Cara Mengirimkan Sitemap / Peta Situs Blogger ke Google Search Console Agar Blog Cepat Diindeks oleh Mesin Pencari Google

Cara Mengirimkan Peta Situs sitemap.xml dan sitemap-pages.xml ke Google Search Console Agar Blog Cepat dan Mudah Diindeks oleh Mesin Pencari Google_Apa itu peta situs?, berdasarkan https://developers.google.com/ , peta situs adalah file yang digunakan untuk memberikan informasi tentang halaman, video, dan file lainnya di situs Anda, serta hubungan antara elemen-elemen tersebut. Mesin telusur seperti Google membaca file ini untuk meng-crawl situs Anda dengan lebih efisien. Peta situs memberi tahu Google tentang halaman dan file mana saja yang Anda anggap penting di situs Anda, serta memberikan informasi yang berguna tentang file tersebut. Misalnya, kapan terakhir kali halaman diperbarui dan apa versi bahasa lain halaman tersebut.

Untuk menyimak tutorial ini, pastikan sebelumnya Anda telah mendaftarkan blog Anda di Google Search Console ( Baca Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console ). Setelah Blog Anda sudah terdaftar, silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Kunjungi https://search.google.com/search-console?hl=id  , kemudian klik Peta Situs !

Cara Mengirimkan Sitemap / Peta Situs Blogger ke Google Search Console Agar Blog Cepat Diindeks oleh Mesin Pencari Google

2. Kirimkan peta situs pertama dengan cara memasukkan sitemap.xml kemudian klik Kirim !

Ada 2 peta situs yang penting untuk dikirimkan yaitu sitemap.xml dan sitemap-pages.xml

  • sitemap.xml untuk mendeteksi artikel kita yang di halaman postingan
  • sitemap-pages.xml untuk mendeteksi halaman blog kita
Kirimkan peta situs pertama dengan memasukkan sitemap.xml kemudian klik Kirim

Tunggu proses pengiriman selesai, pastikan Anda mendapatkan notifikasi seperti tampilan di bawah ini:

Peta situs berhasil dikirimkan

Cek peta situs yang dikirimkan
Peta situs yang dikirimkan

Setelah saya berhasil mengirimkan sitemap.xml ke Google Search Console, seperti tampilan gambar di atas sudah terbaca peta situs sitemap.xml, terkirim tanggal 17 Januari 2024, status sukses, halaman yang ditemukan sebanyak 750 artikel.

3. Kirimkan peta situs kedua dengan cara memasukkan sitemap-pages.xml kemudian klik Kirim !
Kirimkan peta situs kedua dengan cara memasukkan sitemap-pages.xml kemudian klik Kirim !

Peta situs yang kedua yakni sitemap-pages.xml berhasil dikirimkan

sitemap-pages.xml berhasil dikirimkan

Cek status pengiriman sitemap-pages.xml
Cek status pengiriman sitemap-pages.xml
Setelah saya berhasil mengirimkan sitemap-pages.xml ke Google Search Console, seperti tampilan gambar di atas sudah terbaca peta situsnya terkirim tanggal 17 Januari 2024, status sukses, halaman yang ditemukan sebanyak 1 halaman, karena saat pengiriman peta situs ini memang baru ada 1 halaman yang saya buat yakni halaman daftar isi.

Demikian tentang Cara Mengirimkan Peta Situs sitemap.xml dan sitemap-pages.xml ke Google Search Console. Semoga blog kita semakin cepat dan mudah terindeks oleh mesin pencari Google penelusuran. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Cara Mengirimkan Sitemap / Peta Situs Blogger ke Google Search Console Agar Blog Cepat Diindeks oleh Mesin Pencari Google"