Part02# Deskripsi Blog _ Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

  Sahabat Blogger Pemula, setelah Anda berhasil bikin blog pada platform blogger .com sesuai langkah-langkah membuat blog yang benar, maka di tampilan blog Anda belum ada deskripsinya, saat ini baru terlihat judul blog. Nah, untuk memberi informasi maupun gambaran yang jelas kepada calon para pembaca tentang isi blog Anda, sebaiknya Anda membuat deskripsi blog. Namun, sebelum Anda praktik membuat deskripsi blog, terlebih dahulu simak penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan contoh deskripsi blog, agar nantinya Anda bisa bikin deskripsi blog di dasbor blogger dengan cepat, tepat, dan benar.

Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuat Deskripsi Blog
Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuat Deskripsi Blog


A. Pengertian Deskripsi Blog

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. 

Lantas, apa itu deskripsi blog ?

Banyak definisi deskripsi blog yang disampaikan oleh para blogger, namun gampangnya pengertian deskripsi blog adalah penjelasan singkat terkait nama/judul blog yang menggambarkan isi dari suatu blog , di mana penjelasan tersebut dapat mempermudah para pembaca dalam mengetahui topik apa yang dibahas pada blog. 

B. Fungsi Deskripsi Blog

Fungsi deskripsi blog, antara lain :

1. Memaparkan gambaran ringkas tentang isi blog

2. Memperkuat dan melengkapi judul blog

3. Mempermudah mesin pencari Google dalam mendeteksi topik/niche blog

C. Contoh Deskripsi Blog

Contoh Deskripsi blog dapat Anda lihat pada Gambar paling atas tuh. Deskripsi blog tersebut adalah Blog Demo Tutorial Ngeblog, karena memang blog dengan judul "Praktik Ngeblog" dibuat guna menunjang suksesnya tutorial blogging yang ada di sinaronline.com ini.

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa letak deskripsi blog yaitu tepat berada di bawah judul blog. Namun, deskripsi blog ada yang dapat dilihat oleh pembaca dan ada pula yang tidak bisa terlihat. Mengapa demikian?, ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Deskripsi blognya memang belum ada/belum dibuat (Ini bisa karena Adminnya lupa atau memang belum tahu, he he)
  • Deskripsi blognya ada, namun dengan alasan tertentu deskripsi sengaja disembunyikan oleh Admin blognya agar tidak bisa terlihat oleh pengunjung (hanya bisa dilihat di dasbor blogger oleh Adminnya) . Ini dapat disebabkan karena deskripsinya panjang, sehingga sengaja disembunyikan. Tujuannya agar tidak merusak pemandangan, he he. Walaupun tersembunyi dari pengunjung, namun deskripsi ini tetap bisa terdeteksi oleh mesin pencari.
  • Penggunaan template blog yang memang sudah diatur agar deskripsinya tidak terlihat.

Ini Contoh Deskripsi Blog yang Hanya Bisa Dilihat oleh Admin, Mesin Pencari, dan Cara Lain:

Contoh Deskripsi Blog yang Hanya Bisa Dilihat oleh Admin:
Contoh Deskripsi Blog di Dasbor Blogger

Blog sinaronline com ini deskripsinya: www.sinaronline.com adalah blog gado-gado atau multi niche/topik yang berisi tentang pendidikan, ilmu pengetahuan, tips blogger, tips bisnis, perbankan, game, otomotif, media sosial, resep masakan, tips komputer, tips internet, pendidikan agama islam, tips android, dan lain-lain

E. Cara Membuat Deskripsi Blog di blogger.com

Deskripsi blog dapat dibuat dengan cara yang sangat mudah, yaitu dengan langkah-langkah berikut :

1. Kunjungi dan login di https://www.blogger.com/ 

2. Klik Setelan dan Deskripsi !

Langkah-Langkah Membuat Deskripsi Blog

Setelah Anda masuk pada dasbor blogger.com, silakan klik menu "Setelan", maka di dasbor blogger akan tampil berbagai jenis setelan. Silakan fokus ke setelan dasar, selanjutnya silakan klik Deskripsi.

3. Buat Deskripsi Blog, kemudian klik "Simpan" !

Buat Deskripsi Blog kemudian Klik Simpan

Keterangan:

  • Isilah deskripsi blog dengan panjang maksimal 500 karakter
  • Klik simpan

Setelah Anda mengeklik simpan, maka artinya deskripsi blog sudah berhasil dibuat.

Deskripsi blog tersebut bisa diubah/diedit kapan pun dengan cara yang sama seperti di atas (ini sih apabila memang deskripsi blog Anda perlu diganti).

Demikian tentang Pengertian, Fungsi, dan Contoh Deskripsi Blog di Blogger beserta Cara Membuatnya. Nah, jika Anda sudah selesai dan berhasil membuat deskripsi blog, sebaiknya Anda jangan terburu-buru memulai membuat artikel blog, karena Anda harus fokus dulu melakukan berbagai pengaturan di dasbor blogger.com, jadi setelah Anda sukses dalam membuat deskripsi blog, sebaiknya yang Anda lakukan selanjutnya adalah mengaktifkan dan membuat deskripsi penelusuran blog yang mana ini sudah saya buat Tutorial Blogger Part03 ( baca dulu teorinya nih: Cara Pengaktifan dan Pembuatan Tag Meta Deskripsi Penelusuran Blog )

Posting Komentar untuk "Part02# Deskripsi Blog _ Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya"