perlu dipersiapkan. Ketiga bahan tersebut adalah bahan utama, bahan isian, dan bumbu halus. Meskipun tampak banyak, namun bahan-bahan ini cukup mudah untuk didapatkan. Simak daftarnya berikut.

1. Bahan Utama

Seperti yang dikatakan di atas, jenis bahan pertama yang harus disiapkan ialah bahan utama pembuatan olahan. Yakni terdiri dari bahan-bahan sederhana yang mudah ditemui di sekitar rumah, sebagai berikut:

  • 500gr singkong yang sudah diparut;
  • 100gr kelapa yang sudah diparut kasar;
  • 1 buah kentang ukuran sedang yang sudah dihaluskan;
  • 15 cabai rawit merah;
  • 1 cabai merah;
  • 1 batang daun bawang; dan
  • Garam secukupnya.

2. Bahan Isian

Setelah menyiapkana bahan utama, maka perlu juga untuk menyiapkan bahan isian. Yaitu terdiri dari bahan-bahan yang dapat disesuaikan dengan rasa yang diinginkan, misalnya:

  • 200gr oncom yang sudah dibakar;
  • 100ml santan;
  • 2 lembar daun salam;
  • 5 tangkai daun kemangi;
  • ½ sdt garam;
  • 1 sdt gula merah yang sudah diparut;
  • Minyak goreng secukupnya; dan
  • Keju Quick Melt.

3. Bahan Halus

Terakhir, agar rasanya pas maka perlu juga untuk menyiapkan bumbu halus. Bumbu ini terdiri dari dua bahan utama, yakni terdiri dari:

  • 6 siung bamer ukuran sedang; dan
  • 2 cabai merah keriting yang dihaluskan.

Langkah-Langkah Membuat Combro Singkong

Setelah menyiapkan bahan-bahan resep combro singkong di atas, lanjutkan dengan mulai membuat combro. Siapkan peralatan memasak dan penggorengan untuk mengolah bahan-bahan tersebut. Berikut ini langkah-langkah cara pembuatannya.

1. Buat Isian Combro

Pertama-tama pembaca perlu membuat adonan isian combro terlebih dahulu. Pastikan pembaca sudah menghaluskan bahan bumbu halus yang sudah disiapkan. Panaskan wajan dan tumis bumbu halus bersama dengan 2 lembar daun salam. Tumis bumbu halus ini hingga aroma wanginya mulai tercium. Tambahkan 200gr oncom, gula merah, dan garam.

Selanjutnya, tambahkan 100ml santan dan aduk. Terus aduk hingga tercampur dan santan meresap pada oncom. Jika air santan sudah mulai surut, masukkan daun kemangi. Aduk-aduk hingga tumisan ini berbentuk padat tidak cair. Jika sudah padat segera angkat agar tidak gosong.

2. Buat Adonan Combro

Setelah isian combro siap, pembaca perlu membuat adonan untuk kulit combro. Campurkan 500gr singkong, 100gr kelapa parut, dan 1 buah kentang dalam 1 wadah. Aduk-aduk dan haluskan semua adonan agar tercampur rata. Selanjutnya tambahkan 15 cabai rawit merah, 1 cabai merah, 1 batang daun bawang, dan garam secukupnya. Pembaca bisa menyesuaikan jumlah cabai yang ingin digunakan.

Jika adonan sudah jadi, siapkan isian yang sudah didinginkan. Pipihkan adonan kulit combro. Lalu, masukkan 1 sendok makan adonan isian dan 1 potong keju quick melt. Kepal adonan dan tutup bagian atasnya hingga bentuknya mnejadi bulat oval. Pembaca juga bisa memberikan cabai tambahan di atas isian dan keju.

3. Goreng Combro

Siapkan minyak panas dengan api sedang. Masukkan combro yang sudah diberi isian dan dibentuk saat minyak sudah panas dan muncul buih-buih minyak panas. Usahakan combro agar terendam minyak. Goreng combro hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Selama proses penggorengan, pembaca tidak perlu mengaduknya terlalu sering. Jika pembaca terlalu sering mangaduknya, combro bisa hancur. Tentu combro jadi kurang enak disantap jika dalam keadaan yang hancur. Angkat dan tiriskan combro yang sudah matang.

Sangat mudah, bukan? Selain mudah dan enak, combro singkong bisa menjadi camilan yang cocok untuk menemani kegiatan pembaca. Combro singkong ini bisa dinikmati sambil bekerja, bersantai, atau sambil melakukan kegiatan lainnya. Bagaimana? Sudah siap untuk menjajal resepnya?