20 Jenis Bunga Anggrek Paling Indah dan Populer

Dua Puluh (20) Jenis Bunga Anggrek Paling Indah Nan Cantik dan Populer_Jenis-jenis anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang biasanya di tanam pada halaman rumah seseorang. Bunga ini memiliki ciri khas bentuk dan bau yang unik, serta warna yang bervariasi. Jenis bunga ini beragam berdasarkan asal daerah seperti anggrek bulan dari Kalimantan. Bunga ini sendiri memiliki ciri-ciri yang berbeda dari bunga lainnya dengan aroma yang khas, dan warna yang cerah serta beragam. Proses penanaman dan perawatan pada bunga ini juga ini sangan mudah di lakukan. Selain tanaman hias, biasanya juga digunakan sebagai tanaman herbal, terlebih dengan manfaat bunga ini.

Jenis-jenis Bunga Anggrek.
Pada setiap kota memiliki jenis dan warna yang berbeda tentunya dengan ciri khas yang berbeda pula. Berikut ini beberapa ragam jenis bunga Anggrek yang ada.

1. Anggrek Bulan
20 Jenis Bunga Anggrek Paling Indah Nan Cantik

Anggrek bulan merupakan salah satu bunga yang berasal dari Kalimantan Barat, dengan warnanya yang putih. Selain pada warnanya yang putih bunga ini juga memiliki ciri khas, corak warna kuning dan merah. Anggrek bulan sangat banyak di kota Kalimantan, dan cukup terkenal di kota tersebut.

2. Anggrek Sendok
Anggrek Sendok
https://busy.org/@ikhlas091207/bunga-anggrek

Jenis yang seperti ini memang mirip dengan bentuk sendok yang dijadikan alat makan, walaupun mirip tapi lebih indah dari sendok. Bunga ini memiliki warna yang khas yaitu kuning cerah dengan polesan putih dan merah di tengah bunga tersebut. Bunga Anggrek ini memiliki aroma yang mampu menyegarkan dan menenangkan pikiran.

3. Anggrek Jingga
Anggrek Jingga
Anggrek jingga ini memiliki bentuk dan warna yang sangat unik dan berbeda dari jenis anggrek lainnya. Corak pada kelopak bunga yang seperti macan tutul dengan warna jingga yang indah.

4. Anggrek Kerlip
Masuk dalam golongan spesies anggrek bulan, dengan bentuk dan warna yang ada pada anggrek tersebut memiliki khas yang sedikit mirip. Namun warna pada anggrek kerlip ini berbeda dengan Anggrek bulan.

5. Anggrek Hitam
Warna pada anggrek ini cukup unik dibandingkan warna bunga lainnya, warna hitam ini ada pada bagian tengahnya. Sementara bagian kelopak bunga anggrek tersebut  berwarna hijau sehingga terlihat unik.
6. Anggrek Culus Panda
Anggrek Panda
Culus panda ini memiliki spesies yang cukup banyak dan beragam dengan jumlah yang mencapai 40 spesies. Spesies tersebut memiliki aneka ragam bentuk, warna, dan corak yang tersebar di berbagai wilayah.

7. Anggrek Cattleya
Ciri khas pada Anggrek ini sendiri yaitu pada efektivitas daunnya, anggrek cattleya tidak bisa terkena matahari secara langsung. Waktu yang membuatnya bisa terkena sinar matahari hanya selama 4-5 jam saja. Tanda yang diberikan  yaitu jika daun berwarna hijau gelap menandakan kurangnya sinar matahari. Namun jika daun berwarna hijau kekuningan berati tanda bahwa kelebihan sinar matahari.

8. Anggrek Selop
Merupakan salah satu tanaman jenis anggrek yang sudah langka dengan bentuk yang mirip seperti kantung semar. Bunga ini bisa Anda temukan di lereng Gunung Semeru, Jawa Timur.
Bentuk bunga ini memiliki dua helai kelopak utama, dua helai kelopak samping. Keunikan lainnya ada pada bentuk anggrek selop yang mirip seperti tumbuhan kantung semar.

9. Anggrek Monyet
Sesuai dengan namanya, anggrek ini memiliki bentuk corak yang menyerupai monyet. Jenis-jenis anggrek termasuk dalam golongan tanaman langka yang hanya ada pada tempat tertentu. Bunga ini berada pada ketinggian yang berkisar 2000 meter, dengan suhu yang mencapai 27 derajat celcius.

10. Anggrek Ki Aksara
Bunga ki aksara pada spesies anggrek ini sangat berbeda dengan jenis bunga yang lainnya. Keunikan pada bunga ini terletak di bentuk daunnya yang memiliki corak berurat dan berwarna emas. Pada daun bunga tersebut memiliki warna hijau sedikit ungu, dengan permukaan yang seperti beludru.

11. Anggrek Serat
Anggrek Serat
Salah satu tumbuhan endemik ini memiliki ciri khas yang cukup unik dan tidak dimiliki oleh tanaman lain. Bunga ini memiliki umbi semu yang terdapat kandungan serat pada bunga. Masyarakat memanfaatkannya untuk bahan anyaman suatu kerajinan.

12. Anggrek Tanah
Tanaman ini cukup termasuk dalam jenis anggrek yang unik, karena hidup dengan menempel pada tanaman lain. Bunga Anggrek ini terdapat 1 jenis saja yang biasanya hanya dapat tumbuh dengan tanah. Hal ini karena walaupun sering menempel tanaman lain, anggrek ini juga cukup mampu untuk hidup mandiri.

13. Anggrek Tebu
Jenis anggrek ini merupakan salah satu bunga anggrek terbesar yang ada, dengan berat 1 ton dan panjang mencapai tiga meter. Ciri khas anggrek ini yaitu bentuk batangnya yang mirip tebu, dengan bintik-bintik berwarna coklat ke hitaman. Bunga ini juga termasuk dalam jenis bunga yang dilindungi karena termasuk jenis langka.

14. Anggrek Sikat Gigi
Jenis-jenis anggrek ini merupakan tanaman anggrek dengan bentuk yang tersusun rapi hingga mirip seperti sikat gigi. Warna yang ada pada bunga ini mulai dari merah dan putih.  Dengan metode perawatan yang sangat mudah dilakukan di rumah.

15. Anggrek berbulu
Merupakan salah satu tanaman bunga asli Indonesia yang cukup terkenal, dengan cirikhasnya yang berbulu. Ciri khas pada bunga ini memiliki bibir yang berbulu dan warna yang khas, sehingga menjadi keunikan tersendiri.

16. Anggrek Pensil
Bunga ini memiliki warna yang unik dengan corak yang cukup indah dipandang. Anggrek pensil ini tumbuh dengan cara menumpang pada tanaman bunga bakung. Keindahan yang menarik pada anggrek ini membuatnya diberi gelar sebagai ratu anggrek.

17. Anggrek Hartinah
Ciri-ciri dari jenis anggrek ini dengan daun pita yang meruncing, dan bentuknya yang seperti bintang dan juga tebal. Warna pada permukaan daunnya berwarna kuning kehijauan, dengan permukaan bawah yang berwarna coklat. Anggrek ini juga masuk ke dalam jenis anggrek tanah.

18. Anggrek Kantung Kolopaking
Bunga Anggrek Kantung Kolopaking
Gambar oleh Andreas Hoja dari Pixabay 

Jenis anggrek ini memiliki daun yang menyerupai pita dan juga dengan warna hijau tua. Tumbuhan ini termasuk dalam spesies endemik pada anggrek. Keunikan pada anggrek ini ada pada ciri khas daunnya yang berbentuk sedikit bulat.

19. Anggrek Pandan
Tumbuhan bunga anggrek yang satu ini memiliki bentuk yang seperti daun pandan. Anggrek pandan ini tidak hidup secara mandiri melainkan menumpang dengan tumbuhan lainnya. Tanaman yang di tumpangi oleh anggrek jenis ini berupa pohon besar yang ada di sekitarnya. Bunga ini hidup pada daerah Kalimantan Barat dengan nama yang berbeda-beda.
Salah satu nama khas Kalimantan Barat dari tanaman anggrek pandan ini adalah sakat lidah ulung tedung. Sedangkan anggrek pandan merupakan nama dari daerah Sumatera.

20. Anggrek Stuberi.
Anggrek stuberi ini memiliki ciri khas warna yang beragam dengan perpaduan dari warna ungu, dan juga kuning. Keunikan dari warnanya tersebut membuatnya banyak di gemari semua kalangan. Bentuk dari jenis-jenis anggrek stuberi ini menyerupai spiral yang indah.

Posting Komentar untuk "20 Jenis Bunga Anggrek Paling Indah dan Populer"