Part04#Cara Membuat dan Mempublikasikan Artikel Perdana di Blog Sendiri

 Tutorial Blogger Part04_Cara Membuat dan Mempublikasikan/Memposting Artikel Baru di Blog Sendiri/Cara Memasukkan Tulisan Artikel atau Konten Blog agar Dapat Muncul di Internet dan Bisa Dibaca oleh Orang Lain_Tentang bagaimana cara menulis sebuah artikel, saya yakin Anda sudah paham. Karena pembuatan artikel blog itu seperti halnya saat Anda mengerjakan tugas mengarang/laporan/karya ilmiah/skripsi/lainnya  dari Guru /Dosen Anda. Dari itu, Anda pasti sudah sangat menguasai metode penulisannya, dan Anda tentu ingat tentang macam-macam karangan. Nah itu dia,  untuk jenis artikel di blog juga nyaris sama, yakni ada karangan/artikel narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi, dan persuasi. Oleh sebab itu, pada bahasan kali ini Admin tidak akan menjelaskan mengenai tata cara menulis artikel yang benar sesuai kaidah penulisan maupun yang sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa indonesia (PUEBI). Jadi, topik yang Admin sampaikan di sini lebih cenderung tentang cara memasukkan tulisan ke halaman dasbor blogger, kemudian mengelolanya sedemikian rupa sampai akhirnya mempublikasikannya , sehingga artikel yang telah diposting ke blog dapat dibaca lewat internet oleh orang lain.

Oh iya, tutorial cara membuat dan memposting artikel di blog yang akan Admin sampaikan ini merupakan lanjutan dari panduan ngeblog  tingkat dasar sebelumnya. Jadi bagi Anda yang belum mengikuti dari awal sebaiknya Anda pelajari dengan tertib, silakan baca dulu :

Nah, bagi Anda yang telah mempelajari 3 materi dasar blogging di atas, langsung saja menuju pembahasan tentang “Cara Mudah Membuat dan Publikasi Artikel di Blog Baru”. 

Adapun cakupan penjelasan dalam tips ini adalah mengenai  cara membuat/memasukkan artikel ke dashboard blogger dan cara postingnya.

Sahabat Blogger Pemula, untuk membuat dan mempostingkan artikel di blog bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Jangan lupa, pastikan koneksi internet Anda lancar, karena pada panduan ini pembahasannya adalah cara menulis artikel di blog sendiri secara online langsung melalui dashboard blogger.

Langkah-Langkah Membuat dan Posting Artikel di Blog Sendiri

1. Kunjungi dan login di https://www.blogger.com/ !

Sahabat Blogger, silakan Anda login dulu di dasbor blogger menggunakan email gmail yang Anda pakai untuk membuat blog.

2. Klik menu +POSTINGAN BARU !

Cara Membuat dan Posting Artikel di Blog Baru


3. Tulislah Judul Artikel Blog !

Masukkan Judul Artikel Blog !

Silakan buat judul blog yang sesuai dengan topik artikel dan tentunya susunlah kalimat judul yang kiranya menarik perhatian calon pembaca artikel blog Anda.

4. Tulis/Masukkan Artikel !

Tulislah Artikel !

Pastikan Anda menulis atau memasukkan artikel di mode "Compose" . Oh ya, jangan pusinglah, karena ketika Anda login di blogger, maka yang tampil adalah mode compose. Apa itu mode compose?, maaf,,,abaikan dulu yang ini ya?, silakan fokus dulu menulis artikel,,,untuk mengenal lebih jauh tentang mode compose, dapat Anda pelajari di bagian bawah halaman ini.

Jika misalnya Anda sudah punya artikel yang Anda simpan di file Ms. Word, sebaikanya silakan copy dulu dan pastekan di Notepad. Kemudian copy artikel dari Notepad, dan pastekan di papan postingan blog.

Mengapa tidak baik jika langsung copy paste dari Word ke Blog?, jawabannya: jika langsung copy paste dari word ke blog, maka pengaturan bawaan dari MS. word akan masuk ke blog, sehingga nantinya tampilan tulisan di blog menjadi acak-acakan alias tidak rapi. 

Lain halnya jika dicopy ke notepad dulu, dimana setelah tulisan masuk ke notepad maka pengaturan bawaan dari word sudah hilang atau sudah dinetralkan oleh notepad.

5. Berilah Label Artikel Blog !

Buatlah Label Artikel !

Setelah Anda rampung dalam menulis/memasukkan artikel  ke papan postingan blog, silakan beri label yakni dengan cara mengeklik menu label, lalu masukkan kata sebagai label. 

Contohnya, label  artikel yang sedang Anda baca ini adalah “Teknik Dasar Blogging”.

Sebaiknya 1 label jangan melebihi 3 kata, dan sebaiknya dalam 1 artikel jangan terlalu banyak label.

Apakah boleh membuat label artikel lebih dari satu label?, ya boleh saja. Berapa batasannya?, he he sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Saran Admin, ya maksimal 5 label. Jangan lupa, pastikan Anda memberi tanda koma (,) antara label satu dengan lainnya, misalnya label: Blogging, Membuat Artikel, Panduan Blogger

6. Tentukan Waktu Publikasi Artikel !

Aturlah Waktu Publikasi Artikel !


Untuk mengatur kapan waktunya artikel terbit, silakan klik "Publikasi pada". Pada tampilan bawaan di dasbor blogger sudah dalam pengaturan item otomatis, artinya ketika nanti Anda sudah mengeklik tombol "Publikasi", maka artikel Anda akan langsung terpublikasi dan terbit di blog.

Sedangkan jika Anda ingin membuat jadwal terbitnya artikel, silakan klik "Setel tanggal dan waktu" dan tentukan tanggal dan waktunya, misalnya Anda memberi tanggal setelah tanggal hari ini, itu berarti ketika tombol "Publikasi" telah diklik, maka artikelnya berstatus sudah dipublikasikan namun masih dalam status "Terjadwal" artinya dia akan terbit di blog sesuai tanggal dan waktu yang Anda tentukan.

7. Pilih Permalink !

Aturlah Permalink !

Permalink merupakan rangkaian URL artikel blog yang terdiri atas URL blog/tahun/bulan/judul-artikel . html

Permalink otomatis adalah permalink yang terbentuk otomatis sama dengan judul artikel (ini berlaku jika judul artikelnya lebih kurang 40 karakter). Jika judul artikelnya terlalu panjang, maka pada pemalinknya akan terpotong.

Permalink khusus adalah permalink yang dapat dibuat beda dengan judul dan dapat dibikin sepanjang judul yang dibuat, bahkan bisa lebih panjang dari judulnya. Untuk membuatnya, lakukan dengan mengelik permalink khusus, kemudian mengetikkan kalimat untuk permalink (dengan catatan setiap kata dibatasi dengan tanda hubung (-) sebagai ganti dari spasi).

Nah, tugas Anda adalah memilih permalink otomatis atau permalink khusus. Silakan tentukan salah satu. He he, jika ingin ga pakai lama ya biarlah sesuai item bawaan saja yakni Permalink Otomatis.


8. Tentukan Lokasi !

Inputkan Lokasi !


Jika artikel Anda terkait akan pentingnya suatu lokasi (misalnya artikel tentang tempat wisata), maka sebaiknya inputkan lokasi yang sesuai. Namun jika artikel Anda tidak terkait suatu lokasi, maka biarkan saja kosong.

9. Isi Deskripsi Penelusuran !

Buatlah Kalimat Deskripsi Penelusuran Artikel Blog!

Deskripsi penelusuran artikel blog dapat mempermudah dan mempercepat artikel terindex oleh mesin pencari Google, oleh sebab itu sebaiknya isilah deskripsi penelusuran dengan kalimat yang kiranya lebih detail dibanding kalimat yang digunakan sebagai judul. Namun, jika Anda cari cara cepatnya, Anda bisa mengisi deskripsi penelusuran dengan kalimat yang sama dengan judul artikel.

10. Tentukan Opsi Komentar pembaca !

Pilih Opsi Komentar pembaca !

Sebaiknya Anda memilih Izinkan

11. Klik Pratinjau entri !

Klik Pratinjau entri !

Sebelum Anda mempublikasikan artikel, ada baiknya terlebih dahulu Anda mengecek seperti apakah nantinya tampilan artikel di blog Anda. Untuk mengecek pra terbitnya artikel, Anda cukup mengeklik tombol "Pratinjau entri".

Contoh Pratinjau Artikel sebelum Dipublikasikan

Contoh Pratinjau Artikel sebelum Dipublikasikan

12. Klik Publikasikan dan Konfirmasi !

Klik Publikasikan !

Langkah terakhir yaitu posting artikel blog dengan cara mengeklik "Publikasikan" dan "Konfirmasi"

Klik Konfirmasi !

Publikasikan postingan?

Tindakan ini akan memublikasikan postingan ini ke blog Anda. Silakan klik Konfirmasi !

Artikel telah berhasil dipublikasikan

Artikel telah berhasil diposting

Contoh tampilan artikel yang sudah dipublikasikan

Contoh tampilan artikel yang sudah dipublikasikan


Nah, setelah 12 langkah di atas selesai, maka artikel Anda sudah berhasil terbit di blog keren Anda. Adapun jika Anda akan membuat artikel blog Anda lengkap dengan gambar, video, dan pemanfaatan fitur yang lain, silakan perhatikan gambar di bawah ini dan baca fungsi dari berbagai menu pada papan postingan artikel blog, sebagai berikut.

Fungsi 38 Menu pada Papan Postingan Artikel Blog

Fungsi 38 Menu pada Papan Postingan Artikel Blog

1. Mengisi judul artikel
2. Tempat menulis artikel
3. Memilih tampilan menulis atau HTML
4. Undo
5. Redo
6. Menentukan jenis font
7. Mengatur ukuran font
8. Menentukan kedudukan tulisan
9. Menebalkan tulisan
10. Memiringkan tulisan
11. Menggaris bawah
12. Mencoret tulisan
13. Warna teks
14. Warna latar belakang teks
15. Menyisipkan link atau mengedit
16. Menyisipkan gambar
17. Menyisipkan video
18. Menyisipkan karakter khusus
19. Mengatur tulisan menjadi rata kanan, rata kiri, rata tengah, dan rata kanan kiri
20.Menambahkan inden
21. Mengurangi inden
22. Menampilkan opsi lainnya
23. Membuat daftar berbutir
24. Membuat daftar bernomor
25. Membuat kutipan teks
26. Menyisipkan batas postingan
27. Mengatur tata letak kiri ke kanan
28. mengatur tata letak kanan ke kiri
29. Menginput tools
30. Menghapus format
31. Mengisi label
32. Mengatur tanggal publikasi artikel
33. Mengatur permalink
34. Mengatur lokasi
35. Mengisi deskripsi penelusuran
36. Mengatur opsi komentar pembaca
37. Pratinjau artikel sebelum dipublikasikan
38. Mempublikasikan artikel blog

Demikian tentang Cara Menulis dan Posting Artikel Baru di Blog Sendiri. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Part04#Cara Membuat dan Mempublikasikan Artikel Perdana di Blog Sendiri"