Cara Merekam Layar Iphone dengan Suara Tanpa Aplikasi Tambahan

 Fitur perekam layar atau screen recorder sudah lama menjadi salah satu fitur dari operasi sistem IOS. Namun masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya, bahkan beberapa hanya merekam gambar layar saja dan tidak bisa merekam suaranya juga. Cara merekam layar Iphone dengan suara berada di pengaturan berbeda dengan merekam layar Iphone gambar saja.

Cara Merekam Layar Iphone dengan Suara Tanpa Aplikasi Tambahan

Karena itu, berikut ini adalah tutorial cara merekam layar di Iphone dengan suara. Melalui cara ini maka pengguna tidak hanya akan merekam gambar yang ada Iphone saja. Namun juga bisa merekam audio yang ada di layar Iphone.

1. Buka Menu Pengaturan

Hal pertama yang harus dilakukan pengguna dalam merekam layar di Iphone adalah menambahkan tombol perekam layar di Pusat Kontrol. Pusat kontrol merupakan kursor yang umumnya berbentuk lingkaran yang ada di layar Iphone. Menambahkan tombol perekam layar di Pusat Kontrol ini sangatlah penting. Karena ini akan mempermudah proses perekaman layar selanjutnya. Pengguna bisa membuka menu ‘Pengaturan’, kemudian mencari pilihan menu ‘Pusat Kontrol’.

2. Mengatur dan Menyesuaikan Isi Menu Pusat Kontrol

Setelah masuk ke menu ‘Pusat Kontrol’, selanjutnya pengguna harus menyesuaikan isi menu Pusat Kontrol agar dapat memasukan tombol perekam layar pada menu tersebut. Scroll ke bawah dan temukan menu ‘Sesuaikan Kontrol’. Pengguna akan dibawa ke daftar fitur-fitur yang bisa dimasukan ke dalam menu Pusat Kontrol.

Pada daftar tersebut pasti ada fitur ‘Perekam Layar’ atau ‘Screen Recording’. Masukkan fitur tersebut dengan cara menekannya sehingga masuk ke dalam daftar. Setelah fitur perekam layar masuk ke dalam menu Pusat Kontrol, simpan pengaturan tersebut.

3. Mengaktifkan Mikrofon Pada Perekaman Layar

Cara merekam layar Iphone dengan suara selanjutnya adalah mengaktifkan fitur mikrofon untuk merekam suara. Alasan terbesar mengapa audio tidak masuk ke video perakaman layar biasanya adalah para pengguna lupa mengaktifkan mikrofon. Karena memang pengaturan mikrofon ini berada di tempat yang berbeda dengan pengaturan perekaman gambar.

Namun cara mengaktifkannya sendiri sangat mudah, pengguna tinggal membuka tombol perekam layar yang sudah dimasukkan ke dalam Pusat Kontrol tadi. Kemudian tekan tombol tersebut agak lama kurang lebih 3-4 detik. Setelah itu tampilan akan berganti, pengguna akan di bawah ke pengaturan mikrofon dan tinggal menekan tombol untuk mengaktifkannya.

4. Menguji Coba Audio dalam Perekam Layar Iphone

Setelah mikrofon sudah aktif, tentu saja harus diuji coba dulu apakah bisa bekerja dengan baik atau tidak. Caranya adalah membuat video rekaman layar, cara merekam layar ini sangatlah mudah. Pengguna tinggal membuka Pusat Kontrol dan menekan tombol Perekam Layar satu kali saja. Kemudian akan muncul waktu hitung mundur 3 detik. Setelah 3 detik rekaman video akan dimulai. Main-mainkan sebentar layar handphone sembari membuka menu yang memiliki audio.

5. Mengecek Hasil Video Rekaman Layar

Hasil video rekaman layar akan masuk ke dalam menu ‘Foto’ atau ‘Photos’ di dalam folder ‘Camera Roll’ . Pengguna bisa mengecek video perekaman layar yang diambil tadi apa sudah memiliki audio atau belum. Jika tidak terdengar suara dari video padahal harusnya ada suara, kemungkinan perangkat Iphone pengguna mengalami masalah di bagian mikrofon. Namun jika tidak ada masalah dan suara bisa terekam di dalam video. Maka fitur mikrofon dalam perekaman video sudah berhasil diaktifkan.

Jika pengguna ingin merekam video lagi namun kali ini tidak ingin ada suaranya, pengguna tinggal mematikan mikrofon Iphone. Cara mematikan mikrofon Iphone sama dengan bagaimana cara mengaktifkannya.

Itulah cara merekam layar Iphone dengan suara, ternyata cukup mudah dilakukan. Selain bisa merekam layar, hasil video rekaman tersebut juga bisa diedit bahkan bisa dipisahkan antara file gambar dan audionya. Jadi tidak perlu bingung lagi mengapa video perakaman layar tidak ada suaranya.