5 Cara Melihat Prosesor Laptop dengan Mudah

 Prosesor adalah komponen yang sangat penting pada komputer atau laptop. Bagian ini memiliki peran yang sangat vital untuk menunjukkan batasan performa perangkat tersebut. Sehingga akan sangat penting untuk melihat prosesor pada perangkat yang dimiliki. Berikut ini adalah rangkuman cara melihat prosesor laptop dengan mudah.

5 Cara Melihat Prosesor Laptop dengan Mudah

Perlu diketahui bahwa cara-cara ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa tambahan perangkat lain. Tapi mungkin ada sejumlah cara yang menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Namun jangan khawatir cara-cara ini cukup mudah diaplikasikan.

1. Mengakses CPU-Z

Pembahasan pertama untuk cara melihat prosesor laptop dengan mudah adalah dengan menggunakan aplikasi CPU-Z. aplikasi ini merupakan sebuah software yang sudah sangat umum digunakan untuk mengecek spesifikasi laptop. Besar file aplikasi ini bisa dibilang cukup kecil sehingga tidak membebani laptop saat digunakan atau diinstal.

Kemudian cara menggunakan nya juga cukup mudah. Pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi ini dan diinstal pada laptop. Setelah itu secara otomatis software ini akan mendeteksi isi didalam laptop baik itu prosesor, RAM dan banyak komponen lain nya. sehingga akan menunjukkan kondisi yang sebenarnya di spesifikasi perangkat tersebut.

2. Menggunakan DXDIAG

Software lain yang dapat digunakan untuk memeriksa prosesor adalah software DXDIAG. Nama resmi dari software ini adalah DirectX Diagnostic Tool. DXDIAG ini sebenarnya adalah software bawaan windows yang memang digunakan untuk melihat spesifikasi dari suatu perangkat.

Untuk mengakses informasi dari DXDIAG cukup mudah, pengguna bisa mengetik ‘dxdiag’ pada kolom pencarian di bar menu start. Atau juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan windows+R  hingga muncul windows Run. Setelah nya masukkan ‘dxdiag’ lalu tekan enter. Kemudian akan muncul sejumlah informasi terkait spesifikasi laptop. Tentunya termasuk informasi terkait prosesor pada laptop.

3. TuneUp Utilities

Aplikasi pembantu selanjutnya yang bisa juga dipakai untuk melihat prosesor adalah TuneUp Utilities. Penggunaan aplikasi ini pada umumnya lebih digunakan untuk merawat perangkat. Sehingga dapat berbagi informasi tentang spesifikasi laptop seperti RAM dan juga prosesor.

Cara menggunakan nya mudah, yaitu dengan di instal kemudian akan ada informasi terkait perangkat dan juga cara merawat nya. aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membantu Touchpad yang bermasalah.

4. Advanced System Care

Sesuai dengan namanya aplikasi ini juga memiliki fungsi utama sebagai System care. Dimana kegunaan nya banyak pada fungsi perawatan [ada perangkat. Pada aplikasi ini akan ada menu info. Adapun di dalamnya terkandung informasi terkait perangkat tersebut.

Namun aplikasi ini punya kekurangan yang cukup penting. Yaitu file unduh serta ruang yang cukup besar. Sehingga perlu diperhatikan ketersediaan ruang penyimpanan pada perangkat untuk menggunakan aplikasi ini.

5. Menggunakan Terminal

Pembahasan di atas banyak menjelaskan software atau aplikasi bawaan dari Windows. Cara ini memberikan penjelasan untuk sistem operasi Linux. Yaitu menggunakan bantuan software bawaan Linux yaitu terminal. Software bawaan ini akan bekerja seperti CMD dan memberikan banyak informasi terkait apa saja isi dan spesifikasi sebenarnya dari laptop atau perangkat tersebut.

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengetik perintah ‘sudo ihsw’. Selanjutnya akan muncul sejumlah informasi terkait isi laptop bahkan juga informasi tentang flashdisk yang tersambung pada laptop. Bisa dibilang cara kerja nya cukup mirip dengan software atau aplikasi yang lain. Namun software ini hanya ada di Linux.

Itulah sejumlah cara melihat prosesor laptop dengan mudah dan simpel. Kebanyakan cara diatas sudah difasilitasi dengan aplikasi atau software bawaan  yang ada pada perangkat. Silahkan mencoba cara diatas dan sesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Selamat mencoba.