Cara Menghilangkan Malware di Android Agar HP Kembali Normal

 Malware atau virus jahat pada Hp, bisa menyebabkan kerusakan yang merugikan. Contoh kerusakan yang disebabkan oleh Malware ialah baterai boros, menyedot kuota, dan Android jadi lemot. Tentu saja hal itu sangat merugikan, jadi Malware sudah seharusnya dibasmi. Berikut cara menghilangkan Malware di Android, biar Hp bisa berfungsi normal lagi:

Inilah Cara Menghilangkan Malware di Android Agar Hp Kembali Normal.

1. Menggunakan Aplikasi Antivirus

Pertama pengguna bisa menggunakan aplikasi antivirus, buat mencium keberadaan Malware. Biasanya aplikasi antivirus dilengkapi dengan kemampuan buat mendeteksi, sekaligus menghapus virus yang ada di Android. Jika pengguna mau memasang suatu aplikasi, maka aplikasi antivirus akan memeriksanya dulu.

Jika tidak ditemukan virus berbahaya, maka aplikasi bisa dipasang. Ada banyak aplikasi antivirus di playstore, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Pastikan pengguna memakai aplikasi antivirus yang resmi, guna menghindari masuknya Malware berbahaya.

2. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Biasanya Malware memang datang dari aplikasi, yang pengguna unduh dari luar playstore atau tidak resmi. Aplikasi-aplikasi seperti MOD memang kemungkinan besar berbahaya, dan bisa membawa Malware ke Hp Android. Untuk itu coba pengguna perhatikan, aplikasi yang terlihat mencurigakan.

Pengguna bisa mengingat kembali aplikasi apa yang diunduh di terakhir, sebelum terjadinya serangan Malware ini. Bila ingat, maka langsung hapus atau uninstall aplikasi itu. Caranya pergi menuju pengaturan, lalu pencet opsi Aplikasi. Pilih aplikasi yang mau dihapus, kemudian tekan opsi Copot Pemasangan.

3. Mematikan Administrator Right

Jika cara sebelumnya atau aplikasi tidak dapat dicopot, bisa jadi karena aplikasi tersambung dengan Administrator Right. Maka cara menghilangkan Malware di Android selanjutnya adalah memeriksa Administrator Right lebih dulu. Administrator Right merupakan izin aplikasi agar aplikasinya bisa beroperasi.

Aplikasi yang tersambung ke Administrator Right, memang tidak bisa dicopot begitu saja. Untuk mematikan Administrator Right, pergi ke pengaturan lalu pilih Keamanan. Cari opsi Device Administrator, lalu pencet menu Android Device Manager. Pilih aplikasi yang mau dihapus, lalu hapus izin aplikasi itu.

4. Melakukan Mode Aman

Melakukan Mode Aman merupakan cara menghilangkan Malware di Android berikutnya. Buat melakukan Mode Aman berikut sangat gampang, pengguna cuma perlu pencet tombol daya lama. Setelahnya akan muncul opsi Mode Aman, dan pencet opsi itu. Jika Mode Aman tidak keluar, maka bisa jadi telah dihilangkan oleh Malware.

Tidak usah khawatir, karena pengguna bisa pakai cara lain. Tekan kembali tombol daya, tahan selama sepuluh detik. Bisa juga dengan menekan kedua tombol volume, dan tahan selama sepuluh detik juga. Jika sudah masuk ke Mode Aman, pergi ke pengaturan lalu copot aplikasi yang mencurigakan. Mulai ulang Android dan perhatikan kondisinya.

5. Melakukan Setelan Pabrik

Terakhir adalah dengan melakukan setelan pabrik. Cara ini mungkin cara yang paling dihindari, karena seluruh data Hp akan terhapus. Jika serangan Malware sudah terlalu parah, maka cuma cara ini yang bisa menghentikannya. Pasalnya Malware juga akan ikut terhapus, dan Hp Android akan seperti baru.

Cara untuk setelan pabrik ialah pergi ke pengaturan, lalu masuk ke opsi Sistem. Cari pilihan Setelan Pabrik, dan pencet opsi itu. Beri persetujuan, dan Hp Android akan dibersihkan. Hasilnya Hp Android akan seperti baru, karena seluruh data nya sudah dihapus.

Segera lakukan cara menghilangkan Malware di Android, jika menemukan Malware jahat dalam Hp. Perhatikan aplikasi atau sistem lain, yang kelihatannya mencurigakan. Jangan sampai sistem Hp rusak, karena serangan Malware yang merugikan ini.