Fungsi Meteran Laser dan Cara Menggunakannya

Fungsi Meteran Laser dan Cara Menggunakannya_Kemajuan teknologi terbukti sukses membawa banyak dampak positif dalam kehidupan manusia. Tidak hanya aspek komunikasi dan informasi, perkembangan teknologi juga telah menyentuh berbagai aspek lain termasuk dunia pengukuran. Saat ini, kegiatan ukur mengukur sudah tidak perlu lagi menggunakan alat bantu meteran yang panjang dan juga terkesan kurang efisien.

Sekarang sudah hadir alat ukur bernama meteran laser yang siap mempermudah pekerjaan pengukuran setiap orang. Sesuai dengan namanya, meteran laser bekerja dengan menembakkan laser ke arah bidang yang akan diukur dan secara langsung memberikan data hasilnya pada layar yang tersedia, sangat simpel bukan? Lantas apa saja fungsi dari meteran laser dan bagaimana cara menggunakannya? Semuanya akan kami bahas pada ulasan berikut ini.
Fungsi Meteran Laser dan Cara Menggunakannya

A. Pengertian meteran laser
Sebelum memasuki fungsi dan cara penggunaan, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan alat canggih yang satu ini. Meteran laser atau yang lebih dikenal dengan sebutan Digital Laser Distance adalah alat ukur yang menggunakan laser sebagai media utamanya. Alat ukur ini sangat efektif jika digunakan saat tidak ada media pemantul cahaya.

Kelebihan dari alat ini adalah sangat mudah digunakan dan tingkat keakuratannya sangat tinggi, mencapai +- 1.5 mm. Meteran laser mampu mengukur hingga 100 m. Selain itu alat ukur ini juga mengukur jarak atau panjang menggunakan teori phytagoras jika pengukuran secara langsung tidak memungkinkan.

B. Cara menggunakan meteran laser
  1. Pertama Anda harus memasang baterai dengan tegangan 9 volt dan tekan tombol on.
  2. Setelah itu tentukan sasaran tembak laser yang tidak lain adalah bidang yang ingin diukur. Selanjutnya sinar laser yang memantul akan mengirimkan radiasi ke meteran elektronik dimana meteran elektronik ini nantinya akan membaca berapa panjang atau lebar bidang tersebut.
  3. Disarankan untuk menggunakannya di dalam ruangan untuk menghindari intervensi sinar matahari
  4. Jangan gunakan meteran laser pada kaca karena kaca tidak mampu memantulkan radiasi
  5. Selalu perhatikan daya baterai, karena daya baterai sangat mempengaruhi tingkat keakuratan meteran laser
  6. Selalu perhatikan waterpass agar tidak miring supaya hasil pengukuran akurat
  7. Usahakan meminimalisir gerakan ketika mengukur
  8. Minimalkan halangan pada sensor pembaca pada alat ukur untuk mendapatkan hasil yang akurat.
C. Fungsi meteran laser
  1. Mengukur jarak horizontal ketika terget tidak dapat ditargetkan secara langsung dengan alat ukur konvensional
  2. Mengukur fungsi stake out dan sudut
  3. Mengukur kemiringan memanfaatkan tilt sensor terintegrasi
  4. Mengukur jarak seseorang, luas, dan lokasi dalam kurun waktu yang sangat singkat dan juga mampu memperkirakan jarak yang jauh serta tempat yang sulit dijangkau alat ukur konvensional
D. Cara merawat meteran laser
  1. Simpan meteran laser di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung
  2. Bersihkan meteran laser menggunakan kain kering bersih, terutama pada bagian sensor pembaca
  3. Jauhkan dari jangkauan anak – anak karena sinar laser sangat berbahaya bagi mata
  4. Untuk menghindari kebocoran baterai, keluarkan baterai ketika sedang tidak digunakan
Meteran laser digital atau digital laser distance sendiri memiliki dua jenis yaitu Digital Distance Meter Laser dan Fluke Distance Meter Laser yang masing – masing memiliki fungsi spesifik yang berbeda. Selain itu, kelebihan lain dari meteran ini adalah anda tidak perlu lagi mengkalibasinya secara manual karena Meteran laser mampu mengkalibrasi dirinya sendiri secara otomatis.
Itulah beberapa informasi tentang meteran laser. Semoga bermanfaat.