4 Langkah Cara Menanam Ginseng Jawa di Pot

 Cara Menanam Ginseng Jawa di Pot_Ginseng jawa merupakan tanaman yang kaya manfaat. Tidak hanya akarnya saja, tapi seluruh bagian tanaman ginseng dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kandungan senyawa dalam tanaman ginseng memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Namun, masih banyak yang belum tahu cara menanam ginseng jawa. Berikut langkah cara menanam ginseng jawa di pot :

Langkah Cara Menanam Ginseng Jawa di Pot

1. Menyiapkan Benih atau Bibit Ginseng

Langkah pertama yang harus dilakukan dari cara menanam ginseng jawa adalah menyiapkan benih. Dalam langkah ini ada dua pilihan yang dapat dilakukan, dapat menanam menggunakan benih maupun bibit. Menanam ginseng menggunakan benih membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan menanam dengan bibit, karena harus menunggu tunasnya tumbuh dulu.

Jika memilih menggunakan benih, maka beli benih yang sudah bersertifikat yang kualitasnya terjamin. Lihat juga persentase tumbuh pada label kemasan benih, cari yang persentasenya diatas 90% sehingga benih dapat menghasilkan ginseng yang sehat dan juga berkualitas.

Apabila memilih menanam menggunakan bibit, pastikan jika bibit tersebut dari tanaman yang sudah dewasa dan sehat. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar bibit siap ditanam. Yang pertama, bibit disimpan selama tiga hari ditempat yang lembab. Kedua, setelah penyimpanan, potong miring pada bagian pangkal batang.

2. Siapkan Media Tanam

Setelah menyiapkan benih atau bibit ginseng, siapkan media tanam. Media tanam adalah media yang akan dipakai untuk menanam ginseng. Media utama yang harus disiapkan adalah pupuk organik, pot, tanah gembur, air, arang dan sekam.

Siapkan tanah gembur secukupnya sesuai kebutuhan, tergantung banyaknya pot yang akan ditanami ginseng jawa. Campur pupuk organik, arang dan tanah gembur dengan rasio perbandingan 1 : 1 : 1 secara merata. Apabila sudah tercampur semua, masukkan dalam pot yang sudah disediakan sebelumnya.

3. Menentukan Jarak Tanam Ginseng

Penanaman ginseng jawa dalam pot dapat berisi lebih dari satu tanaman. Maka dari itu, jarak tanam menjadi salah satu faktor yang penting dari cara penanaman ginseng. Jarak tanam ginseng dalam pot yang ideal adalah 20 cm. Akar ginseng jawa dapat tumbuh hingga berukuran lebih dari 1 cm.

Jika pot yang digunakan berukuran kurang dari 30 cm, maka jarak tanam bisa diatur sendiri sesuai tempatnya. Penentuan jarak tanam bertujuan agar seiring berjalannya waktu akar ginseng dapat tumbuh semakin besar. Jika jaraknya terlalu dekat antara tanaman ginseng yang satu dengan yang lain menyebabkan tanaman ginseng tidak tumbuh secara maksimal.

4. Proses Menanam Ginseng

Apabila benih dan media sudah disiapkan semua, langkah terakhir adalah melakukan proses menanam. Penanaman menggunakan benih dapat dilakukan dengan cara membuat lubang tanam sekitar 1 cm pada pot yang telah diberi media tanam. Lalu, masukkan satu atau dua benih ginseng, tutup menggunakan tanah gembur dan siram dengan air secukupnya.

Untuk penanaman ginseng menggunakan bibit, dapat dilakukan  dengan membuat lubang terlebih dahulu pada pot yang telah berisi media tanam. Tanam bibit ginseng yang telah disiapkan dengan menyisakan setengah bagian batang pada permukaan tanah. Padatkan tanah agar batang ginseng jawa dapat berdiri dengan tegak dan tidak roboh. Siram menggunakan air secukupnya.

Itulah langkah cara menanam ginseng jawa di pot, cukup mudah bukan? Sebenarnya, ginseng jawa juga dapat ditanam di pekarangan rumah. Tapi bagi yang tidak memiliki lahan yang cukup menanam ginseng di pot menjadi pilihan yang tepat, karena menanam ginseng di pot tidak terlalu memakan tempat. Selamat bercocok tanam!