5 Cara Melacak Akun IG Penipu Tanpa Ribet

 Platform instagram telah sukses menarik perhatian masyarakat Indonesia, hal tersebut terbukti dengan jumlah pengguna yang kian meningkat tiap tahunnya. Namun dibalik itu semua, terdapat berbagai kejahatan kriminal seperti faker dan penipuan. Berikut adalah rangkuman cara melacak akun IG penipu dengan prosedur yang simpel:

5 Cara Melacak Akun IG Penipu Tanpa Ribet

1. Melihat Identitas Akun

Banyak kriminal dan penipuan yang terjadi di instagram, untuk menghindarinya para instagram telah memberikan fasilitas berupa keterangan suatu akun. Cara mengetahui rinciannya adalah menekan titik tiga pada profil kemudian memilih ‘about this account’, dengan begitu riwayat uname akan ditampilkan. Nama user yang bergonta-ganti patut dicurigai, bisa saja itu dilakukan untuk mencari korban baru.

Namun bukan berarti akun yang sering berganti uname mengindikasikan milik seorang penipu, bisa saja dilakukan untuk kepentingan lain. Nama pengguna yang patut dicurigai adalah dengan frekuensi penggantian sering dan pemilihan uname yang terlalu tidak masuk akal.

2. Melacak Foto Akun

Para penipu dan faker cenderung akan menggunakan foto palsu untuk dipasang dalam media sosial untuk menghindari pelacakan polisi. Namun terdapat cara mudah untuk mengetahui sumber foto terkait, yaitu menggunakan reverse image pada mesin pencarian google. Jika foto pada postingan mengindikasikan miliki orang lain, maka akun tersebut patut untuk di curigai.

Penggunaan foto publik figur juga sering sekali digunakan para faker untuk memalsukan identitasnya. Hal tersebut telah menyalahi ketentuan dari pihak instagram, jadi melaporkan akun tersebut telah membuat suatu gerakan kecil untuk menumpas penipuan.

3. Memperhatikan Jumlah Following

Cara melacak akun IG penipu selanjutnya adalah dengan melihat jumlah akun yang diikutinya. Jika following berjumlah lebih dari lima ribu sedangkan followers hanya ratusan jumlahnya, maka akun tersebut perlu diwaspadai.

Jumlah following yang tidak masuk akal bisa saja mengindikasikan spam atau hanya untuk mendapatkan perhatian banyak akun. Apalagi jika pengguna tidak pernah mengunggah atau jumlah postingan yang terlalu banyak, hal itu mencirikan bahwa user ingin menutupi identitasnya.

4. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Tersedia cukup banyak aplikasi gratis yang dapat membantu pengguna memastikan bahwa akun instagram tersebut bukan faker, salah satunya adalah Tracker for Instagram Followers and Posts. Platform yang dapat diunduh secara gratis melalui Play Store tersebut dapat melacak informasi dasar pengguna lainnya secara anonim.

Selain itu terdapat banyak aplikasi berbasis scanning yang tersebar di Google Play ataupun iStore. Platform tersebut bisa menampilkan beberapa rangkuman rincian tentang identitas akun yang sebenarnya, apakah akun tersebut aktif atau tidak.

5. Memperhatikan Penggunaan Tag dan Hashtag

Memperhatikan hashtag yang dituliskan pada caption juga merupakan cara melacak akun IG penipu yang sering dilakukan sebagian orang. Faker akan menuliskan hashtag secara acak dan melampaui batasan untuk mendapat engagement tinggi. Penggunaan tag secara random serta tidak masuk akal memang sangat meresahkan bagi pengguna lainnya apalagi jika dilakukan secara berulang-ulang.

Hashtag pada suatu postingan belum tentu menjadi ciri akun penipu, bisa jadi memang untuk menyebarkan informasi penting mengenai suatu hal. Namun jumlah faker yang mencari pengikut dengan menuliskan hashtag viral juga tidak sedikit, cirinya adalah konsistensi spam hashtag yang dilakukan.

Diatas merupakan 5 cara melacak akun IG penipu dengan simple dan tanpa ribet. Para pengguna Instagram yang tidak memiliki kejelasan identitas diri perlu untuk diwaspadai untuk menghindari kriminalitas yang tidak diinginkan.