Resep Beef Teriyaki Ala Restoran Enak dan Mudah Dibuat!

 Apabila berniat membuat hidangan lezat nan praktis, tiada salahnya jika mencoba resep beef teriyaki ala restoran yang akan dibahas pada artikel ini. Beef teriyaki sendiri merupakan salah satu masakan khas dari Jepang yang kini populer di Indonesia. Sejatinya, teriyaki merupakan teknik memasak orang Jepang yang merendam bahan makanan terlebih dahulu.

Resep Beef Teriyaki Ala Restoran Enak dan Mudah Dibuat!

Yakni, biasanya direndam dalam campurkan berbagai saus, dan selanjutnya dimasak sesuai selera. Untuk mengolah masakan ini umumnya menggunakan daging sapi dari bagian dada yang memiliki tekstur lebih empuk, gurih dan kenyal. Adapun ketebalan dalam pembuatan teriyaki juga patut diperhatikan yakni sekitar 1 mm. Tertarik untuk mencoba memasaknya? Ikuti Resep berikut ini!

Bahan Membuat Beef Teriyaki

Siapkan beberapa bahan di bawah ini sebelum mulai memasak beef teriyaki. Bahan masakan yang diperlukan cukup sederhana dan mudah ditemui di Indonesia, yang terdiri dari:

  • 300 gr daging tanpa lemak;
  • 5 sdm minyak goreng;
  • 1 bawang Bombay;
  • Secukupnya gula;
  • Secukupnya garam;
  • 2 atau 5 sendok makan kecap manis;
  • Saus teriyaki  8 sdm;
  • 1 sdt lada;
  • 4 siung bawang putih lalu dihaluskan;
  • 2 cm jahe lalu diparut;
  • 4 sdm kecap asin;
  • 1-2 minyak wijen; dan
  • Saus tiram secukupnya;

Langkah Membuat Beef Teriyaki Enak Ala Restoran

Setelah menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan, kini lanjut ke tahapan cara memasak. Cara ini cenderung mudah serta dapat dilakukan oleh siapapun. Perhatikan step demi step yang harus dilakukan berikut ini:

1. Siapkan Daging dan Cuci Bersih

Langkah pertama yakni menyiapkan daging yang akan digunakan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, biasanya beef teriyaki menggunakan daging sapi yakni bagian dada. Mengapa? Sebab bagian ini lebih lembut dan empuk. Kemudian cuci bersih daging tersebut dan iris memanjang dengan ketebalan sekitar 1 mm.

2. Campurkan Bumbu Marinasi

Setelah dicuci bersih, langkah berikutnya yakni mencampurkan daging yang tadi telah diiris pada bumbu marinasi. Caranya, campur rata semua bahan kemudian simpan pada wadah tertutup. Diamkan dalam kulkas sekitar kurang lebih 30 menit agar bumbu terserap dengan baik.

3. Goreng Pada Minyak Panas

Apabila bumbu marinasi telah yakin meresap sempurna, maka langkah berikutnya dalam Resep beef teriyaki ala restoran ini ialah menggoreng daging. Caranya, tuangkan dulu minyak goreng yang telah disiapkan pada wajan kemudian nyalakan kompor.  Setelah minyak panas, goreng daging yang tadi telah diberi bumbu marinasi. Aduk sebentar lalu tambahkan sedikit air dan tutup. Biarkan selama beberapa saat agar bumbu terserap sempurna.

4. Tambahkan Bahan Pelengkap

Setelah daging terlihat hampir matang, bisa ditambahkan irisan bahan lain seperti bawang bombay ataupun daun bawang jika diperlukan. Jangan lupa untuk koreksi rasa. Jika kurang asin tambahkan garam, atau menambahan bumbu penyedap lainnya. Agar lebih mantap, tambahkan juga sedikit gula dalam masakan.

5. Sajikan Dengan Nasi Putih

Sebagai orang Indonesia, rasanya tidak lengkap jika tidak menggunakan nasi putih di setiap hidangannya. Meskipun masakan yang dihindangkan adalah masakan Jepang sekalipun. Resep beef teriyaki ala restoran ini juga cocok jika disajikan bersama nasi putih ataupun nasi beras merah. Nah, kini beef teriyaki telah selesai dibuat dan siap dinikmati!

Itulah resep beef teriyaki ala restoran yang bisa dishare kali ini. Berinovasi dari masakan luar untuk dipadukan dengan hidangan Indonesia sepertinya menarik. Seperti masakan beef teriyaki ini yang dipadukan dengan bahan lain seperti telur puyuh atau daging ayam. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca semua.