Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Aplikasi Tambahan

 File yang tiba-tiba menghilang dari flashdisk pasti pernah dialami banyak orang. Penyebab menghilangnya file dari flashdisk pun bisa sangat bermacam-macam. Namun tenang saja, selalu ada cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Bahkan para pengguna bisa melakukannya tanpa aplikasi tambahan. Salah satu cara mengembalikan file yang terhapus dalam flashdisk adalah menggunakan fitur command prompt. Fitur ini sudah tersedia di perangkat komputer dan laptop, caranya pun sangat mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Aplikasi Tambahan

1. Memastikan Penyebab Hilangnya File

Sebelum mengembalikan file yang terhapus, hal pertama yang harus pengguna flashdisk lakukan adalah mencari penyebab hilangnya file. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa penyebab hilangnya file bisa sangat bermacam-macam. Mulai dari file yang terhidden atau tersembunyi dalam file sampai terkena serangan virus.

Jika file hilang dikarenakan flashdisk terjangkit virus, ada baiknya untuk membersihkan flashdisk dulu. Hal ini penting dilakukan agar saat dilakukan proses command prompt. Virus tidak akan masuk ke jaringan sistem.

2. Membuka Menu Command Prompt

Cara selanjutnya untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk adalah membuka menu command prompt. Caranya dengan membuka menu ‘Start’, kemudian pada kolom pencariannya ketikan ‘cmd’ tanpa tanda petik. ‘cmd’ ini adalah kode untuk mencari dan membuka menu command prompt. Kemudian tekan ‘Enter’, kira-kira hanya beberapa detik saja maka jendela command prompt akan muncul.

3. Membuka Memori Penyimpanan

Setelah tombol ‘Enter’ ditekan biasanya akan langsung terbuka jendela command prompt. Di dalam tampilan jendela tersebut akan ada kotak teks. Selanjutnya pengguna harus mengetikan ‘CD’ dalam huruf kapital pada kotak teks yang tersedia. Kemudian pengguna bisa menekan ‘Enter’ untuk melanjutkan. Kode ‘CD’ ini bertujuan agar sistem bisa mengakses memori penyimpanan yang ada di dalam perangkat komputer maupun laptop.

4. Menentukan Letak File yang Hilang

Setelah command prompt memiliki akses pada memori penyimpanan. Langkah selanjutnya adalah menentukan letak file yang hilang. Pada bagian dalam memori perangkat komputer maupun laptop, memori penyimpanan biasanya diberi banyak kode yang berbeda. Tempat penyimpanan dalam laptop maupun perangkat komputer biasanya dibedakan dengan huruf abjad kapital seperti G, H, I dan sebagainya.

Tidak terkecuali dengan flashdisk, jika disambung ke perangkat komputer atau laptop. Flashdisk akan secara otomatis menjadi bagian dari memori penyimpanan komputer. Flashdisk akan memiliki kode seperti itu jika tersambung ke perangkat komputer maupun laptop. Jika flashdisk terdata sebagai data H maka pengguna perlu menuliskan H:. Jika tersambung sebagai data G maka pengguna perlu menuliskan G: dan sebagainya. Kemudian pengguna bisa menekan ‘Enter’ kembali.

5. Memasukan Kode Perintah Untuk Mengembalikan File yang Hilang

Pada bagian dalam command prompt ada kode tertentu yang harus dituliskan oleh pengguna agar file yang hilang dapat kembali ke dalam flashdisk. Kode perintah yang harus diketik oleh pengguna pada kotak teks selanjutnya adalah ATTRIB (spasi)*.*(spasi)-S(spasi)-H(spasi)-R(spasi)/S(spasi)/D. Jika dituliskan dengan jelas maka akan menjadi seperti ini ATTRIB *.* -S -H -R /S /D. Kemudian pengguna bisa kembali menekan tombol ‘Enter’.

6. Mengecek File yang Hilang

Setelah kode perintah dimasukkan harusnya file yang hilang sudah akan kembali ke dalam flashdisk. Namun tidak ada salahnya bagi pengguna untuk mengecek kembali file yang ada di dalam flashdisk. Pengguna bisa membuka flashdisk dan mengecek apa file yang kembali sudah lengkap atau belum. Jika belum kembali atau mungkin saja sudah kembali tapi tidak lengkap.

Pengguna bisa melepas flashdisk terlebih dahulu dari perangkat komputer atau laptop. Setelah beberapa saat pengguna bisa memasangkannya lagi kemudian mengecek file kembali. Jika belum muncul juga pengguna bisa mengulangi cara command prompt di atas.

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tanpa aplikasi tambahan. Cara ini bisa dilakukan semua orang, sehingga jika file terhapus dari flashdisk. Para pengguna tidak perlu terburu-buru panik atau langsung menghubungi teknisi dengan biaya yang mahal. Cara ini bisa dilakukan terlebih dahulu sebagai permulaan.