Resep Tahu Crispy yang Renyah dan Enak

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Membuat Tahu Crispy_Tahu merupakan salah satu makanan yang terkenal dengan kandungan protein, ternyata dapat dikreasikan dengan resep tahu crispy yang populer saat ini. Penyajian olahan makanan ini bisa ditambahkan dengan cocolan saos ataupun cabe rawit untuk memberikan sensasi pedas nikmat dan kombinasi gurihnya rasa makanan pendamping ini.

Resep Tahu Crispy yang Renyah dan Enak

Dengan kandungan gizi yang tinggi olahan camilan crispy ini bisa dinikmati oleh segala umur dari mudah hingga orang tua. Biasanya tahu digunakan untuk camilan maupun makanan pelengkap hidangan utama. Tahu yang digunakan untuk olahan crispy ini adalah tahu sumedang atau pong, karena mempunyai tekstur lembut.

Tekstur lembut di bagian luar dan jika digoreng akan terdapat rongga pada bagian dalam. Hal ini membuat tahu sumedang atau pong cocok untuk dijadikan camilan crispy. Resep tahu crispy ini akan menghasilkan rasa yang gurih dan tekstur renyah.

A. Bahan-Bahan yang Digunakan 

Agar tahu crispy menjadi enak dan renyah, berikut ini beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat tahu crispy.

  1. 25 buah tahu sumedang/ pong, potong persegi sesuai keinginan
  2. 800 gram tepung terigu
  3. 1 butir telur
  4. 5 sendok makan tepung maizena
  5. 1 sendok teh baking powder
  6. 1/2 sendok teh garam
  7. 1/2 bungkus penyedap rasa
  8. Minyak goreng secukupnya
  9. Air matang secukupnya

Bahan-Bahan Bumbu

  1. 5 siung bawang putih
  2. 1/2 sendok teh garam
  3. 1/4 sendok teh merica bubuk
  4. 2 gelas air matang 

B. Cara Membuat Tahu Crispy

Berikut ini cara dalam pembuatan tahu crispy

1. Hal yang pertama kita lakukan pada resep tahu crispy adalah mengukus tahu yang akan digunakan sekitar 15 menit lamanya. Jika sudah sisihkan dan tunggu mendingin.

2. Untuk membuat bumbu, haluskan semua bahan seperti bawang putih, garam, bubuk merica dan lainnya. Dapat menggunakan ulegan atau blender.

3. Ambil bahan yang sudah didinginkan tadi dan rendam dalam bumbu yang sudah dibuat sebelumnya tadi. Setelah itu simpan di kulkas, bukan di bagian freezernya selama 20 menit, hal ini membuatnya menjadi lebih renyah. 

4. Sembari menunggu bahan tersebut yang direndam dalam bumbu tadi, buat adonan crispynya. Pertama-tama sediakan wadah untuk adonan, tuangkan tepung terigu, tepung maizena, telur ayam, penyedap rasa, garam dan baking powder. Aduk-aduk adonan tersebut hingga tercampur secara merata.

5. Saat mencampur adonan di atas tuangkan air sedikit demi sedikit hingga adonan terasa agak encer.

6. Adonan sudah siap dan Anda bisa keluarkan bahan utamanya dari kulkas sebelumnya. Masukkan semua bahan utama tersebut ke dalam adonan crispy dan ratakan dengan cara mengguling-gulingkan ke kanan kiri agar adonan bisa lebih menempel.

7. Sediakan wajan yang akan digunakan untuk menggoreng, dan sudah berisi minyak goreng. Jangan lupa minyak goreng harus dalam keadaan panas.

8. Goreng, tunggu hingga berwarna kuning kecoklatan dan tiriskan minyaknya. Tahu siap dinikmati.

Untuk menikmati camilan crispy ini Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu tabur seperti bumbu balado, barbeque, keju, jagung manis dan lainnya. Tahu crispy yang dibuat ini berbeda dengan yang biasa Anda temui di penjual-penjual pinggir jalan, karena resep tahu crispy ini menggunakan rempah-rempah tambahan untuk menambah cita rasa.