Waterpass (Pengertian, Fungsi, Cara Penggunaan, Ketelitian, Cara Perawatan)

Di dunia pengukuran, waterpass adalah suatu alat atau indikator yang sering ditemui di berbagai alat ukur. Waterpass sendiri sebenarnya bukanlah alat ukur sesuatu melainkan indikator sebuah alat ukur yang bertugas menunjukkan apakah alat tersebut sudah terpasang dengan benar atau tidak. Tidak semua alat ukur dilengkapi waterpass, hanya beberapa alat ukur yang memerlukan keseimbangan sempurna saja seperti timbangan.

Keberadaan waterpass ini sangat penting untuk memperoleh hasil pengukuran yang akurat. Contohnya neraca massa, saat penggunaan, neraca massa harus benar – benar diletakkan pada bidang datar dan tidak boleh miring sedikit pun. Untuk mengetahui apakah bidang tersebut sudah cukup datar, maka digunakanlah waterpass. Ingin tahu lebih jauh mengenai waterpass? Berikut kami berikan beberapa informasi penting tentang indikator ketinggian yang satu ini.

A. Pengertian waterpass
Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, waterpass adalah alat atau indikator yang digunakan untuk mengukur perbedaan ketinggian dari suatu titik acuan terhadap titik yang lain.

Tidak seperti alat ukur lain yang memiliki ukuran yang cukup besar, waterpass hanya dilengkapi dengan kaca dan gelembung kecil di dalamnya. Gelembung ini lah yang menjadi indikator apakah suatu alat sudah terpasang dengan benar atau tidak.

Umumnya waterpass tidak berdiri sendiri, melainkan sudah menyatu dengan alat ukur yang membutuhkan keseimbangan dalam penggunaannya. Waterpass biasanya bisa anda temukan di bagian belakang alat.
Waterpass (Pengertian, Fungsi, Cara Penggunaan, Ketelitian, Cara Perawatan)
B. Fungsi waterpass
Waterpass memiliki fungsi yang spesifik yaitu menentukan atau mengukur suatu benda atau pun garis apakah sudah dalam kondisi rata baik secara horizontal maupun vertikal.

C. Cara menggunakan atau membaca waterpass
Menggunakan waterpass sangatlah mudah, bahkan untuk orang awam sekalipun. Anda hanya perlu menempatkan waterpass (jika eskternal) atau meletakkan alat yang memiliki waterpass di suatu bidang datar, lalu perhatikan gelembung kecil yang terdapat di bagian tengah kaca. Jika gelembung belum pas di tengah, itu artinya alat tersebut belum horizontal sempurna, sempurnakan posisi alat lalu cek lagi hingga posisi benar – benar datar.

Sementara untuk mengecek apakah suatu alat sudah vertikal sempurana, anda bisa mengeceknya dengan melihat gelembung kecil yang ada di bagian ujung waterpass. Caranya pun sama seperti saat mengecek posisi horizontal.

D. Cara kalibrasi
Tidak seperti alat pengukur lainnya yang harus dikalibrasi berkali – kali untuk mendapatkan hasil yang akurat, waterpass sudah dikalibrasi sejak pertama kali dibuat. Ini artinya waterpass tidak perlu lagi dikalibrasi karena hasil pengukuran tidak akan pernah salah. Inilah yang menyebabkan waterpass sangat mudah digunakan meskipun oleh mereka yang masih awam sekalipun.

E. Tingkat ketelitian
Umumnya waterpass memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Alat ini mampu membaca posisi horizontal maupun vertikal dengan tingkat kemungkinan kesalahan sebesar 1.5 mm saja.

F. Cara merawat waterpass
Waterpass tidak membutuhkan perawatan yang terlalu rumit. Namun hal ini bukan berarti anda tidak harus merawat waterpass dengan baik. Beberapa tips untuk merawat waterpass antara lain :
  1. Selalu bersihkan kaca waterpass setiap sebelum dan sesudah penggunaan. Hal ini untuk menghindari kesalahan pembacaan akibat noda yang menutupi kaca
  2. Mengingat kaca waterpass cukup rentan, disarankan untuk menyimpan waterpass di tempat aman, rendah, dan jauh dari jangkauan anak – anak
  3. Simpan waterpass di tempat yang minim getaran, perubahan suhu yang drastis, dan paparan matahari secara langsung.