Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali Agar Kendaraan Terhindar dari Kerusakan?

 Sebaiknya berapa bulan sekali ganti oli mobil?_Perkembangan transportasi darat yang dapat dirasakan hingga kini adalah mobil. Tentu, mobil bermanfaat untuk memudahkan masyarakat dalam menjalankan segala aktivitasnya. Lantaran sering digunakan, mobil tentu harus dirawat agar tidak cepat rusak. Maka dari itu, oli adalah komponen yang paling penting untuk diganti. Lantas, ganti oli mobil berapa bulan sekali.

Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali

Memang, mengganti oli mobil merupakan tindakan yang paling penting untuk menjaga kesehatan kendaraan dan performa dari mesin mobil. Sebab, oli mobil berfungsi untuk membantu melumasi semua komponen dan setiap partikel dalam mesin. Untuk itu, pengguna mesti melakukan pergantian oli mesin mobil. Untuk mengetahui waktu yang tepat ganti oli mobil, berikut ini informasinya.

Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali?

Bagi yang memiliki roda empat sudah semestinya melakukan pergantian oli mesin mobil guna untuk menjaga kesehatan kendaraan. Namun, terkadang masih ada sebagian pengguna yang tidak mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin mobil. Maka dari tu, berikut ini akan dijelaskan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil.

1. Setiap 3 Bulan Sekali

Jika ingin menjaga kesehatan mobil, maka pengguna mesti melakukan pergantian oli mesin mobil setiap 3 bulan sekali. Namun, rentang waktu ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang sudah lama dan dengan identitas pemakaian yang tinggi. Apabila mobil yang digunakan telah berusia lebih dari sepuluh tahun dan selalu digunakan pada cuaca ekstrim.

2. Setiap 6 Bulan Sekali

Bagi yang memiliki mobil yang masih baru dan sering digunakan. Maka rentang waktu ini sangat cocok untuk digunakan jika ingin mengganti oli mesin. Sebab, rentang waktu ini diperuntukkan bagi kendaraan yang masih baru dan dengan intensitas penggunaan yang cukup tinggi. Jadi, pastikan selalu mengganti oli mesin di waktu yang tepat.

Tanda-Tanda Oli Mobil Mesti Segera Diganti

Meskipun mengganti oli mesin mobil mesti berdasarkan rentang waktu. Namun jika terjadi berbagai gejala maka sebaiknya oli mesin tersebut diganti. Sebab, jika tidak diganti akan menimbulkan dampak yang sangat fatal. Maka dari itu, pengguna mesti mengetahui tanda-tanda oli mobil segera diganti. Berikut ini informasinya.

1. Getaran Mesin Mengalami Peningkatan

Apabila getaran mesin mengalami peningkatan, maka pengguna mesti segera melakukan ganti oli. Tentu hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan yang akan terjadi pada mesin. Namun, terkadang seseorang tidak mengetahui bahwa getaran mesin mengalami peningkatan.

Padahal pengguna bisa merasakannya melalui putaran menengah. Apabila kondisi mesin telah mengalami peningkatan torsi, maka oli mesin tidak akan berfungsi secara maksimal tentu akan terjadi getaran yang tidak biasa. Pada umumnya getaran mesin yang meningkat serta diikuti dengan suara mesin yang berisik maka oli mesin tersebut mesti diganti.

2. Warna Oli Hitam Pekat dan Kotor

Tanda-tanda oli mesti segera diganti selanjutnya adalah warna oli hitam pekat dan kotor. Jika warna oli mesin mobil telah berwarna hitam dan kotor menandakan bahwa kualitas pelumas dari mesin mobil menurun. Maka pengguna mesti segera mengganti oli mesin mobil tersebut.

Sebab, jika tidak diganti maka kotoran dari oli akan menghambat proses pelumasan pada mesin mobil. Maka kinerja dari mesin mobil tersebut akan berat dan panas. Tentu, pengguna akan merasa tidak nyaman ketika memakai mobil dengan oli yang sudah berubah warna.

3. Volume Oli Berkurang

Bagi yang memiliki mobil sudah semestinya melakukan pemeriksaan oli mesin setiap bulannya. Hal ini bertujuan agar kendaraan tetap dalam keadaan baik. Jika volume oli sudah berkurang, maka pengguna mesti menggantinya. Sebab, jika tidak diganti maka akan dapat menimbulkan kerusakan yang sangat fatal.

Dimana komponen mesin mobil akan bergesekan dan mengakibatkan mesin menjadi lebih cepat panas. Selain itu, mesin tidak dapat menghasilkan tenaga yang optimal sehingga mobil mudah mogok.

Itulah tadi penjelasan mengenai ganti oli mobil berapa bulan sekali agar kesehatan mobil tetap terjaga. Satu hal yang mesti diketahui bahwa oli adalah komponen yang sangat penting untuk menunjang performa dari sebuah mobil.