Jangan Panik! Berikut 5 Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di HP Android, Segera Praktikkan!

 Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di HP Android_Ponsel Android adalah perangkat yang berguna untuk merekam, menyimpan, menonton, dan berbagi video. Ini benar-benar membuat frustasi ketika video tidak bisa diputar dengan benar atau memunculkan error. Apalagi jika video yang tidak dapat diputar itu penting atau berisi kenangan yang berharga. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android yang dapat dicoba.

Jangan Panik! Berikut 5 Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Android, Segera Praktikkan!

Ada banyak alasan mengapa video tidak dapat diputar di ponsel Android. Contohnya video yang memang rusak, pemutar video yang sudah usang, atau mungkin kartu SD tempat video itu disimpan yang rusak. Selain yang disebutkan itu, juga masih ada sederet alasan lainnya. Namun apapun alasannya, akan selalu ada solusinya. Berikut adalah 5 cara yang dapat coba dilakukan untuk memperbaikinya:

1. Unduh Ulang Video

Apabila video yang tidak dapat diputar adalah video hasil unduhan dari internet, mungkin kerusakan video disebabkan proses pengunduhannya yang terputus. Kerusakan itulah yang kemudian membuat video tersebut tidak dikenali secara normal oleh Android.

Selain itu, terkadang ada gangguan lain selama pengunduhan atau transmisi video yang dapat juga menyebabkan kerusakan data video. Untuk mengatasinya, unduh ulang video lalu putar lagi di Android dan lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum.  

2. Mulai Ulang Perangkat Android

Memulai ulang ponsel Android adalah cara pemecahan masalah paling sederhana yang dapat membantu pemutaran video agar dapat kembali normal. Tutup semua aplikasi di ponsel. Tekan tombol daya hingga muncul beberapa pilihan. Klik ‘mulai ulang’ atau ‘restart’. Tunggu sampai ponsel Android mati dan menyala kembali. Jika sudah menyala, buka 'Galeri' dan periksa apakah video sudah dapat diputar atau belum.

3. Hapus Data Cache, History, dan Cookies di Ponsel Android

Data cache diperlukan untuk mengurangi waktu pemuatan. Namun membersihkan cache juga penting sebagai cara untuk mengatasi sejumlah masalah yang mungkin timbul karena data cache yang rusak. Contohnya adalah masalah di mana Android tidak dapat memutar suatu video.

Untuk menghapus data cache di ponsel Android, buka aplikasi 'Pengaturan'. Pilih menu 'Penyimpanan' atau 'Manajer Aplikasi' kemudian ketuk 'Hapus Cache'. Jika sudah selesai, kembali ke 'Galeri' untuk mencoba memutar video lagi. Jika masih tidak bisa diputar, cobalah untuk membersihkan cookies dan history pada browser di Android. Biasanya itu juga dapat menjadi cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android.

4. Perbarui Aplikasi Pemutar Video

Masalah video yang tidak dapat diputar di Android juga dapat disebabkan oleh aplikasi pemutar video yang sudah ketinggalan zaman alias kadaluarsa. Oleh karena itu, cobalah untuk memperbarui aplikasi yang digunakan sebagai pemutar video.

Pengguna Android dapat pula memilih untuk menggunakan pemutar video seperti VLC, yang dapat mengenali hampir semua format video umum. Selain itu, untuk memutar video dari YouTube atau situs web berbagi video lainnya, perbarui juga aplikasi browser ke versi terbaru.

5. Perbarui OS Android

Untuk memperbaiki masalah video yang tidak diputar, pengguna dapat pula mencoba memperbarui OS Androidnya. Namun sebelum memperbarui OS Android, disarankan untuk selalu mencadangkan data seluler seperti kontak, foto, video, dan lain-lain.

Meskipun pembaruan OS tidak menyebabkan kehilangan data tetapi kesalahan teknis selama proses tersebut dapat menyebabkan hilangnya atau rusaknya informasi ponsel. Jadi lebih baik untuk melakukan pencegahan daripada menyesal kemudian.

Demikianlah 5 cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android. Ada banyak sekali kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi saat pemutaran video. Oleh karena itu, cara untuk memperbaikinya juga tentunya lebih dari banyak dari yang telah disebutkan. Jadi, kalau bisa, telusuri terlebih dahulu apa yang menyebabkan suatu video tidak dapat diputar di Android. Baru kemudian cari solusinya.