Begini Cara Hemat Kuota Tiktok Paling Ampuh dan Mudah

 Tiktok merupakan salah satu aplikasi media sosial yang saat ini sangat digandrungi oleh masyarakat. Bahkan aplikasi ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh nomor 2 setelah Whatsapp di tahun 2019. Aplikasi tiktok ini cukup boros kuota karena aplikasi yang berisi berbagai macam video. Namun tenang saja, ada banyak cara hemat kuota Tiktok yang bisa dilakukan.

Begini Cara Hemat Kuota Tiktok Paling Ampuh dan Mudah

Aplikasi Tiktok sendiri sudah menarik 20 juta masyarakat Indonesia, saking populernya aplikasi ini. Biasanya video dalam aplikasi Tiktok beragam, ada tips dan trik, challenge, resep masakan, dan berbagai video asik lainnya. Untuk menghemat kuota aplikasi Tiktok juga sangat mudah untuk dilakukan. Simak baik-baik caranya dibawah ini :

1. Mengaktifkan Fitur Hemat Data

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk menghemat kuota Tiktok adalah dengan mengaktifkan fitur hemat data. Dengan menggunakan cara ini, kuota untuk penggunaan Tiktok akan lebih hemat dari biasanya. Fitur ini sudah ada di aplikasi Tiktok itu sendiri. Cara mengaktifkannya pun terbilang sangat mudah.

Cukup buka aplikasi Tiiktok, lalu buka profil yang terletak di bagian kanan atas. Kemudian pilih menu Pengaturan dan Privasi. Nah, pada bagian bawah akan terdapat menu Data Saver yang bisa dibuka. Biasanya, pada menu Data Saver akan berada pada posisi off. Untuk mengaktifkannya, cukup diposisikan pada posisi on.

2. Mengubah Setelan Unduh

Berikutnya adalah dengan mengubah setelan unduh. Maksud dari mengubah setelan unduh adalah mengubah pengaturan unduh otomatis video yang ditonton di aplikasi Tiktok. Jika ternyata unduh otomatis ini aktif, bisa dipastikan anda akan boros kuota. Untuk mengubahnya juga sangat mudah.

Cukup pergi ke menu profil dan klik menu pengaturan. Setelah itu klik pada bagian penyimpanan dan akan muncul menu penggunaan data. Nah, pada menu ini pilih menu unduh otomatis video. Kemudian bisa mencentang menu “saat menggunakan data seluler” dan akan muncul tampilan lain. Semua tanda centang pada tampilan ini bisa dihilangkan. Pencet OK dan selesai!

3. Ubah Pengaturan Manajemen Waktu

Cara selanjutnya adalah dengan mengubah manajemen waktu. Dengan mengubah pengaturan manajemen waktu, maka menggunakan aplikasi Tiktok bisa dibatasi durasi penggunaannya. Mengatur waktu penggunaan tiktok ini bisa bebas sesuai keinginan pengguna ingin sampai berapa lama.

Untuk mengatur manajemen waktu, pengguna cukup pergi ke menu Pengaturan dan Privasi. Setelah itu masuk ke menu kesejahteraan digital. Nah, akan muncul menu manajemen waktu layar, klik lalu atur durasi penggunaan tiktok yang diinginkan. Setelah itu, klik aktifkan dan masukkan password yang berguna sebagai pengingat ketika  pengguna melebihi batas.

4. Membatasi Data

Cara terakhir adalah dengan membatasi data seluler yang digunakan untuk aplikasi Tiktok. Menu pembatasan data biasanya ada di pengaturan seluler masing-masing. Bisa dipastikan bahwa semua seluler apapun terdapat menu ini.

Nah, untuk membatasi penggunaan data Tiktok, pengguna bisa masuk menu pengaturan seluler masing-masing. Lalu pilih menu koneksi dan masuk ke data usage. Setelah itu klik menu mobile data usage dan pilih Tiktok. Nah, pada menu allow background data usage klik non aktifkan. Data pun sudah dibatasi.

Nah, diatas merupakan 4 cara hemat kuota Tiktok paling ampuh dan tentunya sangat mudah dilakukan. Dengan menggunakan cara-cara diatas, tidak perlu khawatir boros kuota ketika membuka aplikasi Tiktok. Yuk segera dicoba!