Resep Perkedel Kentang Kornet Ala Resto Berbintang

Perkedel biasanya lebih dikenal sebagai makanan berbahan sederhana, namun saat ini banyak dijumpai variasi dari perkedel termasuk dicampur dengan kornet. Tetapi, seperti apa resep perkedel kentang kornet yang bisa menggoyang lidah? Jika belum tahu, ada baiknya bila memperhatikan ulasan menarik mengenai resepnya di bawah ini.

Resep Perkedel Kentang Kornet Ala Resto Berbintang

Rekomendasi Resep Perkedel Kentang Kornet

Pada pembuatan perkedel kentang kornet yang nikmat ala resto berbintang, perlu menyiapkan segala bahan untuk bumbu yang ingin dipakai. Tentu dalam pemilihan bahan ini harus diperhatikan dengan cermat karena kualitasnya memang sangat berpengaruh pada perkedel. Untuk itu berikut bahan baku yang harus disiapkan sebagai pembuatan bumbu:

  • 500 gram kentang, yang sudah dicuci dahulu;
  • 100 gram kornet;
  • 2 butir telur, yang di kocok terlebih dahulu;
  • 6 sendok bawang merah dan bawang putih goreng;
  • 1-2 bawang putih;
  • 4-5 bawang merah;
  • Daun seledri seperlunya;
  • Tepung terigu seperlunya;
  • Daun bawang seperlunya;
  • Merica bubuk secukupnya.;
  • Garam secukupnya;
  • 1 buah telur, yang dikocok sebagai pelapis; dan
  • Minyak goreng secukupnya.

Langkah Membuat Perkedel Kentang Kornet

Jika sudah mengetahui segala macam bahan baku yang digunakan, maka langkah selanjutnya adalah pembuatan perkedel. Proses pembuatan perkedel ini tergolong cukup mudah, sederhana serta tidak butuh waktu yang sangat lama. Dengan begitu mari kita mulai proses tahapannya sesuai instruksi di bawah ini:

1. Potong Serta Goreng Kentang

Langkah pertama, siapkan bahan baku utama yaitu kentang seberat 500 gram yang sebelumnya telah dilakukan proses pencucian. Kemudian iris dengan model potongan dadu agar saat penggorengan lebih merata. Jika sudah bisa langsung digoreng kurang lebih antara 5-10 menit sampai berwarna kuning keemasan atau sedikit kecoklatan.

2. Halusankan Bahan

Sambil menunggu kentang tergoreng, siapkan bawang putih, bawang merah, garam, kornet, bawang goreng serta merica bubuk. Sedangkan alat penghalusnya bisa memakai cobek agar aroma yang dihasilkan lebih keluar. Sekarang haluskan semua bahan di atas beserta kentang yang sudah digoreng tadi, lalu dihaluskan secara bertahap.

Selain itu ada beberapa hal yang jadi perhatian, misalkan penghalusan bahan dengan peralatan Mixer atau Blender. Sebenarnya dibolehkan juga jika untuk skala produksi besar, namun jika pemakaian untuk produksi kecil lebih baik pakai cobek. Perlakuan tersebut dimaksudkan untuk mengeluarkan aroma yang lebih.

3. Campur Serta Uleni

Pada tahapan ini semua bahan yang sudah dihaluskan harus dicampurkan dengan bahan yang lain yang belum dilakukan penghalusan. Untuk 2 butir telur, sebelum dicampurkan dengan adonan harusnya sudah dikocok terlebih dahulu agar fungsinya sebagai perekat adonan lebih baik.

Selanjutnya adalah proses menguleni adonan, caranya seperti saat mencampurkan semua bahan secara bersama tapi dengan tangan. Pada tahap ini harus dilakukan secara hati-hati serta jangan terlalu lama saat menguleni agar adonan tidak mudah hancur.

4. Bentuk Adonan

Adonan yang sudah diuleni kemudian dibagi menjadi beberapa bagian untuk dilakukan proses pembentukan. Untuk bentuk dari perkedel bisa disesuaikan dengan keinginan, yang penting ukurannya tidak terlalu tebal. Tujuan dari bentuk yang tidak terlalu tebal ini agar saat proses penggorengan bisa merata secara sempurna.

5. Goreng Hingga Matang

Langkah terakhir dari resep perkedel kentang kornet ala resto berbintang adalah proses penggorengan. Tapi sebelum digoreng harusnya dibalut dengan olesan dari telur yang sudah di kocok dahulu. Langkah tersebut berguna untuk menambah lengket bagian luar dari perkedel sekaligus memberi warna yang tampak lebih cantik.

Saat proses penggorengan berlangsung, durasi lama waktu bisa disesuaikan dengan ukuran perkedel yang dibuat. Karena itu harus selalu diperhatikan agar perkedel tidak gosong, cukup sampai berwarna kuning keemasan atau warna agak kecoklatan.

Itulah pembahasan dari resep perkedel kentang kornet yang bisa menggoyang lidah seperti buatan resto berbintang. Selain itu, akan lebih baik jika disajikan saat hangat, baik untuk cemilan maupun teman makan nasi. Namun untuk penyesuaian resep beserta bumbu sebenarnya bisa dicoba secara berulang agar menemukan rasa serta aroma yang lebih sesuai keinginan.