Cara Membuka File Heic di HP Android

 Kemampuan dan daya dukung setiap setiap file yang dihasilkan oleh setiap perangkat berbeda-beda. Termasuk dengan file heic yang dipergunakan oleh Apple sebagai pendukung format gambarnya. Hal yang disayangkan yaitu, tidak semua perangkat mendukung untuk format tersebut, sehingga dibutuhkan cara membuka file heic di hp Android. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara Membuka File Heic di HP Android

Apakah yang Dimaksud dengan Format Heic?

Penamaan dalam sebuah format file diantaranya yaitu terdapat Heic yang merupakan format sebuah file. Sayangnya hanya dapat digunakan oleh perangkat tertentu saja, sehingga cara membuka file heic di hp Android saat ini banyak dicari. Oleh sebab itu, banyak pengembang yang berusaha mencari solusi agar format tersebut dapat diidentifikasi berbagai perangkat.

Fungsi yang terdapat didalamnya yaitu sebagai sebuah metode untuk menyimpan gambar dengan cara yang lebih efisien. Kemudian lahirlah Heif yang dipergunakan sebagai standar baru, sehingga menghasilkan kualitas foto digital yang lebih kecil. Hal ini merupakan alternatif yang dapat dipergunakan untuk merubah selain dari format Jpg.

Keunggulan yang dimiliki oleh format ini juga sangat menarik, dimana kemungkinan di masa mendatang dapat menggantikan format Jpg. Pada segi kualitas gambar tidak usah diragukan lagi kejernihannya, ditambah fitur transparan, animasi, gif serta 16 bit warna yang disediakan. Hal ini tentu sangat menarik untuk digunakan dan membuat rasa penasaran untuk menggunakannya.

Bagaimanakah Cara Membuka File Heic di Android?

Membuka file dengan format Heic bukanlah hal yang dapat dilakukan oleh semua perangkat. Banyak dari pengguna yang merasa kebingungan dengan format tersebut hingga akhirnya tak pernah tahu apa isi gambar yang ada didalamnya. Sekarang pengguna sudah dapat membukanya dengan beberapa cara melalui Android, yaitu:

1. Membuka file dengan Aplikasi 

Manfaatkan Google Play Store yang terdapat dalam Android untuk mendownload aplikasi lumia heic to jpg converter and viewer offline. Pengunduhan aplikasi tersebut tersedia secara gratis dan tinggal memasangkannya ke dalam smartphone. Berikut cara menggunakannya:

  • Download dan buka aplikasi tersebut pada Smartphone.
  • Pada aplikasi yang telah berjalan, akan ada tampilan konfirmasi untuk izin,
  • Pilihlah tanda tambah, kemudian pilih open single image, untuk membuka file dengan format Heic.
  • Jika sudah, maka pilih dan tekan tombol save as

2. Menggunakan Situs Convert

Berikutnya cara membuka format heic di hp Android yang dapat digunakan untuk melihat dan membuka file yaitu dengan  situs convert. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan perangkat yang mengharuskan untuk diinstal terlebih dahulu. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan simpel yaitu:

  • Hal pertama dilakukan agar dapat menampilkan file Heic yaitu, terlebih dahulu membuka situs convert pada browser yang tersedia.
  • Jika sudah, tarik atau drag file gambar yang berekstensikan Heic.
  • Mulai melakukan konversi dengan mengklik tombol
  • Tunggu proses yang sedang berjalan serta konversi yang sedang berlangsung hingga selesai.
  • Terakhir pengguna dapat mendownload hasil file yang telah dikonversikan tersebut.

3. Menggunakan HP Samsung

Perangkat samsung yang akan digunakan untuk membuka format heic adalah smartphone yang sudah ditipe yang mendukung. Maksudnya yaitu adalah tipe Android yang sudah terbaru dan terdapat kualifikasi membuka Heic. Pastikan dahulu sebelumnya penggunaan perangkat ini, karena tak semua merk Samsung bisa digunakan, berikut cara menggunakannya.

  • Sediakan Smartphone Samsung dengan spesifikasi seri terbaru yang mumpuni.
  • Contoh Android Samsung yang dapat digunakan salah satunya yaitu Samsung A32, A30s, A72 serta seri lainnya yang setara.
  • Jika sudah, maka pengguna hanya perlu membuka aplikasi Galeri yang terdapat didalam perangkat Samsung yang sedang digunakan.

Itulah cara membuka file Heic di HP Android yang dapat pengguna terapkan, sebelumnya pastikan perangkat yang akan digunakan. Jangan sampai konversi format ataupun penampilan dengan situs lain tidak dapat dibuka karena kurangnya ketelitian saat melihat format yang tersedia di dalam. Jadi, pastikan berhati-hati, ya!