Part01# Cara Termudah Membuat Blog Gratis di Blogger Hanya dengan 6 Langkah Langsung Jadi Loh

 Cara Membuat Blog Gratis pakai HP/Laptop, Mudah, dan Cepat dengan 6 Langkah Langsung Jadi _Apa itu blog dan blogger?, definisinya telah Admin sampaikan pada artikel: Pengertian Blog dan Blogger Beserta Sejarahnya, jadi di sini tidak perlu Admin ulas kembali karena saat ini pasti Anda sudah paham tentang blog. Itu terbukti dari hadirnya Anda ke halaman ini karena Anda mencari panduan pembuatan blog, yang kemungkinan besar Anda menelusurinya dengan salah satu dari kalimat kunci pencarian:

  • cara membuat blog
  • cara membuat blog di hp
  • cara membuat blog yang menghasilkan uang
  • cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang
  • cara membuat blog komersial
  • cara membuat blog yang menarik
  • cara membuat blog pribadi di laptop
  • cara membuat blog website sendiri

Apapun kata kunci yang Anda ketikkan sehingga Anda saat ini sedang membaca tulisan ini, maka berbahagialah karena Anda tengah menemukan tutorial membuat blog yang lengkap dan mudah dipraktikkan.

Apapun niat, motivasi, dan tujuan Anda sehingga Anda berkeinginan membuat blog, maka sangatlah tepat Anda memulainya dengan cara mengikuti langkah-langkah membuat blog yang Admin susun dengan sejelas-jelasnya, karena memang tutorial ini Admin suguhkan dengan sepenuh hati.

Sahabat Calon Blogger, perlu Anda ketahui bahwa tutorial pembuatan blog ini sudah Admin sesuaikan dengan tampilan halaman pengelolaan blog/dashboard blogger terbaru, sehingga dengan kelengkapan adanya screenshot tampilan gambar dashboard blogger versi baru, Anda dapat lebih mudah dalam mengikuti langkah demi langkahnya . Istilah lainnya: Panduan Membuat Blog ini Masih Work,,,bahkan bisa dibilang sangat work 100%.

Coba bayangkan jika saya sajikan tutorial membuat blog versi baru, tetapi masih menampilkan screenshot gambar dasbor blogger versi lama !, he he yang terjadi tentunya para pembaca mengalami kebingungan dalam menerapkan teori ke praktik bikin blognya.

Lalu, intinya Bagaimana Cara Mudah Membuat Blog Pribadi Gratis di Google/Blogger/Blogspot lewat HP Android/Smartphone maupun Laptop/PC Komputer untuk Pemula?

Sebenarnya membuat blog menggunakan perangkat handphone maupun PC/laptop dapat dilakukan dengan cara yang sama. Bedanya hanya masalah tampilan layarnya yang sempit vs lebar. Seperti yang saya sudah sampaikan di atas, bahwa panduan membuat blog gratis di blogger.com ini saya lengkapi gambar setiap langkahnya, sehingga Anda dapat dengan mudah mengikuti langkah demi langkahnya sampai blog jadi. 

Perlu Anda perhatikan bahwa untuk membuat blog di blogger.com Anda disyaratkan dan diwajibkan memiliki akun google/email gmail (inicontoh@gmail.com), jadi pastikanlah Anda sudah memiliki email gmail/akun Google yang aktif.

Sahabat Calon Blogger, Admin yakin bahwa Anda pasti dapat dengan cepat untuk membuat blog gratis dengan kualitas yang bagus. Anda tentu dapat membuat blog menggunakan perangkat ngeblog yang berupa Laptop/HP dan jangan lupa koneksi internet harus lancar. Anda dapat membuat blog di website tanpa dipungut biaya. Adapun website yang paling populer dan banyak digunakan untuk membuat blog gratisan yaitu situs blogger.com/blogspot.com. 

Jangan pakai lama!, segera buatlah blog!, maka dalam hitungan paling lama 15 menit Anda sudah resmi memiliki blog pribadi yang didapatkan secara gratis.

Tunggu apa lagi ?

Silakan baca, pahami, dan praktikkan tutorial membuat blog gratis di blogger.com di bawah ini dengan cermat !

Enam (6) Langkah Cara Membuat Blog Gratis di Blogger lewat Laptop/HP Android:

1. Kunjungi website blogger, silakan klik https://www.blogger.com/   kemudian Klik BUAT BLOG !

Setelah Anda mengunjungi website blogger, maka ada tampilan halaman seperti dibawah ini. Silakan klik BUAT BLOG.
Cara Terbaru Membuat Blog Gratis di Laptop/HP Android untuk Pemula

2. Pilih email gmail yang akan digunakan untuk membuat blog !

Silakan klik email yang akan digunakan untuk mendaftar akun blogger. Anda dapat memakai email yang saat ini sedang untuk login di perangkat HP maupun menggunakan akun Google yang lain.
Pilih email gmail yang akan digunakan untuk membuat blog

3. Masukkan sandi dan klik berikutnya !

Masukkan sandi dan klik berikutnya

4. Buat judul blog dan klik berikutnya !

Judul blog nantinya menjadi nama blog Anda. Silakan buat judul/nama blog sesuai yang Anda inginkan dengan cara mengetikkannya pada kolom yang tersedia. Anda boleh menggunakan nama Anda sebagai judul blog maupun nama/merk sesuai topik artikel yang nantinya Anda buat pada blog tersebut. 

Sebaiknya penulisan judul blog sesuai dengan cara penulisan yang baku. Misalnya, jika judul blog terdiri dari 2 kata, maka gunakan huruf kapital pada awal kata, jangan lupa pakai spasi juga. 

Contoh judul blog: Praktik Ngeblog
Buat judul blog dan klik berikutnya

5. Buat alamat/URL blog !

Pembuatan alamat blog/URL sebaiknya sama persis dengan judul blog, namun tidak bisa pakai spasi. Selain itu hindari pembuatan URL menggunakan tanda hubung (-) dan angka.

Contoh alamat blog: sinaronlinesuksesaamiin.blogspot.com atau https://sinaronlinesuksesaamiin.blogspot.com/
Buat alamat/URL blog

Silakan masukkan alamat/nama blog menggunakan huruf kecil semua dan tanpa spasi. Anda dapat membuat alamat blog sama dengan judul blognya dan/atau tidak sama. Jika alamat yang Anda masukkan ternyata ada keterangan "Maaf, alamat blog ini tidak tersedia", itu berarti sudah ada blog yang menggunakan nama tersebut, jadi silakan masukkan alamat lain sampai ada keterangan "Alamat blog ini tersedia".

Contoh alamat blog yang tidak tersedia/sudah dipakai oleh Blogger lain
Maaf,alamat blog ini tidak tersedia
Contoh alamat blog yang tersedia
Jika ada pemberitahuan "Alamat blog ini tersedia" silakan klik BERIKUTNYA
Jika sudah ada pemberitahuan "Alamat blog ini tersedia" silakan klik BERIKUTNYA

6. Buat nama yang ditampilkan dan klik Selesai !

Nama yang ditampilkan

Silakan konfirmasikan nama tampilan Anda/Profil Blogger Anda, kemudian klik Selesai
Nama yang ditampilkan boleh nama sesuai akun Google Anda, nama lengkap Anda, dan/atau nama yang sama dengan nama blog Anda
konfirmasikan nama tampilan Anda
Nah, setelah Anda mengeklik Selesai, silakan tunggu proses pembuatan blog sampai selesai. Jika sudah ada tampilan Dashboard Blogger seperti gambar di bawah ini, itu berarti Anda sudah berhasil membuat blog
Dashboard Blogger
Gambar Dasbor Blogger

Dengan berhasilnya Anda dalam membuat blog, maka sekarang Anda sudah memiliki blog pribadi dan resmi menjadi seorang Blogger. Untuk membuka blog, silakan klik "Lihat Blog" (lihat contoh gambar tampilan blog baru yang ada di bawah halaman ini). 
Adapun untuk membuat artikel dan mempublikasikan tulisan artikel Anda, silakan mulai dari mengeklik menu "+POSTINGAN BARU". 
Eh maaf, jangan terburu-buru membuat artikel dulu deh, sebaiknya Anda membuat deskripsi dan deskripsi penelusuran blog dulu sebelum memulai menerbitkan artikel pada blog kesayangan Anda.

Untuk itu, baca dulu nih:
  1. Fungsi dan Cara Membuat Deskripsi Blog
  2. Fungsi Beserta Cara Mengaktifkan dan Membuat Deskripsi Penelusuran Blog

Mengenal Dashboard Blogger dan Tampilan Blog

Apa itu dashboard/dasbor blogger?

Dasboad blogger adalah halaman utama untuk mengelola blog. Halaman Dashboard Blogger hanya dapat dibuka oleh Admin Blog dengan cara login di https://www.blogger.com/ menggunakan email dan password yang dipakai saat membuat blog. 

Pada dashboard blogger (lihat gambar dasbor blogger di atas) terdapat berbagai menu utama, antara lain menu lihat blog (untuk melihat tampilan blog), +postingan baru (untuk memulai membuat artikel), postingan (menampilkan jumlah postingan), statistik, komentar, penghasilan, halaman, tata letak, tema, setelan, dan daftar bacaan.

Panduan terkait: Pengelola Blog Wajib Mengetahui 12 Menu Dashboard Blogger dan Fungsinya

Apa itu tampilan blog?

Gambar Contoh Tampilan Blog Baru
Gambar Contoh Tampilan Blog Baru

Tampilan blog adalah halaman blog yang menampilkan artikel-artikel yang dibuat oleh Admin Blog lewat Dasbor Blogger. Halaman blog dapat dibuka oleh Admin Blog dan semua orang yang ingin membukanya, karena untuk membuka tampilan blog tidak perlu melakukan login. Tampilan blog dapat dibuka melalui alamat/url blog (contoh: https://www.sinaronline.com/ ) dan/atau melalui url artikel blog (contoh: https://www.sinaronline.com/2024/01/cara-mendaftarkan-blog-ke-google-search-console-dan-cara-verifikasi-meta-tag-google-site-verification.html ). 

URL blog dan URL artikel blog dapat ditemukan oleh para calon pembuka/pengunjung blog melalui mesin pencarian/penelusuran Google: https://www.google.com/  , search engine yang lain, dan atau melalui halaman sosial media seperti Fb, Twitter, WA, dan IG (jika kita pernah membagikan linknya di medsos).

Demikian tentang Cara Termudah Membuat Blog di HP/Laptop dengan Cepat Hanya 6 Langkah Langsung Jadi.  

BTW, tadi Anda baru membaca teori bikin blognya dan/atau sudah membaca sambil praktik membuat blog?, he he

Jika Anda baru sekadar mempelajari teorinya dan belum yakin untuk membuat blog, silakan baca ilmu penting terkait pra pembuat blog!, di bawah ini:

Berbagai Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membuat Blog

Sobat Calon Blogger, sebaiknya Anda jangan membuat blog sebelum Anda benar-benar yakin tentang penguasaan materi artikel yang akan Anda sampaikan melalui blog.

Seyogyanya, blog perdana Anda adalah blog yang berisi topik apa saja yang kiranya bermanfaat bagi diri Anda dan orang lain. Jadi, pilihlah niche/topik bahasan yang paling Anda sukai dan Anda kuasai ilmunya.

Perlu diketahui dan diperhatikan oleh Anda, bahwa kesalahan dalam menentukan pilihan topik blog akan membuat Anda repot dan pusing dalam mengelolanya.

Nah, agar blog yang nanti Anda buat bisa dirawat dengan mudah, coba kenali dulu jenis-jenis blog yang kiranya cocok bagi Anda, misalnya blog yang khusus membahas materi tertentu (disebut blog niche), seperti: blog tentang teknologi, pendidikan, dan bisnis.

Misalkan Anda tentukan topik teknologi, maka teknologi pun masih punya cabang-cabangnya. dalam artian Anda bisa lebih mengkhususkan lagi, misalnya Anda ingin membahas khusus seputar HP, maka buatlah blog dengan judul dan alamat blog/URL yang tepat untuk materi HP.

Sebagai contoh, Anda hobi dan menguasai tentang teori/praktik mengoperasikan HP/Smartphone Android dengan berbagai merk, maka buatlah blog dengan judul (misal: Kursus Android) dan alamat blognya adalah kursusandroid.blogspot.com

Sampai di sini, Admin yakin bahwa Anda sudah punya gambaran tentang ilmu dasar sebelum membuat blog di blogger.com, sehingga Admin yakin Anda bisa punya ide yang baik tentang topik blog.

Nah, membuat blog dengan topik khusus adalah salah satu alternatif untuk Anda terapkan, karena blog dengan bahasan khusus lebih mudah dikelola dan berpotensi disukai pembaca, banyak pengunjungnya, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu kelak blog Anda bisa sebagai sarana untuk menghasilkan banyak uang.

Namun demikian, jika memang Anda belum punya ide membuat blog khusus, Anda juga bisa membuat blog yang sifatnya umum. Istilahnya blog umum=campuran=aneka topik=gado-gado=multi niche.

Anda bisa membuat blog dengan judul dan URL menggunakan nama Anda, sehingga isi blognya nantinya bisa diisi materi campuran, misalnya diisi artikel yang berupa informasi, cerita, tutorial, dan lain sebagainya.

Itu saja tentang persiapan tentang memahami pengetahuan blogging sebelum Anda membuat blog di blogger.com.

Sekarang rencanakan dulu tentang tema atau topik konten materi/artikel apa yang akan Anda sampaikan lewat blog Anda nantinya.

Semoga saat Anda berkunjung ke blog ini lagi, blog Anda sudah cukup banyak artikelnya dan bermanfaat bagi Anda dan para pengunjung blog Anda. 

Adapun untuk pembahasan tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, akan Admin sampaikan pada kesempatan yang lain pada halaman lainnya juga. 

Sekarang yang terpenting adalah Anda sudah membuat blog dan rajin ngeblog dulu, jadi sebaiknya Anda jangan terlalu memikirkan tentang monetisasi blog sebelum blog Anda keren dan banyak visitornya !.he he

Semangat dan selamat menjadi Blogger Pemula, semoga bisa konsisten dan sukses sehingga nantinya dapat predikat Blogger Senior dan Profesional.

Lanjut Tutorial Blogger Part02 yuk, baca Mengenal Deskripsi Blog dan Cara Membuatnya

Posting Komentar untuk "Part01# Cara Termudah Membuat Blog Gratis di Blogger Hanya dengan 6 Langkah Langsung Jadi Loh"