Rekomendasi Resep Pizza Oven Empuk dan Lembut Ala Rumahan

Pizza, barangkali masyarakat tanah air sudah sangat akrab dengan makanan Italia yang satu ini, lantaran rasanya yang khas dan juga lezat. Namun, tahukah jika menu ini sekarang sangat mudah untuk dibuat di rumah? Penasaran dengan informasinya? Ikuti saja ulasan menarik mengenai rekomendasi resep pizza oven empuk dan lembut yang dihadirkan di bawah ini dengan seksama, sebagai berikut: 

Rekomendasi Resep Pizza Oven Empuk dan Lembut Ala Rumahan

Rekomendasi Resep Pizza Oven Empuk dan Lembut

Rahasia utama dari resep pizza yang akan dibuat di sini adalah penggunaan bahan-bahan dasarnya. Yakni terdiri dari bahan utama dan bumbu yang sangat mudah untuk ditemukan di toko kue dan pasar tradisional yang ada di dekat rumah, yang terdiri dari:

  • 500 gram tepung terigu;
  • 7 gram ragi;
  • Keju Mozarela dan sosis sebagai toping;
  • 25 gram gula dan garam meja secukupnya;
  • 15 gram susu yang bubuk;
  • Segelas air;
  • Sebutir telur ayam; dan
  • 30 gram minyak zaitun.

Proses Memasak Pizza Oven

Setelah semua bahan yang diperlukan di atas sudah siap, maka yang harus dilakukan berikutnya adalah memasak. Yaitu dengan mengikuti sejumlah instruksi praktis yang disebutkan di bawah ini:

1. Campur Semua Bahan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencampur semua kelengkapan bahan jadi satu dalam wadah. Yaitu diawali dengan memasukkan tepung terigunya ke dalam wadah, lalu disusul dengan ragi yang telah dihaluskan. Sambil aduk rata bisa campur dengan gula pasir serta susu bubuk yang telah disiapkan.  Sembari kembali diaduk sampai semua bahannya tercampur dengan sempurna.

Untuk penggunaan wadah, di sini sangat disarankan untuk memakai jenis wadah yang cukup besar. Hal tersebut karena sifat dari ragi yang membuat adonan menjadi mengembang, sehingga jika wadahnya terlalu kecil bisa tumpah.

2. Masukkan Minyak Zaitun dan Garam

Berikutnya, setelah mencampur rata bahan utama, cara membuat adonan pizza empuk dan lembut selanjutnya adalah memasukkan minyak zaitun dan garam. Jangan lupa tambahkan air es sedikit demi sedikit sembari terus diaduk agar tidak menggumpal. Kemudian jangan sampai lupa masukkan telur juga ke dalamnya, dan aduk lagi sampai tekstur dari adonan menjadi kalis.

3. Diamkan Adonan

Setelah adonan kalis, cara selanjutnya adalah mendiamkan adonan tersebut. Saran untuk mendiamkan adonan adalah lebih kurang 15 menit. Setelah itu, potong lalu timbang adonan masing-masing 50 gram. Kemudian bentuklah adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan, dan diamkan kembali selama 15 menitan. Tujuannya, agar pizza yang dihasilkan memiliki tekstur yang lebih empuk dan lembut.

4. Giling Adonan

Apabila waktu pendiaman dirasa cukup, maka yang harus dilakukan berikutnya adalah menggiling adonan menjadi bentuk pipih. Paling tidak, setiap adonan baiknya memiliki tingkat ketebalan sekira 5 mm. Setelah itu, jangan lupa untuk menempatkan adonan yang telah dipipihkan pada baking lay, kemudian biarkan kembali sekira 20 menitan.

5. Panggang Adonan

Terakhir dan merupakan kegiatan yang paling diutamakan dalam proses memasak pizza ini ialah memanggang adonan pipih. Sebaiknya hal ini dilakukan dengan beberapa tahapan yakni:

  • Proses pemanggangan pertama lakukan dalam waktu kurang lebih 7 menit, pada suhu oven 180 derajat, hingga adonan menjadi setengah matang;
  • Setelah itu keluarkan pizza setengah matang tadi, dan berikan isian toping yang sudah disiapkan berupa keju mozarella, sosis, atau bahan lain yang dikehendaki;
  • Setelah menata toping sebaiknya diamkan dulu adonan dalam waktu kira-kira 30 menitan;
  • Bila waktu pendiaman dirasa cukup maka langsung saja panggang dalam oven bersuhu 180 derajat dalam waktu sekira 15 menitan;
  • Setelah pizza dirasa memiliki tingkat kematangan yang cukup, maka segera keluarkan dari oven; dan
  • Potong-potong atau hidangkan sesuai dengan selera yang diinginkan.

Demikianlah tadi rekomendasi resep pizza oven empuk dan lembut  yang sangat mudah untuk dibuat di rumah. Bagaimana? Tertarik untuk segera mencobanya? Jika iya, maka segera saja siapkan semua keperluan bahan, agar bisa segera mengikuti instruksi masaknya!