5 Cara Melihat Arah Kiblat di HP, Dijamin Mudah!

 Menentukan arah kiblat yang  tepat merupakan hal yang penting bagi umat muslim.  Karena menghadap kiblat adalah salah satu persyaratan diterimanya salat. Namun, kini umat muslim tidak usah bingung menentukan arah kiblat. Sebab, kini melihat arah kiblat bisa melalui hp. Bagaimana cara melihat arah kiblat di hp? Inilah informasi lengkapnya:

5 Cara Melihat Arah Kiblat di HP, Dijamin Mudah!

1. Memakai Aplikasi Penunjuk arah Kiblat Qibla & Waktu Salat

Qibla adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk pengguna yang ingin mengetahui arah kiblat dari hp. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Adapun, langkah-langkahnya akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Instal aplikasi Qibla di Google Play Store.
  • Setelah selesai diinstal, bukalah aplikasi Qibla.
  • Pilih menu bergambar kompas.
  • Kemudian, sesuaikan penunjuk kompas segaris dengan foto kabah yang ada di aplikasi..
  • Selanjutnya, setelah posisi kompas sudah segaris dengan foto kabah. Maka Hp pengguna akan berguncang, pertanda pengguna sudah menemukan arah kiblat dengan tepat.

Selain itu, aplikasi Qibla mempunyai kelebihan lain, yaitu terdapat pengingat waktu salat, agenda salat 5 waktu, serta penentuan arah kiblat.  Keunggulan yang dimiliki aplikasi Qibla bisa membuat penggunanya salat tepat waktu. Sementara itu, ukuran aplikasi Qibla sangat kecil yakni, hanya 12,7 MB saja, sehingga tidak banyak memakai banyak memori smartphone.

2. Menentukan arah Kiblat Melalui Situs Qibla Finder

Qibla Finder adalah suatu alat penentu arah kiblat yang dibuat oleh Google. Situs tersebut dirancang untuk memudahkan umat muslim melihat arah kiblat di hp tanpa menggunakan aplikasi. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, kunjungi situs qiblafinderwithgoogle.com.
  • Kemudian, nyalakan peta di smartphone.
  • Langkah selanjutnya, aktifkan kalibrasi kompas sebelum menentukan arah kiblat.
  • Caranya, ikuti instruksi yang di Qibla finder.
  • Arahkan kompas ke titik putih yang terletak di bagian tengah, agar arah kiblat lebih tepat.

Qibla finder sangat membantu bagi pengguna yang ingin melihat arah kiblat di hp, sebab banyak orang yang mengeluh karena memori ponselnya penuh karena terlalu banyak aplikasi. Selain itu, aplikasi tersebut juga sangat membantu bagi wisatawan untuk mencari arah kiblat melalui situs dengan cepat.

3. Aplikasi Kompas Kiblat (Penentu Arah kiblat Khusus IPhone)

Aplikasi  kompas kiblat merupakan salah satu cara melihat arah kiblat di hp dengan simpel di perangkat IPhone. Serta, tidak membutuhkan waktu lama. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan instalasi aplikasi Kompas Kiblat di App Store.
  • Setelah selesai menginstal, bukalah aplikasinya di IPhone.
  • Kemudian, pengguna diminta mengarahkan kompas segaris dengan penanda arah kiblat.
  • Setelah arah panah segaris dengan penanda arah kiblat. Maka arah kiblat telah ditemukan.

Selain mempunyai menu untuk menentukan arah kiblat, aplikasi kompas kiblat juga memiliki menu keren yang bisa dipakai untuk meningkatkan kualitas ibadah. Apa itu? yakni menu untuk membaca kitab Al Quran hingga kompilasi doa harian.

Bahkan ada juga agenda salat 5 waktu dan  kumpulan materi khutbah Jumat. Sementara itu, aplikasi kiblat kompas bisa didapatkan gratis hanya di App Store dengan ukuran yang cukup besar yakni, sebesar 93,4 Megabyte.

4. Menggunakan Software Muslim Pro

Software  Muslim Pro adalah aplikasi terpopuler saat ini. Pasalnya, aplikasi Muslim Pro menyajikan fitur menarik bagi penggunanya. Adapun diantaranya adalah informasi waktu salat, azan yang dikumandangkan muadzin internasional, serta fitur melihat arah kiblat di hp menggunakan aplikasi Muslim Pro. Adapun cara menggunakan Aplikasi Muslim Pro untuk melihat arah kiblat adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Muslim pro yng sudah diinstal. Jika belum, maka pengguna harus menginstalnya di Google Play Store atau App Store.
  • Setujui, permohonan Muslim pro untuk menggunakan fitur peta di ponselnya, degan memencet tombol “lokasi saya”
  • Pilih opsi menu “Qibla”setelah itu, akan terlihat arahan kiblat menggunakan kompas dan peta yang ada di ponselnya. Hal itu, membuat arah kiblat menjadi tepat.

5. Qibla Koneksi Menemukan Arah Kiblat

Aplikasi Qibla koneksi menemukan arah kiblat merupakan alternatif menentukan arah kiblat. Meskipun, sekilas cara kerja hampir sama dengan aplikasi qibla yang serupa, yakni mengarahkan jarum kompas ke gambar kabah yang ada di aplikasi.

Namun, ada fitur lain di aplikasi Qibla koneksi menentukan arah kiblat, yaitu pengguna bisa mengganti model kompas agar pengguna tidak bosan, serta memberi menu lainnya. Seperti, membaca Al Quran, kompilasi doa sehari-hari, adapun menu penanda waktu salat.

Demikian,  5 cara melihat arah kiblat di hp. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi cara menentukan arah kiblat agar pengguna tidak kesulitan dalam menentukan arah kiblat ketika ingin salat dalam perjalanan.