Cara Pilot Mencari Jalan di Udara

Bagaimana Cara Pilot Mencari Jalan di Udara?_Berkendara atau mengemudi kendaraan di darat dan di laut sangat berbeda dengan berkendara di udara. Di darat maupun laut, kita masih dapat melihat rambu-rambu atau juga bangunan tertentu yang bisa kita jadikan sebagai patokan saat menuju suatu tempat, tapi tidak dengan di udara. Di udara tidak ada rambu-rambu jalan atau bangunan tertentu yang bisa dijadikan acuan bagi seorang Pilot saat ia menerbangkan pesawat menuju atau kembali ke sebuah bandara. Lalu bagaimana cara Pilot mencari jalan di udara agar bisa sampai di bandara yang dituju tanpa tersesat?. Sebelum terbang, seorang Pilot diberikan Flight Plan untuk terbang ke bandara yang dituju. Pada Flight Plan disebutkan rute penerbangan, durasi penerbangan, ketinggian, data-data fuel (bahan bakar), berat muatan kargo serta penumpang,  dan beberapa informasi lainnya.
Cara Pilot Mencari Jalan di Udara
Di dalam Cockpit (ruangan khusus yang terdapat di bagian depan pesawat dimana pilot mengendalikan pesawat terbang) terdapat Kompas yang berfungsi untuk menunjukkan arah kepada Pilot. Jarum Kompas selalu menunjuk ke arah utara, dengan diketahuinya arah utara, maka arah selatan, timur dan barat juga bisa diketahui oleh Pilot. 

Selain itu, di dalam Cockpit juga terdapat instrumen navigasi canggih seperti GPS dan FMS. Melalui panel navigasi tersebut, pilot dapat mengetahui posisi pesawat di udara. Kompas dan navigasi secara sinergi membantu Pilot untuk mengarahkan pesawat terbang ke tujuan.

Pilot juga menggunakan Route Chart sebagai peta yang digunakan untuk cross check posisi pesawat saat terbang. Route Chart dapat digunakan oleh Pilot untuk mengetahui pesawat telah sampai di wilayah mana.

Selain itu, perjalanan di udara juga dibantu oleh Satelit yang membatu Pilot di udara. Selama terbang di udara, pesawat mengirimkan gelombang listrik khusus di atas  tanah. Gelombang listrik yang sampai ke permukaan bumi kemudian dipantulkan kembali ke Satelit, yang lalu mengirim informasi kepada Pilot mengenai posisi pesawat dengan jelas. 

Demikian artikel tentang cara pilot mencari jalan di udara. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Pilot Mencari Jalan di Udara"