5 Langkah Cara Menanam Tomat Ceri Organik dalam Pot

 Tomat ceri merupakan jenis tanaman indeterminate (tanaman yang terus tumbuh tanpa henti). Tomat ini berukuran kecil dan bisa tumbuh dengan cepat juga matang lebih cepat. Dengan adanya perkembangan teknologi cara menanam tomat ceri semakin bervariasi. Bisa dengan hidroponik, penanaman di kebun, maupun cara efektif seperti di dalam pot.

5 Langkah Cara Menanam Tomat Ceri Organik dalam Pot

Penanaman tomat secara organik tidak butuh banyak bahan dan tidak membutuhkan pupuk kimia. Dengan menggunakan kompos ataupun pupuk kandang tomat ceri sudah bisa menghasilkan banyak buah. Berikut langkah cara menanam tomat ceri dalam pot:

1. Pilih Bibit Tomat Ceri

Tomat ceri bisa ditanam dari bibit atau bijinya, jika dengan bibit tomat ceri akan lebih cepat tumbuh. Apabila menginginkan tanaman cepat dipanen untuk menanam tomat ceri maka tanamlah tomat dari bibitnya. Bibit tomat ceri bisa dibeli di toko pertanian atau penjual bibit tanaman.

Ada banyak jenis bibit tomat ceri diantaranya tanaman Sungold, Varietas Sun Sugar, Chadwick dan Fox, serta Varietas Sweet Treat. Dari setiap jenisnya mempunyai rasa, ukuran, warna, lama kematangan yang berbeda. Apabila menginginkan buah yang matang lebih cepat tanaman Sungold cocok untuk dibudidayakan.

2. Pilih Media Tanam yang Baik

Media tanam akan mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan tanaman. Media yang diambil secara sembarangan akan memicu penyakit karena terdapat banyak pengotor seperti hama. Karena tanaman tomat ceri akan ditanam di pot maka usahakan media tanaman yang digunakan berkualitas baik.

Media tanam bisa dibeli di toko pertanian dengan harga yang terjangkau. Tanah yang subur berwarna gelap dan jika digenggam akan hancur. Media tanam yang dibeli biasanya sudah mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Merek Trubus menjadi salah satu media tanaman yang banyak disukai.

3. Lakukan Penyemaian dalam Polibag

Bibit tanaman tomat ceri disemai dengan campuran media tanam tanah dan kompor organik. Cara menanam tomat ceri dengan penyemaian terlebih dahulu akan menghasilkan tanaman yang kuat dengan kondisi lingkungan sekitar. Media semai di masukkan ke dalam polibag kecil dan buat lubang dengan kedalaman 1 cm.

Langkah yang dilakukan yaitu masukkan bibit tomat ke lubang dan tutup dengan media tanam. Basahi media tanam jangan sampai tergenang karena tomat akan mati. Siramlah tomat di pagi dan sore hari tutup dengan kain tipis atau kertas koran untuk menjaga kelembaban.

4. Pasang Tomato Cage ke dalam Pot

Tanaman tomat ceri bisa tumbuh dengan cepat, maka diperlukan penyangga agar tomat tetap kokoh. Tomato Cage berfungsi untuk menjaga pohon tomat agar tidak rubuh. Gunakan ajir dari kayu jika Tomato Cage tidak tersedia.

Pemasangan Tomato Cage dilakukan sebelum media tanam dimasukkan. Sebelum memasang pastikan pot yang akan digunakan memiliki saluran pembuangan. Masukkan cage kedalam pot dan berilah media tanam. Jika menggunakan ajir, media dan bibit bisa ditanam terlebih dahulu.

5. Lakukan Penanaman dalam Pot

Lihat bibit tomat ceri yang sudah disemai, apabila terlihat sudah kokoh dan memiliki lima helai daun maka bibit siap dipindahkan. Kurang lebih umur tomat sudah mencapai 5-7 minggu dan sudah siap untuk dipindahkan dalam pot. Media tanam terdiri dari tanah, pupuk organik dan pasir yang dicampur.

Media tanam tomat ceri dimasukkan dalam pot sebanyak 2/3 bagian. Selanjutnya pindahkan bibit dengan cara sobek plastik polibag, dan pindahkan media beserta tanaman ke dalam pot. Tambahkan media untuk menutupi bagian yang masih kosong. Kemudian siram tanaman untuk menjaga kelembaban.

Setelah mempelajari langkah cara menanam tomat ceri di atas, maka untuk bisa menanam sayuran dan buah sendiri dirumah tidak akan merepotkan lagi. Menggunakan pot saja sayuran masih bisa dibudidayakan dan dapat tumbuh dengan sehat. Tanpa pupuk kimia dan perawatan yang mudah maka tidak ada kata ribet untuk tetap memakan sayur.