Cara Hemat Kuota Youtube Bisa Streaming Sampai Puas!

 Kini, youtube menjadi salah satu media sosial yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Namun, sayangnya media sosial ini banyak menghabiskan kuota internet. Nah, tentu menjengkelkan bukan jika sedang asyik-asyik menikmati salah satu konten di youtube tiba-tiba kuota internet habis? Tidak perlu khawatir, ada cara menghemat kuota youtube yang bisa diterapkan. Penasaran seperti apa caranya? Simak paparannya dalam artikel di bawah ini.

Cara Hemat Kuota Youtube Bisa Streaming Sampai Puas!

Cara Hemat Kuota Youtube 

1. Menurunkan Kualitas Video

Ini merupakan cara yang paling mudah dalam menghemat kuota internet ketika menggunakan aplikasi youtube. Caranya adalah menonton video youtube dengan kualitas HD yang lebih kecil, misalnya 240p, 360p, atau 480p. Tidak disarankan untuk memakai kualitas HD 720p. Sebab, ini jelas akan memakan banyak kuota internet. Cara mengatur kualitas video pada aplikasi youtube, cukup masuk ke menu pengaturan youtube. Kemudian, pilih kualitas yang diinginkan. Memang dengan mengubah kualitas video yang lebih rendah akan mempengaruhi tampilan video.

2. Menggunakan Browser Penghemat Data

Cara hemat kuota youtube yang berikutnya yaitu dengan menggunakan browser penghemat data. Pasalnya, browser ini biasanya dilengkapi dengan fitur penghemat data dan baterai. Sehingga, ketika menggunakan browser ini data akan dikompresi menjadi lebih kecil. Dengan demikian, jika sedang mengakses youtube menggunakan browser ini. Secara otomatis, kualitas HD dari video youtube akan dibatasi. Kuota internet pun akan menjadi hemat.

3. Menggunakan Aplikasi Youtube Go

Aplikasi Youtube Go merupakan solusi dari Google untuk membatasi data yang digunakan untuk mengakses youtube. Aplikasi Youtube Go ini menyediakan pilihan video dengan berbagai kualitas. Tentu saja, jika kuota internet ingin dihemat sebaiknya pilih kualitas yang paling rendah.

Youtube Go ini juga menyediakan fitur mengunduh video. Jadi, pengguna aplikasi ini bisa melakukan pengunduhan terlebih dahulu menggunakan koneksi internet maupun wifi. Setelah itu, video yang telah diunduh bisa ditonton kapan saja tanpa memakan kuota internet.

4. Menggunakan VPN

Cara gampang membuat kuota internet tetap sehat walau sering digunakan untuk mengakses youtube ialah memanfaatkan fitur VPN. Pada umumnya, sebagian besar smartphone sudah dibekali dengan fitur ini. Jadi, tanpa perlu menginstal aplikasi VPN ini, pengguna hanya perlu mengaktifkan saja.

Aplikasi VPN ini telah dilengkapi dengan penghemat data. Selain itu, juga terdapat fitur yang dapat digunakan untuk memantau penggunaan data dalam jangka periode tertentu. Sehingga, walaupun sering digunakan untuk streaming youtube, pengguna tetap bisa mengontrol data yang digunakan.

5. Mengaktifkan Fitur Hemat Daya Bawaan Smartphone

Hampir sama dengan aplikasi VPN, fitur hemat daya bawaan dari smartphone ini juga bisa mengantisipasi kebocoran kuota internet akibat pemakaian youtube. Fitur ini akan membatasi penggunaan kuota internet. Selain itu, fitur ini juga memberikan peringatan ketika penggunaan data telah melebihi batas. Penggunaan fitur ini memang terbukti ampuh dalam mengatasi pemakaian kuota internet yang boros. Akan tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan ketika mengaktifkan fitur ini pada smartphone. Kemungkinan, kinerja aplikasi lain juga akan terbatasi.

Misalnya seperti aplikasi pesan yang menggunakan koneksi internet. Bisa jadi pesan akan terlambat masuk. Sehingga, hal ini bisa mengganggu kenyamanan pengguna. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah ketika sudah tidak menggunakan aplikasi youtube, sebaiknya fitur hemat daya dinonaktifkan kembali.

Bagaimana cukup solutif, bukan? Dengan menggunakan cara hemat kuota youtube seperti yang telah dipaparkan di atas, diharapkan kuota internet bisa dipakai relatif lama. Semoga membantu!