Kenali Cara Memperbaiki Switch Rem Belakang Motor yang Mudah Dilakukan

 Cara Memperbaiki Switch Rem Belakang Motor_Swith rem terkadang menyala terus atau mati tanpa ada yang menekan tuas rem tersebut. Padahal lampu rem yang memiliki keluhan seperti itu dikarenakan adanya error pada penghubung serta pemutus aliran listrik ke lampu. Maka perlu untuk diketahui cara memperbaiki switch rem belakang motor sebagai tindakan antisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

Cara Memperbaiki Switch Rem Belakang Motor

Penyebab kerusakannya bisa sangat beragam dari mulai switch rem yang rusak bisa karena piting lampu belakang yang rusak. Bisa juga disebabkan karena jalur kabel rem yang putus, bohlam lampu putus atau swit rem belakang rusak. bagaimana cara memperbaiki switch rem belakang motor? Berikut simak tutorialnya di bawah ini!

1. Lepas Switch Rem Belakang

Sebelum mulai untuk memperbaiki switch rem belakang motor, harus dilepas terlebih dahulu switch rem belakang dengan master rem. Untuk posisi switch rem sendiri berada tepat di bawah master rem. Jadi jangan salah melepas spare part.

Cara untuk melepas 2 komponen tersebut tidaklah begitu sulit. Caranya adalah dengan melepas 1 baut plus yang menghubungkan switch rem belakang dengan master rem. Hati-hati jangan sampai keliru melepas switch rem bagian depan.

2. Lepas Kabel

Tahapan berikutnya yang harus dilakukan adalah melepas 2 kabel yang menempel di switch rem belakang. Kemudian lakukan pengecekan dengan jumper dan sambung 2 kabel tersebut. Ketika menjumper 2 buah kabel yang sudah terhubung dengan switch rem belakang, lampu rem depan haruslah menyala.

Sebuah tips yang perlu diingat. Bahwa jika lampu belakang dan depan tidak mau menyala, kemungkinan besar lampu rem sudah putus. Penyebab lain juga bisa karena kabel remnya yang putus atau fitting lampu rusak.

3. Temukan Letak Kerusakannya

Menemukan letak kerusakan sangatlah penting agar bisa memberikan perbaikan atau penggantian spare part sesuai dengan kerusakannya. Apabila lampu rem nyala ketika menjumper kabel switch rem bagian belakang, maka kerusakan terjadi di switch rem tersebut.

Cara memperbaiki switch rem belakang motor sebetulnya sangat mudah. Hanya dengan membersihkan tiap ujung kawat tembaga yang ada di dalam switch rem tersebut. Bersihkan dengan hati-hati menggunakan sikat berbulu halus.

4. Buka Cover Plastik

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk memperbaiki switch rem yang rusak adalah dengan membuka cover plastic switch rem bagian belakang. Caranya sedikit sulit dan pengguna motor harus lebih hati-hati, karena apabila sedikit melakukan kesalahan tidak menutup kemungkinan cover plastic bisa pecah.

Tips mencongkel cover plastic yang menutupi spare part dengan aman adalah menggunakan obeng mini kecil atau stelan angin. Perlu waspada jika mencongkel terlalu kencang dapat berpotensi merusak cover switch rem belakang atau obeng tersebut bisa melukai tangan.

5. Bersihkan Kawat Tembaga

Tahapan terakhir untuk memperbaiki switch rem yang rusak ini adalah dengan melepas kawat tembaga kemudian membersihkannya. Bersihkan kawat tembaga dari debu, kotoran serta karat yang menempel.

Melepas kawat tembaga juga tidak begitu sulit. Hanya dengan mencongkel menggunakan obeng mini atau setelan angin, maka kawat akan terlepas. Kemudian bersihkan kawat tembaga dari debu dan kotoran menggunakan bulu-bulu halus atau sikat yang lembut.

Demikian cara memperbaiki switch rem belakang motor yang rusak atau error dengan mudah. Kini memperbaiki switch rem belakang tidak perlu ke tukang servis motor atau bengkel. Karena pengguna motor bisa melakukannya sendiri di rumah dengan berpedoman pada referensi-referensi yang tersedia di internet. Jangan sampai melewatkan step-step di atas dan berhati-hatilah.