6 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Lemot di Laptop

 Zaman sekarang, WiFi sudah bukan lagi sesuatu yang eksklusif. Jika dulu hanya beberapa tempat yang dilengkapi WiFi, sekarang fasilitas ini ada di berbagai tempat. Banyaknya pengguna WiFi terkadang bisa menyebabkan jaringannya lambat. Cara memperkuat sinyal WiFi laptop sebenarnya tidaklah sulit, dan bisa dilakukan sendiri. Pengguna perlu mengetahui informasi ini jika suatu saat mengalami gangguan pada jaringan, apalagi tidak semua hotspot jaringannya kuat. Berikut ini cara mudahnya:

6 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Lemot di Laptop

Enam (6) Cara Memperkuat Sinyal WiFi Laptop

1. Memakai Teknologi Terbaru

Gunakan wireless card yang teknologinya tergolong baru. Ada beberapa tipe wireless yaitu A, B, G, serta N dan AC. Wireless yang termasuk dalam tipe lama adalah A, B, dan juga G. Biasanya komponen ini cenderung lebih lambat jaringannya.

Tipe yang lebih baru adalah dan AC. Kecepatan kedua tipe tersebut sudah relatif cepat. Apabila pengguna masih memakai router yang berjenis lama, sebaiknya diganti dengan yang lebih baru sehingga kecepatannya lebih maksimal.

2. Mengatur Ulang Jaringan dan Flush DNS

Bukalah Command Prompt yang ada di laptop. Caranya klik kanan lalu pilih opsi “Run As Administrator”. Dengan melakukan flush DNS, pengguna dapat mereset kembali DNS yang dipakai dalam penyesuaian informasi serta perubahan yang berlangsung dalam sebuah domain.

Cara memperkuat sinyal WiFi laptop melalui opsi ini cukup mudah, setelah Command Prompt terbuka ketik “ipconfig/flushdns” kemudian tekan Enter. Berikutnya ketik “ipconfig/renew” dan lanjutkan dengan Enter. Tutup Command Prompt, lalu coba akses internet kembali.

3. Mencari Tempat yang Sinyalnya Kuat

Usahakan tidak menaruh router pada tempat yang terhalangi tembok maupun besi. Hal ini seringkali tidak disadari, padahal letak router memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap kualitas jaringan. Jauhi juga peralatan yang memakai Bluetooth karena sinyalnya dapat mengganggu koneksi WiFi.

Apabila sinyal masih lemot, pengguna bisa mempertimbangkan untuk memakai repeater. Alat ini bermanfaat untuk menangkap serta memancarkan sinyal WiFi. Letakkan alatnya di daerah yang sulit mendapat sinyal.

4. Rutin Melakukan Reboot

Lakukan reboot pada laptop maupun router yang digunakan. Sama seperti hp, router dan laptop yang dipakai terlalu lama bisa mengalami gangguan. Lakukan reboot (mematikan dan menyalakan kembali) perangkat secara rutin. Maka dengan me-reset kembali, kondisi perangkat bisa tersegarkan dan meminimalisir bug minor yang menghalangi kinerjanya.

Jika ingin me-reboot secara otomatis dengan waktu tertentu yang ditentukan, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi bernama DD-WRT firmware. Aplikasi ini juga mampu meng-hack router sehingga kekuatan pemancarnya dapat menjadi lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

5. Memakai Software Penganalisa WiFi

Pertimbangkan untuk memakai bantuan software untuk menganalisa WiFi. Contoh yang bisa dicoba adalah free inSSIDer yang gratis dan penggunaannya cukup mudah. Cara memperkuat sinyal WiFi laptop menggunakan software yaitu dengan mengunduhnya melalui website resmi.

Fungsinya agar dapat mengetahui kanal mana saja yang penggunaannya banyak. Pilihlah kanal yang paling sedikit diisi pengguna sehingga sinyal lebih cepat. Apabila sudah mengetahui kanal yang bisa digunakan, pengguna dapat mengatur kanal melalui router yang dipakai.

6. Memanfaatkan Kaleng Bekas

Siapkan sebuah kaleng yang sudah tidak terpakai. Jika menyukai kegiatan kreatifitas, cara memperkuat sinyal WiFi laptop ini layak dicoba. Potonglah bagian atas dan bawah pada kaleng sampai tersisa beberapa cm saja. Selanjutnya potonglah bagian dalam agar terpisah.

Selanjutnya lebarkan bagian dalamnya yang telah dipotong menjadi dua tadi, lalu letakkan kaleng ini di dekat router. Opsi ini dapat menyiasati router agar mengarah ke satu tempat saja sehingga sinyalnya tidak mudah terhambat dan berubah arah.

Itu tadi beberapa cara memperkuat sinyal WiFi laptop yang dapat dipraktekkan. Keterampilan ini penting untuk dimiliki, mengingat kecepatan internet Indonesia termasuk kurang cepat di ASEAN. Padahal jumlah penduduknya sangat banyak dan memiliki mobilitas tinggi.