5 Cara Melacak Akun Fb Palsu Secara Mudah dan Cepat

 Jika orang mengatakan lebih baik memelihara ayam dibandingkan hanya sibuk dengan ponsel, maka tidaklah sepenuhnya benar. Sebab istilah ‘ternak akun’ sudah semakin dikenal dan dinilai lebih menguntungkan, dibandingkan ternak ayam secara harfiah. Hal ini yang menjadi salah satu alasan kenapa harus berhati-hati saat interaksi dengan orang di Facebook atau media sosial lain. Untuk itu, perlu tahu cara melacak akun fb palsu agar aman dan nyaman.

5 Cara Melacak Akun Fb Palsu Secara Mudah dan Cepat

Sudah banyak kasus merugikan terjadi karena berhubungan dengan akun Facebook fake yang entah siapa di baliknya. Karena media social memungkinkan seseorang menjadi siapa saja sesuai yang diinginkan. Semua bisa di-framing dalam sebuah foto editan, status curian maupun membayar jasa copywriter.

Mengerikan sekali bukan? Nah, agar tidak terjebak dengan entah siapa di balik akun palsu, simak ulasan di bawah ini mengenai cara mengetahui apakah suatu akun asli atau palsu:

1. Cek Waktu Gabung Facebook

Sebelum memutuskan untuk menerima pertemanan atau berinteraksi dengan sebuah akun di Facebook, maka periksa dahulu tahun gabungnya. Semakin lama masa gabung akun yang dipakai, maka semakin besar kemungkinan bahwa akun tersebut asli. Meskipun tidak menjamin 100%, karena jual dan beli akun memang marak untuk sebuah branding. Minimal, parameter ini menjadi lapisan keamanan pertama yang mudah diketahui.

2. Cek Informasi Diri

Di bagian informasi akun, ada data diri yang biasanya dicantumkan. Pendidikan dimana, bekerja dimana, memiliki kesukaan apa dan lain sebagainya. Jika ada informasi tersebut, menunjukkan bahwa akun tersebut memang menjadi akun utama dan asli.

Akan tetapi, cara ini juga memiliki kelemahan, sebab scammer pun canggih dengan framing sebuah lembaga pendidikan fake, pekerjaan bohongan dan lain sebagainya. Minimal, tahulah kalau pendidikan Phd-nya di Boston, akan nyambung kalau diajak ngomong soal Boston.

3. Stalking Foto Profil dan Linimasa

Pernah  memanfaatkan Google Lens? Fitur Google ini menjadi salah satu cara melacak akun fb palsu. Caranya cukup mudah, tinggal download foto profil maupun foto-foto linimasa yang ada di akun yang hendak diselidiki, kemudian masukkan ke pencarian Google Image. Nanti akan muncul foto-foto yang serupa dan sumbernya. Jika diketahui bersumber dari akun milik orang lain yang nama dan lainnya berbeda, maka bisa dipastikan akun tersebut fake.

4. Manfaatkan LinkedIn, Olx dan Website Lain

Cara ini lebih mudah lagi jika tahu nama lengkap yang diklaim sebagai nama asli. Cukup masukkan namanya dalam LinkedIn maka akan muncul profilnya. Sebab website satu ini menjadi markasnya portofolio dan akan mudah menemukan data diri orang di sini.

Nah, jika hasil dari pencarian tidak sesuai maka bisa jadi akun fake. Demikian juga dengan memanfaatkan Olx dan sejenisnya, jika mengetahui nomor teleponnya, akan semakin mudah menemukan profil sesungguhnya.

5. Cek Mutual Friend dan Status

Sebuah akun asli akan segan asal menginvite atau melakukan transaksi dengan orang asing. Maka, jika mutual friendnya banyak, kecil kemungkinan akun fake. Demikian juga dengan  isi postingan, jika tidak ada postingan personal yang public dan sifatnya menggambarkan seseorang asli, maka patut dicurigai sebagai akun palsu. Apalagi kalau isinya melulu soal share giveaway, berita penuh kontroversi, hasil pertandingan game dan sejenisnya. Maka, berhati-hatilah.

Sebenarnya, masih ada banyak cara melacak akun fb palsu. Mulai dari melacak IP Address, baik yang sudah disamarkan dalam VPN atau trik manipulasi, melacak server temp mail yang digunakan dan banyak lagi lainnya. Namun, kelima cara di atas dinilai paling mudah dilakukan untuk proteksi awal.