5 Cara Membuka Blokir WiFi Indihome dengan Mudah

 Cara membuka blokir WiFi Indihome adalah kebalikan dari proses melakukan blokir WiFi Indihome. Oleh karena itu, biasanya sebelum mengerti cara membuka blokiran, pengguna Indihome biasanya juga belajar cara memblokir WiFi Indihome. Di bawah ini ada lima langkah untuk membuka blokir WiFi dari Indihome:

5 Cara Membuka Blokir WiFi Indihome dengan Mudah

1. Menghubungkan Alat dengan WiFi

WiFi Indihome biasanya menggunakan Modem merk Huawei, salah satunya adalah tipe HG8245H5. Oleh karenanya jika disebut modem dalam artikel ini yang dimaksudkan ialah modem Huawei tipe diatas. Cara membuka blokir WiFi Indihome diawali dengan membuat alat yang dimiliki pengguna yaitu komputer baik desktop atau laptop ataupun ponsel terhubung ke jaringan Wifi milik Indihome.

Selanjutnya, pengguna hendaklah membuka halaman gateway pada komputer, dan mencari alamat IPConfig jika pemilik memakai komputer berbasis Windows baik Windows NT, Windows 2000 / XP / Server 2003 ataupun yang lebih baru. Salinlah IPConfig itu. IPConfig adalah salah satu order di sistem operasi Windows dengan kegunaan menampilkan konfigurasi IP sebuah komputer.

2. Membuka IPConfig di Browser

Setelah komputer atau ponsel terhubung dengan Indihome, paste-kan IPConfig yang telah disalin tadi. Pengguna bisa juga input alamat IP 192.168.100.1 pada browser apapun boleh Chrome milik Google, Firefox, milik Mozilla, Opera mini juga boleh, Maxthon, UC Browser, Dolphin, Browser, Hover, Net atau Boat Browser. Seluruh browser sepertinya bisa dipakai untuk membuka halaman login dari modem Huawei ini. Jadi, pilih browser mana yang nyaman untuk digunakan oleh pengguna.

3. Login ke Halaman Huawei

Setelah halaman login yang bertuliskan "Welcome to Huawei web page for network configuration" dari tipe HG8245H5 terbuka, pengguna akan diminta untuk menginput nama pengguna beserta kode kuncinya. Ini adalah cara membuka blokir WiFi Indihome selanjutnya. Kebanyakan untuk pengguna Indihome nama penggunanya adalah admin, demikian pula dengan passwordnya.

4. Membuka Halaman Security Modem

Sesudah berhasil masuk pada halaman Modem Huawei, pemakai hendaknya membuka menu "Advanced". Kalau halamannya sudah terbuka, pengguna bisa mengklik "security". Ada beberapa pilihan pada menu "security", pengguna hendaknya memilih MAC Filtering. Nantinya akan terbuka suatu halaman yang bertuliskan WiFi MAC Address Filtering, pemakai hendaknya memilih filter mode Blacklist setelah mencentang kotak di depan "Enable WLAN MAC Filter".

Selanjutnya, akan terlihat di layar list alamat MAC yang pernah diblokir oleh pengguna. Hendaknya pengguna mencari alamat MAC yang ingin dibuka blokirannya. Alamat MAC (singkatan dari Media Access Control) adalah network address yang diimplementasikan di lapisan taut data dalam model tujuh lapisan OSI. Inilah suatu lapisan yang mewakili node tertentu atau lebih mudahnya MAC address (ethernet) adalah alamat perangkat keras, panjangnya 48 bit berbeda untuk tiap perangkat.

5. Menghapus MAC

Langkah terakhir dari cara membuka blokir WiFi Indihome, ceklist MAC yang ingin pengguna hapus blokirannya. Kemudian klik tombol hapus atau delete. Jika ada pertanyaan apakah yakin jawab saja dengan "ya". Setelah langkah ini selesai, itu artinya pengguna telah membuka blokir. Pengguna dapat menggunakan WiFi Indihome setelah menginput kata kunci paling baru yang dibuat oleh pengguna itu sendiri.

Itulah lima langkah cara membuka blokir WiFi Indihome yang bisa dilakukan oleh pengguna. Kelima langkah tidak sulit dilakukan apalagi bagi yang telah terbiasa dengan perangkat keras komputer. Dengan mengetahui cara buka blokir WiFI, tentunya pengguna tidak lagi kesulitan untuk membatasi akses WiFi ataupun meloloskan akses dari pengguna tertentu.