Inilah 5 Cara Melihat Spek di Laptop Tanpa Ribet

 Spek laptop merupakan deskripsi tentang komposisi, kecepatan dan juga mengenai informasi dari pabrik. Ketika seseorang membeli laptop, pasti mengetahui detail laptop yang dibeli. Banyak cara melihat spek di laptop, dan tentunya pengguna menginginkan cara yang lebih singkat dan gampang.

Inilah 5 Cara Melihat Spek di Laptop Tanpa Ribet

Ketika mengetahui spesifikasi di laptop, jadi pengguna akan lebih mengerti untuk menggunakan laptop dengan beban yang sesuai. Melihat spek dari laptop sendiri juga bisa mengetahui kegunaan dari sistem yang diberikan. Berikut ini adalah cara untuk melihat spek di laptop dengan singkat dan mudah:

1. Melalui Tools About Your PC

Tips  pertama yang dilakukan untuk mengetahui spek di laptop adalah melalui tools About Your PC atau laptop. Jadi biasanya setiap laptop memiliki sebuat tools mengenai informasi dan komponen dari laptop yang biasanya ada dalam tools About Your PC. Untuk mencari nya bisa langsung menuliskan keyword di kolom program.

Setelah menemukan keyword maka bisa langsung di klik. Kemudian setelah itu akan diberikan halaman yang berisi spesifikasi menangani laptop yang digunakan. Dalam fitur ini pengguna juga bisa mengganti username dengan menggunakan fitur “ Rename”. Untuk lebih rinci dan jelas tentang laptop juga bisa dilihat dalam fitur “ Windows specification”.

2. Menggunakan Software DxDiag

Banyak orang belum mengetahui cara melihat keterangan melalui fitur ini. Padahal ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dan anti ribet. Tidak perlu menggunakan aplikasi untuk mengakses software DxDiag ini.

Yang pertama yang harus dilakukan adalah menekan ikon Windows + R, kemudian akan muncul sebuah kotak kecil. Kemudian pengguna bisa menuliskan kata Dxdiag di kolom dan klik oke. Tidak perlu menunggu waktu lama, detail mengenai deskripsi PC atau laptop  akan muncul dan tentunya detail dan jelas.

3. Manfaatkan Fitur System Information

Cara melihat spek di laptop yang ketiga adalah memanfaatkan fitur sistem informasi yang ada. Sistem informasi ini digunakan untuk melihat spek laptop dengan memberikan informasi yang lebih rinci. Sistem ini sangat bermanfaat apalagi ketika pengguna mengalami problem atau masalah mengenai hardware dari laptop.

Tutorial untuk menggunakan sistem informasi sangat mudah. Pengguna bisa langsung menuliskan kata system information dalam kolom Windows dan klik ikon search. Kemudian akan terlihat banyak informasi mengenai laptop, pengguna bisa langsung mencari sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

4. Memanfaatkan Command Prompt

Software ini merupakan tools yang bisa dimanfaatkan untuk melihat spesifikasi dan komponen mengenai PC. Sama seperti diatas Command Prompt merupakan cara singkat untuk melihat deskripsi laptop. Langkah pertama bisa langsung menuliskan kata Command Prompt di Windows.

Setelah menuliskan keyword, bisa klik kanan dan menekan “Run as Administrator”. Setelah itu bisa cari sistem info pada tombol. Selesai itu maka informasi spesifikasi laptop akan muncul secara rinci dan detail seperti RAM, tipe laptop dan lain sebagainya.

5. Speccy

Untuk mencari spek di laptop yang terakhir yaitu menggunakan software Speccy. Berbeda dengan tutorial di atas, untuk Speccy ini harus diunduh terlebih dahulu melalui browser. Pengguna bisa mencari di Google atau Chrome dengan menuliskan kata Software Speecy.

Ketika sudah muncul, maka bisa langsung di download, kemudian di instal agar terpasang pada laptop. Kemudian bisa langsung membuka Speccy dan spesifikasi tentang spek laptop akan terlihat. Jika ingin  lebih detail dan jelas mengenai Spek laptop bisa klik tombol tab summary.

Itulah cara melihat spek di laptop tanpa ribet. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan tidak harus menggunakan aplikasi. Tentunya juga dapat diakses dengan mudah dan tanpa ribet. Informasi secara detail tentang laptop merupakan hal penting yang tidak bisa di tinggal apalagi ketika ada masalah dengan laptop.