Ini Dia Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh

 Salah satu ilmu yang harus diketahui oleh pengguna HP adalah ilmu yang terkait dengan cara memperbaiki lcd HP yang rusak karena jatuh maupun karena tertindih. Nah, jika pengetahuan ini sudah diketahui, tentunya ketika terjadi masalah dengan layar atau LCD ponsel, pengguna bisa memperbaikinya sendiri.

Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh

Pada artikel teknologi smartphone berikut ini, akan dijelaskan tentang cara memperbaiki lcd HP yang sudah rusak karena jatuh. Namun, sebelum itu, harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari masalah ini. Jadi, silakan disimak, ini ulasan selengkapnya:

Penyebab Lcd HP Rusak saat Jatuh

Ada beberapa penyebab, mengapa LCD HP mudah rusak jika HP terjatuh. Penyebab-penyebab ini perlu diketahui paling tidak untuk dijadikan sebagai pedoman pencegahan yang serius. Untuk itu, silakan dibaca ini penyebab-penyebab yang dimaksud:

1. Terjatuh dengan Keras

Jika Hp terjatuh dengan pelan, biasanya tidak akan langsung berefek pada kerusakan layar LCD. Nah, jika HP terjatuh dengan keras tentu wajar kalau LCD HP mengalami kerusakan seperti mengalami retak bahkan LCD menjadi pecah.

Untuk mengantisipasi hal ini, tentunya harus berhati-hati ketika membawa ponsel. Termasuk menghindari kebiasaan buruk meletakkan ponsel di saku baju yang berpotensi membuat HP jatuh ketika menunduk.

2. Terjatuh dan Terbentur dengan Keras

Penyebab LCD HP rusak karena terjatuh berikutnya, biasanya terjatuhnya berbenturan dengan benda yang keras. Ironisnya, benda tersebut langsung bersentuhan dengan LCD yang biasanya terjatuh dengan posisi LCD ada di bawah. Dua penyebab inilah yang sejatinya membuat LCD pecah jika HP terjatuh. Sedangkan jika dua hal di atas tidak terjadi, tentu LCD mungkin masih bisa kita selamatkan.   

Cara Memperbaiki Lcd HP yang Rusak karena Jatuh

Setelah mengetahui penyebab HP terjatuh lalu LCD-nya pecah, maka berikutnya, harus mengetahui bagaimana cara memperbaiki lcd HP yang rusak karena jatuh supaya ketika masalah ini sudah terlanjur terjadi bisa diselesaikan dengan baik. Ini cara yang dimaksud:

1.  Oleskan Pasta Gigi pada LCD

Jika LCD HP rusak baret, maka cara untuk memperbaikinya sangat mudah. Bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, karena yang dibutuhkan hanya pasta gigi saja. Caranya silakan oleskan sedikit pasta gigi pada LCD HP yang baret. Setelah itu, diamkan beberapa menit baru dihapus sampai bersih. Setelah itu baru, ponsel bisa digunakan kembali. Bagaimana cukup mudah bukan?

2. Aktifkan Fitur Anti-Flicker

LCD Flickering merupakan kerusakan paling ringan untuk ponsel yang diakibatkan oleh jatuh. Sekalipun demikian, jika dibiarkan tentu penggunaan ponsel menjadi tidak nyaman. Apalagi jika sudah kadung muncul garis-garis panjang dan bergerak yang semakin lama semakin banyak.

Untuk masalah ini, tinggal menekan tombol daya beberapa detik. Setelah itu, akan muncul fitur Pop Up Safe Mode, lakukan sinkronisasi Reboot lalu klik Oke. Cara yang kedua silakan menggunakan HP lain lalu aktifkan fitur anti-flicker. Caranya buka kamera di HP tersebut lalu klik pengaturan, pilih anti flickering. Setelah itu silakan bidik HP yang rusak dengan kamera tersebut.

3. Memperbaiki LCD Dead Pixel

Kerusakan LCD yang paling umum terjadi adalah LCD Dead Pixel. Ini merupakan bentuk kerusakan yang terparah dan membutuhkan teknik perbaikan yang lebih rumit. Cara untuk memperbaiki LCD yang mengalami masalah ini ialah lepas baterai dan sim card. Setelah itu, masukkan kembali setelah kondisi sim card dan baterai dingin. Jika cara ini masih belum beres, berarti LCD perlu dibawa ke servis.

Itulah beberapa cara memperbaiki Lcd HP yang rusak karena jatuh. Semoga apa yang sudah diinformasikan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat. Untuk itu, silakan dibaca sampai selesai.