5 Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman Bisa Jadi Subur

 Apa manfaat cangkang telur ayam/bebek/angsa untuk tanaman?_Cangkang telur adalah bagian terluar telur yang memiliki tekstur lebih keras dari bagian lainnya dan tidak bisa dikonsumsi. Biasanya orang yang memasak telur langsung membuangnya tanpa tahu banyak manfaat yang dimiliki cangkang telur terutama untuk tanaman. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat cangkang telur untuk tanaman yang perlu diketahui, diantaranya :

Apa manfaat cangkang telur ayam/bebek/angsa untuk tanaman?

Lima (5) Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman

1. Mengatasi Hama Pada Tanaman

Manfaat cangkang telur untuk tanaman salah satunya adalah mengatasi hama. Cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hama yang tidak diinginkan dan kerap sekali mendatangi tanaman. Hama kerap datang mengganggu tumbuh kembang tanaman bahkan merusaknya. Cangkang telur merupakan salah satu bahan alami dan murah yang bisa digunakan untuk mengatasinya hama tanaman.

Cara mengendalikan hama yang tidak diinginkan pada tanaman pun cukup mudah. Untuk bisa mencegah hama maka cukup hancurkan cangkang telur yang akan dijadikan untuk mencegah hama, kemudian taburkan cangkang telur tersebut di sekitar batang tanaman. Selain mudah dilakukan cara tersebut juga tergolong hemat karena tidak membutuhkan bahan tambahan lain.

2. Menjadi Pupuk Tanaman

Selain dapat mengendalikan hama pada tanaman, cangkang telur juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk untuk tanaman. Seperti diketahui bahwa cangkang telur mengandung kalsium yang cukup tinggi. Kandungan kalsium yang terdapat pada cangkang telur dapat diserap akar tanaman. Proses penyerapan kalsium pada cangkang telur, dapat mencegah pembusukan ujung bunga pada tanaman.  

Untuk menjadikan cangkang telur sebagai pupuk tanaman, caranya adalah dengan menaburkan cangkang telur di lubang yang akan dijadikan tempat tanaman. Kemudian untuk perawatan rutin, bisa dilakukan dengan menaburkan cangkang telur yang sudah dihancurkan ke tanaman. Pemupukan menggunakan taburan cangkang telur ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali.

3. Dapat Dijadikan Kompos

Manfaat yang berikutnya adalah cangkang telur dapat dijadikan kompos. Sama seperti peran cangkang telur sebagai pupuk, peran utama dalam membentuk cangkang telur menjadi kompos adalah kandungan kalsium yang terdapat pada cangkang telur. Pupuk yang dibuat dari cangkang telur dapat meningkatkan berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Untuk menjadikan cangkang telur sebagai kompos, yaitu dengan mengubur cangkang telur ke dalam tanah dan juga campurkan dengan bahan organik lain. Selain itu bisa dengan merendam cangkang telur dengan air panas, kemudian siram ke tanaman saat air sudah mencapai suhu ruangan.

4. Menurunkan Tingkat Keasaman Tanah

Menggunakan cangkang telur untuk tanaman juga dapat menurunkan tingkat keasaman tanah. Tingkat keasaman tanah yang terlalu tinggi kerap sekali menggagalkan proses penanaman tanaman. Hal tersebut terjadi karena ph tanah yang terlalu rendah tidak cocok untuk beberapa jenis tanaman.

Dengan memanfaatkan cangkang telur, tingginya ph dapat terjaga, sehingga tanaman mampu hidup dengan baik di tanah dengan ph yang terjaga. Selain itu cangkang telur juga mampu menjaga racun yang menyerang tanaman. Oleh karena itu, untuk menurunkan keasaman tanah, cangkang telur bisa dijadikan solusi.

5. Membuat Tanaman Lebih Kuat

Kandungan kalsium yang tinggi memiliki peran yang besar dalam menguatkan tanaman. Tanaman membutuhkan kalsium untuk dimanfaatkan dalam proses pembuatan dinding sel pada sel tumbuhan. Selain memperkuat dinding sel tanaman, cangkang telur juga memiliki peran yang baik dalam pembentukan biji. Disini dapat dilihat bahwa kandungan kalsium pada tanaman memiliki banyak manfaat.

Untuk membuat tanaman lebih kuat dengan menggunakan cangkang telur, bisa dilakukan dengan menjadikan cangkang telur sebagai pupuk atau kompos. Dengan menggunakan pupuk atau kompos dari cangkang telur, maka jumlah kandungan kalsium dalam tanaman dapat terjaga sehingga tanaman menjadi lebih kuat.

Penjelasan di atas merupakan penjelasan mengenai manfaat cangkang telur untuk tanaman. Ternyata telur tidak hanya enak dimakan namun cangkangnya pun juga memiliki banyak manfaat. Dengan mengetahui manfaat cangkang telur untuk tanaman, maka akan ada dua keuntungan yang bisa didapatkan yaitu dapat mengurangi jumlah limbah dan memperbaiki alam dengan menyuburkan tanaman.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman Bisa Jadi Subur"