Resep Mango Sticky Rice yang Gurih dan Nikmat

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Membuat Mango Sticky Rice_Apakah Anda termasuk orang yang sedang mencari tentang resep mango sticky rice ?. ya ya ya, mangga memang menjadi salah satu jenis buah favorit bagi banyak orang. Dagingnya tebal dan rasanya begitu manis. Variasinya juga sangat beragam, ada mangga manalagi, mangga harum manis, mangga apel, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Resep Mango Sticky Rice

Semua jenis buah ini memiliki keunikan rasa tersendiri. Buat Anda yang sedang mencari olahan buah menarik ini, mango sticky rice bisa menjadi solusinya. Jajanan ini memiliki rasa gurih ditambah irisan mangga manis serta disiram kuah santan. Bagi orang Indonesia, hal ini sepertinya aneh. Namun, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba membuatnya.

A. Bahan-bahan untuk Membuat Mango Sticky Rice

Untuk mencoba mengeksekusi resep mango sticky rice, Anda bisa mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut beberapa bahan untuk dipersiapkan.

  1. 250 gram beras ketan . Cuci terlebih dahulu dan rendam dalam waktu kurang lebih 2 jam.
  2. 400 ml air
  3. 100 ml santan kental
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1 lembar daun pandan, ikat
  6. 1 sendok tepung tepung maizena. Larutkan tepung dengan menggunakan 2 sendok makan air
  7. 1-2 buah mangga sesuai selera, potong-potong
  8. Wijen sangrai secukupnya untuk taburan

Bahan-bahan bisa dipilih dengan kualitas terbaik untuk menghasilkan rasa yang menggugah selera. Anda juga bisa memilih taburan lain untuk menggantikan biji wijen sangrai.

B. Cara Membuat Mango Sticky Rice

Apakah Anda sudah tidak sabar mencoba resep mango sticky rice? Langsung saja, berikut langkah-langkah untuk dilakukan.

  1. Kukuslah beras ketan yang telah direndam selama dua jam. Kukus dalam waktu 10-15 menit saja sampai beras ketan setengah matang!
  2. Campurkanlah air, santan, gula pasir, garam, dan daun pandan dalam sebuah wadah. Masak hingga mendidih sambil terus mengaduknya. Jika rasa masih kurang manis, tambahkan gula pasir sesuai selera!
  3. Siapkanlah mangkuk dengan ukuran sedang. Pindahkanlah ketan setengah matang yang sudah dikukus dalam mangkuk tersebut!
  4. Tuangkan larutan santan dan gula yang sudah dimasak pada mangkuk berisi beras ketan. Tunggu hingga santan terserap oleh ketan dengan sempurna!
  5. Kukuslah kembali ketan tersebut selama kurang lebih 20 menit / hingga matang sempurna!
  6. Untuk membuat saus, Anda bisa mendidihkan kembali larutan santan yang tersisa. Tambahkanlah larutan maizena dan gula. Masak sambil terus mengaduknya hingga saus bisa mengental!
  7. Untuk menyajikannya, siapkanlah piring saji terlebih dahulu. Ambillah ketan secukupnya. Tambahkan potongan buah mangga yang telah disiapkan. Tuangkan saus di atas ketan. Tambahkan taburan wijen agar lebih menarik!
  8. Mango sticky rice siap untuk dihidangkan!

Menu ini sangat cocok dinikmati bersama sahabat dan keluarga. Selain mengenyangkan, kudapan ini rupanya juga kaya akan gizi. Dengan membuat mango sticky rice sendiri di rumah, rasa dan kualitasnya bisa lebih dipercaya. Cobalah resep mango sticky rice di waktu luang sebagai kudapan menarik untuk keluarga Anda di rumah.

Itulah Resep dan Cara Membuat Mango Sticky Rice. Semoga bermanfaat.