Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Facebook Melalui Komputer atau Laptop

 Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Facebook Melalui Komputer atau Laptop?_Sejak didirikan tahun 2004, Facebook masih menjadi media sosial yang masih aktif digunakan hingga saat ini. Banyak momen yang tersimpan di akun Facebook seseorang sehingga apabila hilang atau terhapus akan menjadi penyesalan tersendiri. Akan tetapi, pengguna tidak perlu khawatir karena terdapat cara mengembalikan foto yang terhapus di Facebook melalui komputer atau laptop.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Facebook Melalui Komputer atau Laptop

Cara yang akan disampaikan dapat juga dilakukan apabila terdapat orang lain yang membobol akun Facebook yang dimiliki. Pengguna dapat menyesuaikan langkah jika perangkat elektronik yang digunakan bukan laptop atau komputer. Simak cara agar dapat mengembalikan foto yang telah terhapus di Facebook dengan menggunakan komputer atau laptop melalui langkah sebagai berikut:

1. Login ke Akun Facebook yang Sudah Terdaftar

Langkah pertama adalah pengguna harus masuk ke akun Facebook yang sudah terdaftar, pastikan email yang digunakan juga aktif. Pengguna dapat mengubah email apabila email yang digunakan untuk akun Facebook sudah tidak aktif. Masukkan email atau nomor telepon dan kata sandi, termasuk huruf kapital dan ejaan yang benar agar akun yang diinginkan dapat terakses.

2. Mengunduh Informasi Akun Facebook

Setelah masuk, pengguna dapat menuju ke simbol seperti tanda panah yang ada di pojok kanan atas dan pilih pengaturan. Pengguna akan menuju ke halaman Facebook yang memiliki cukup banyak menu namun pengguna harus memilih informasi Facebook. Kemudian di bagian bar unduh informasi akun akan terdapat pilihan di samping kanan dan klik lihat.

3. Sesuaikan Pengaturan Waktu

Atur waktu yang diinginkan, misalnya pengguna ingin memulihkan foto dan video di satu tahun lalu maka dapat diatur rentang waktu yang diinginkan. Di sisi lain, jika pengguna ingin memulihkan seluruh foto atau video yang ada di akunnya tidak perlu mengatur waktu.  Masih pada laman yang sama, pengguna juga dapat mengatur atau melakukan filter pada kualitas foto. Pilihan kualitas foto bisa diatur hingga kualitas tinggi untuk kualitas yang paling baik dan secara otomatis unduhan foto atau video mengikuti pengaturan tersebut. 

4. Pulihkan Foto dan Video yang Diinginkan

Setelah mengatur waktu dan kualitas file yang ada di bagian atas, kemudian scroll ke bawah untuk dapat mengunduh file. Pengguna akan menemukan berbagai pilihan yang dapat dipulihkan seperti foto dan video, komentar, suka dan tanggapan, postingan, teman, serta cerita. Tandai satu atau lebih pilihan sesuai keinginan pengguna untuk menentukan file yang akan dipulihkan.

5. Mengecek Informasi Akun Melalui Email

Cara mengembalikan foto yang terhapus di Facebook akan dikirimkan melalui email dan pengguna akan mendapatkan notifikasi dari Facebook. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pengguna harus memastikan email yang digunakan aktif. Setelah mendapatkan email, pengguna akan mendapatkan link berisi file yang diinginkan untuk dapat diunduh.

6. Mengunduh Salinan File di Facebook

Langkah terakhir adalah pengguna harus membuka link yang telah diberikan melalui email dan otomatis membuka akun Facebook. Pada laman tersebut, klik salinan tersedia, pilih unduh, dan jika ada notifikasi unduhan kemudian setujui. Tunggu beberapa saat, biasanya proses mengunduh akan muncul di bagian bawah komputer sehingga pengguna dapat melihat kemajuannya. 

Cara mengembalikan foto yang terhapus di Facebook lebih baik untuk dilakukan dengan menggunakan perangkat laptop atau komputer. Alasan terbesarnya adalah akses penyimpanan yang lebih mudah ditemukan dan tampilan layar atau menu yang lebih besar. Pengguna juga harus memperhatikan kecepatan jaringan internet yang dimiliki, sehingga tidak menghambat proses ketika foto dipulihkan.