Resep Papeda untuk Dijual Maupun Rumahan

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Membuat Papeda untuk Jualan maupun Rumahan_Bagi Anda yang belum pernah mencoba mengolah resep papeda, bisa banget cobain kuliner khas Papua satu ini di rumah. Selain rasanya yang unik, ternyata papeda ini memiliki cita rasa yang khas dan tentunya super enak. Makanan ini terbuat dari bahan sagu dan biasa dinikmati dengan bumbu yang berkuah kuning.

Resep Papeda untuk Dijual Maupun Rumahan

Jika ingin merasakan nikmatnya makan papeda, Anda tidak perlu harus pergi ke Papua kok. Mulai sekarang, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan resep dari kami ini. Tentunya, kami akan memberikan Anda ilmu memasak  papeda yang super gampang.

Papeda

A. Bahan Membuat Papeda

Berikut ini beberapa bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat papeda kuliner khas Papua, di antaranya:

1. Garam secukupnya
2. Kaldu ayam secukupnya
3. 1/4 tepung sagu
4. 2 siung bawang putih
5. 4 gelas air

B. Cara Membuat Papeda yang Enak dan Praktis

Berikut ini beberapa cara dalam membuat papeda, bagi Anda pecinta kuliner khas Indonesia salah satunya Papua, silakan ikuti langkah-langkah ini.

1. Pertama, Anda perlu merebus air kurang lebih sebanyak 3 gelas air di dalam panci.

2. Setelah itu, campurkan tepung sagu, garam, bawang putih, dan  kaldu ayam yang sudah di blender halus dengan segelas air, kemudian aduk di mangkok.

3. Berikutnya, tuang air yang telah mendidih ke dalam campuran tepung sagu tadi. Aduk secara perlahan hingga campuran mengental. 

4. Terakhir, papeda ala rumahan sudah siap disantap.

Namun, makan papeda tidak lengkap rasanya jika tidak disajikan dengan kuah kuningnya. Maka dari itu, Anda juga harus mengikuti resep papeda pada proses pembuatan kuah kuning. 

Bahan Kuah Kuning

Berikut ini beberapa jenis bahan yang diperlukan untuk membuat kuah kuning campuran papeda, diantaranya:

1. 500 gram ikan tongkol berukuran sedang (jenis ikan boleh bebas)
2. 1 potong kunyit
3. 1 potong lengkuas
4. 1 potong jahe berukuran kecil
5. 1 potong kencur berukuran kecil
6. 3 buah kemiri
7. 2 buah cabai
8. 2 buah tomat
9. 5 buah belimbing wuluh
10. 4 siung bawang merah
11. 2 siung bawang putih
12. 2 buah sereh
13. Kemangi 
14. Daun jeruk 
15. Daun salam 
16. Merica 
17. Ketumbar 
18. 200 ml air

Cara Membuat Kuah Kuning dengan Bumbu Sederhana

Jika bahan-bahan sebelumnya sudah selesai dipersiapkan, kini saat bagi Anda untuk membuat kuah kuning sebagai pendamping papeda. Berikut cara mengolah resep papeda dengan kuah kuning.

1. Pertama, haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, kencur, jahe, kunyit lengkuas, caranya yaitu cukup dikeprek tetapi jangan sampai halus. Lalu, tumis bumbu halus dengan diberi daun jeruk, daun salam dan juga sereh. Biarkan bumbu sampai beraroma harum.

2. Setelah itu, tambahkan air dan ikan yang telah dipotong sedang. Tambahkan juga tomat dan belimbing wuluh yang sudah diiris, beserta cabai Anda suka pedas. 

3. Kemudian, taburkan garam dan gula secukupnya. Lalu, didihkan hingga matang. 

4. Terakhir, papeda dengan kuning siap disajikan.

Beberapa cara mengolah resep papeda di atas diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang penasaran dan belum pernah mencoba kuliner khas Papua ini.