5 Cara Hemat Kuota Instagram yang Paling Efektif

 Aplikasi Instagram sangat digemari oleh kawula muda. Tampilannya yang menarik dan fiturnya yang beragam menjadikan aplikasi ini banyak digandrungi masyarakat. Namun, sayangnya aplikasi Instagram cukup boros kuota. Terlebih jika dibuka hampir setiap saat. Namun, tidak perlu khawatir karena berikut ini akan disajikan informasi mengenai cara hemat kuota Instagram.

5 Cara Hemat Kuota Instagram yang Paling Efektif

Lima (5) Cara Hemat Kuota Instagram

1. Mengaktifkan Fitur Cellular Data

Fitur Cellular Data dapat membantu pengguna agar tidak terlalu boros dalam menggunakan kuota. Cara untuk mengaturnya yaitu dengan membuka aplikasi Instagram kemudian klik ikon profil  dan klik ikon tiga garis yang berada di bagian pojok kanan atas. Jika sudah, klik Settings dan akan muncul Cellular Data Use. Setelah diklik aktifkan use less data.

Dengan mengaktifkan fitur ini, keuntungan yang akan didapatkan adalah video yang terdapat di dalam Instagram tidak akan berjalan sendiri kecuali jika diputar oleh pengguna. Namun, tidak perlu khawatir karena foto akan tetap muncul seperti biasanya. Cara hemat kuota Instagram ini tidak boleh disia-siakan begitu saja.

2. Menurunkan Resolusi Media

Resolusi foto atau video memang dapat mempengaruhi penggunaan kuota internet. Untuk dapat menekan kuota, maka cara yang dilakukan dapat dengan menurunkan resolusinya medianya. Cara untuk menurunkan resolusi sangatlah mudah dan pasti pengguna dapat melakukannya. Ada 3 pilihan dalam menurunkan resolusi media, yaitu Tidak Pernah, WiFi Saja, dan Seluler WiFi. Tidak pernah artinya Instagram tidak akan menampilkan media beresolusi tinggi. WiFi Saja artinya instagram menampilkan media beresolusi tinggi ketika terhubung dengan WiFi. Seluler WiFi artinya media beresolusi tinggi ketika terhubung dengan data seluler atau WiFi.

3. Menggunakan Instagram Lite

Instagram Lite diperuntukan untuk penggunakan yang memiliki memori terbatas. Aplikasi ini hanya memerlukan ruang sebesar 2 MB saja. Di dalamnya sudah terdapat fitur-fitur penting yang ada di dalam Instagram seperti Stories, Feeds, dan lain lain. Selain lebih ringan, aplikasi ini juga sangat hemat kuota karena tidak dilengkapi dengan fitur IGTV dan Reel.

Meskipun tidak semua fitur tersedia seperti halnya aplikasi Instagram pada umumnya, namun penggunakan tetap akan dimanjakan dengan fitur yang telah tersedia. Yang paling penting adalah pengguna tidak perlu khawatir boros kuota karena aplikasi ini terbukti ampuh untuk menekan penggunaan kuota.

4. Mematikan Notifikasi

Seringkali aplikasi Instagram memberikan notifikasi yang tidak terlalu penting. Selain mengganggu pemandangan, notifikasi ini juga dapat membuat boros kuota. Untuk itu, perlu dilakukan non aktif notifikasi. Cara mematikannya dengan klik menu Settings kemudian klik Push Notifications dan pilih Off. Jika tetap ingin menerima notifikasi dari orang tertentu juga dapat diatur sendiri sesuai pilihan. Meskipun cara hemat kuota instagram ini hanya sedikit namun setidaknya sudah berusaha untuk meminimalisasinya.

5. Mengaktifkan Data Server

Bagi pengguna android nougat dapat mengaktifkan Data Server guna menghemat penggunaan kuota. Selain berdampak pada Instagram, Data Server juga mampu menekan penggunaan kuota untuk aplikasi yang lainnya. Menu untuk mengaturnya berada di Android Settings kemudian klik Data Usage yang berada di kolom Wireless & Network. Keuntungan dari mengaktifkan data server ini adalah dapat mengurangi bitrate yang ada pada video, resolusi gambar, mengkompres data, dan menghilangkan fungsi yang dirasa terlalu boros kuota. Keuntungan ini harusnya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pengguna.

Cara hemat kuota Instagram tersebut harus dipraktekkan jika menginginkan kuota tidak cepat habis. Perlu diketahui bahwa Instagram merupakan aplikasi yang menarik sehingga membuat candu untuk membukanya lagi dan lagi. Oleh sebab itu, sebagai pengguna harus bijak dalam menggunakannya agar lebih irit kuota.