51 Contoh Peluang Usaha/Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan di Tahun 2024

 51 Contoh Ide/Peluang Usaha/Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan di Tahun 2024_Memulai sebuah usaha adalah tantangan yang membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya. Peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan banyak dicari sebagai opsi yang lebih fleksibel daripada bekerja di bawah orang lain. Banyak orang ragu sebelum memulai, karena membutuhkan upaya yang tidak sedikit. Meski begitu, jumlah masyarakat yang menggeluti bidang ini berkembang secara masif.

51 Contoh Peluang Usaha/Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan di Tahun 2024
Banyak pekerja terpaksa dirumahkan. Hal ini secara tidak langsung mengharuskan banyak orang memutar otak sehingga bisa tetap aman, tidak hanya kesehatan namun juga secara ekonomi. Tidak heran banyak orang banting setir untuk mencari peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Mendengar kata buka usaha, mungkin sebagian orang menganggapnya sebagai sesuatu yang besar dan membutuhkan banyak biaya. Padahal, di zaman yang trennya terus berkembang seperti sekarang cukup banyak usaha yang bisa dimulai dengan modal terbatas. Selain modal, tentunya juga diiringi dengan kemampuan menganalisa pasar, ketekunan, serta pemasaran masif dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Perlahan situasi mulai membaik. Meski masih menghadapi perjuangan panjang, masyarakat perlahan bangkit dan bertahan dengan berbagai upaya. Jenis usaha sangat banyak, sehingga dibutuhkan observasi terhadap apa yang sedang dibutuhkan masyarakat untuk mendatangkan ide. Inilah beberapa rekomendasi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan yang bisa dilakukan:

1. Jasa Setrika

Mobilitas masyarakat semakin aktif seiring berkembangnya zaman. Hal ini berdampak pada kesibukan yang seolah tidak ada habisnya sehingga sulit untuk melakukan berbagai urusan rumah sederhana. Salah satunya yaitu menyetrika baju. Aktivitas ini sederhana, namun banyak orang yang tidak sempat untuk melakukannya. Hal ini bisa menjadi peluang untuk memulai usaha berupa jasa setrika.

Bisnis ini cocok untuk kota besar dimana banyak orang aktif bekerja hingga malam hari. Peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan, cukup dengan membeli setrika yang kisaran harga umumnya 100 hingga 200 ribu saja.

Selain itu juga membutuhkan pewangi serta kemampuan menyetrika dengan rapi. Semisal satu pakaian dikenakan biaya 2.000, maka dengan menerima 20 per hari saja sudah bisa meraih hingga 1,2 juta per bulannya.

2. Kursus Online

Memiliki keahlian tertentu yang bisa diajarkan pada orang lain? Sayang jika dibiarkan begitu saja. Peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan selanjutnya adalah kursus (les) online. Bisnis yang bisa dijalankan dari rumah ini dapat dilakukan dengan modal yang terbilang kecil. Cukup dengan menyediakan perangkat elektronik yaitu laptop dan perlengkapan pendukung pembelajaran lainnya.

Kursus online menjadi alternatif yang aman bagi banyak orang, mengingat kondisi pandemi yang masih berlangsung. Berbeda dengan kursus secara online yang bisa dipasarkan dengan mudah melalui media sosial atau platform lainnya. Sebagai contoh, per jamnya dikenakan biaya 50 ribu. Misalnya dalam sehari menerima tiga murid, maka potensi yang bisa didapatkan per bulannya mencapai 1.5 juta bahkan lebih jika semakin dikenal.

3. Pet Hotel

Usaha ini merupakan tren yang meningkat pada tahun 2021. Hal ini dipengaruhi masa pandemi dimana orang banyak yang bekerja di rumah atau menambah pekerjaan sampingan, hingga tidak sempat mengurus hewan peliharaannya. Banyak juga yang memelihara hewan sehingga tidak jenuh saat di rumah saja. Pet hotel bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan dari rumah.

Beberapa hal yang perlu disediakan seperti kandang, makanan, dan alat perawatan lainnya sesuai kebutuhan. Modal yang dibutuhkan berada di kisaran 10 hingga 12 juta. Buat asumsi bahwa di awal mulanya bisa mendatangkan tiga hewan dengan biaya 50 ribu/ekor, maka sebulan bisa meraih 6 juta. Angka ini bisa terus dikembangkan seiring berkembangnya usaha dan kepercayaan yang diraih.

4. Sewa Pakaian

Persewaan baju mungkin sempat terhambat pada saat pandemi sedang meningkat pesat. Meski begitu, sewa pakaian masih termasuk Peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Terlihat dari banyaknya event penting yang diadakan secara online bahkan banyak yang sudah diperbolehkan menggelar acara dengan tamu terbatas. Tentunya memakai baju yang pantas sangat disarankan.

Persewaan ini bisa dimanfaatkan bagi orang yang tidak sempat membeli pakaian. Jenis baju yang disewakan bisa beragam. Misalnya untuk model, mengikuti wisuda, pesta, dan lain sebagainya. Modal yang dibutuhkan tidak banyak, bahkan bisa memanfaatkan baju lama yang kondisinya masih layak. Asumsikan satu baju dipatok harga 100 sampai 300 ribu, maka keuntungan yang didapatkan bisa mencapai belasan juta terutama di bulan ramai event kelulusan.

5. Sewa Barang Branded

Barang branded (bermerk) masih termasuk dalam item yang dilirik banyak orang. Tidak heran banyak yang membeli barang dengan kualitas non ori (KW) karena ingin memberi kesan yang lebih baik. Kondisi ini dapat dijadikan peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan dari menyewakan  barang branded. Barang ini bisa tas, sepatu, pakaian, dan lain sebagainya. Cocok untuk menyasar kaum wanita yang ingin tampil mewah.

Modal yang dibutuhkan tergantung merk barang, misalnya menyewakan baju dari toko yang cukup mahal bisa mencapai 5 hingga 10 juta. Namun tentunya biaya sewa yang diberikan juga disesuaikan dengan harga tersebut. Buat permisalan satu barang dihargai 100 ribu untuk peminjaman tiga hari. Melalui strategi pemasaran yang maksimal, usaha ini bisa lebih dikenal dan menghasilkan hingga jutaan rupiah per bulan.

6. Ayam Geprek Rumahan

Usaha berupa kuliner ayam geprek termasuk peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan, karena makanan berbasis ayam masih banyak disukai. Ayam adalah bahan mudah dijangkau juga bisa diolah menjadi berbagai makanan sehingga suplai bahannya bisa lebih murah.

Modal yang dibutuhkan relatif kecil jika dijalankan dari rumah, dengan 6 juta sudah bisa mendapatkan berbagai bahan yang diperlukan seperti beras, bumbu, minyak, ayam, dan perlengkapan lainnya.

Buatlah bumbu yang khas sehingga bisa dibedakan dari usaha geprek lainnya. Semisal harga jual seporsi nasi ayam geprek 20 ribu, sebulan bisa meraih hingga 2 juta tergantung kualitas makanan, operasional, hingga pemasarannya. Pelaku usaha bisa rutin mempromosikan ayam geprek melalui media sosial, jasa promosi, dan lain sebagainya. Tidak lupa juga keahlian dokumentasi sehingga makanannya terlihat semakin menarik.

7. Berjualan Perlengkapan Bayi

Jumlah bayi yang lahir setiap tahunnya tidak pernah berhenti, bahkan dilaporkan mengalami peningkatan sehubungan dengan masa pandemi. Banyak ibu yang tidak sempat membeli keluar, sehingga beralih ke toko online. Pelaku usaha bisa memanfaatkan peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan ini untuk menjual berbagai perlengkapan bayi dengan harga terjangkau.

Barang yang bisa dijual seperti botol ASI, baju bayi, popok, mainan asah gigi, dan masih banyak lagi. Modal untuk memulai usaha ini tidak begitu besar, apalagi dilakukan dari rumah. Cukup dengan 5 sampai 10 juta sudah bisa menyuplai beragam kebutuhan bayi dan operasionalnya. Melalui strategi yang memahami kebutuhan para orang tua, keuntungan yang diraih bisa hingga terus bertambah hingga balik modal dalam hitungan bulan saja.

8. Jasa Penulis Artikel & Copywriting

Kemampuan menulis bisa digunakan untuk menghasilkan manfaat bagi banyak orang. Pada zaman kecanggihan internet seperti sekarang, banyak orang membuat blog sebagai sumber pemasukan. Bahkan berjualan produk pun memerlukan kemampuan menulis sehingga bisa membuat orang tertarik. Tingginya permintaan (demand) yang ada menjadikan jasa ini peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Modal yang diperlukan adalah laptop, yang bisa didapatkan dengan harga beragam dan terjangkau, katakanlah 4 juta. Semisal satu tulisan dihargai 10 ribu, jika sehari menerima 10 tulisan saja sudah dapat mengantongi 3 juta tiap bulannya.

Melalui promosi dan kualitas yang meningkat, peluang meraih lebih banyak klien juga semakin besar. Bukan tidak mungkin usaha ini bisa menghasilkan hingga lebih dari 5 juta dan dikembangkan lagi dengan merekrut penulis.

9. YouTuber

Saat ini, sebagian besar lapisan masyarakat mengenal YouTube. Aplikasi berbasis video ini sangat digemari, bahkan popularitasnya mulai mengalahkan TV komersial. Ada banyak sekali hal yang bisa ditonton di YouTube, baik untuk menghibur diri, tutorial kreatif, serta materi untuk belajar, dan masih banyak lagi.

Antusiasme ini bisa dimanfaatkan untuk memulai profesi sebagai YouTuber. Peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan ini memerlukan modal berupa laptop, alat perekam, hingga kebutuhan lain sesuai topik video.

YouTube menawarkan iklan yang ditayangkan saat jumlah penonton dan jam tayang sudah mencapai angka tertentu. Semakin rutin mengunggah video berkualitas apalagi bermanfaat bagi banyak orang, kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan (subscriber) semakin tinggi. Sudah banyak YouTuber asal tanah air yang mengantongi puluhan bahkan ratusan juta dari YouTube.

10. Berjualan Keripik

Keripik merupakan camilan yang banyak menjadi favorit masyarakat. Keripik cocok untuk segala suasana, baik sebagai teman bekerja maupun bersantai. Cocok sebagai peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Sudah banyak keripik terkenal yang semakin laris saat dipasarkan kembali. Pelaku usaha ini bisa memulai dengan memilih supplier terpercaya. Cari jenis apa yang sedang banyak disukai.

Belilah beberapa jenis keripik berpotensi sehingga bisa menentukan mana yang lebih disukai. Lakukan pemasaran di berbagai platform sehingga semakin laris. Modal yang diperlukan umumnya pada kisaran 2 hingga 3 juta. Keripik yang disukai bisa mendatangkan keuntungan hingga jutaan tiap bulan, apalagi dengan inovasi baru seperti penambahan jenis keripik.

11. Cuci Sepatu

Sepatu adalah benda yang paling jarang dicuci, dibandingkan dengan pakaian lain seperti baju dan celana. Dibandingan laundry pakaian, tempat untuk cuci sepatu masih jarang untuk ditemukan namun prospeknya bagus. Usaha yang belum banyak dijalankan ini lebih minim pesaing. Cuci sepatu termasuk peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Modal yang diperlukan bisa dipakai untuk membeli kebutuhan membersihkan sepatu yang dapat disesuaikan budget. Pada angka sekitar 3 juta sudah bisa memiliki perlengkapan standar yang cukup untuk mencuci sepatu.

Walaupun modalnya relatif rendah, pelaku usaha ini harus menjaga kualitas dan kepercayaan pelanggan sehingga bisa meraih lebih banyak dan tentunya peningkatan omzet. Ada pemilik usaha cuci sepatu yang bisa meraih hingga estimasi 5 juta tiap bulan.

12. Dropshipper

Peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan dapat diraih dari menjadi dropshipper. Usaha yang sedang naik daun karena relatif mudah dan potensial untuk jangka panjang. Wajar, mengingat pembelian melalui toko online sedang meningkat pesat. Sederhanya, dropshipper merupakan orang yang membantu penjual (supplier) dalam menjual barangnya. Dropshipper bisa memberi informasi pada supplier, apabila ada yang memesan sehingga barang segera dikirimkan.

Kelebihan usaha ini adalah kepraktisannya. Modal yang diperlukan juga cukup ponsel dan koneksi internet memadai. Umumnya keuntungan yang didapatkan adalah 10 sampai 30 persen dari penjualan. Apabila serius, dropshipper bisa mengumpulkan lebih banyak pelanggan dan dipercaya oleh supplier bahkan ada meraih hingga puluhan juta.

13. Tata Rias

Beberapa tahun terakhir ini, tata rias menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Kebutuhan akan make up artist (orang yang ahli merias) terus ada, mengingat banyaknya acara yang diadakan setiap bulannya. Tahun lalu, pendapatan MUA sempat menurun karena pandemi. Meski begitu, pertengahan 2021 menjadi angin segar bagi pelaku usaha ini.

Semakin banyak acara yang boleh digelar, selama tetap mematuhi protokol kesehatan. Perias memerlukan modal sekitar 10 sampai 20 juta untuk membeli perlengkapan make up. Hanya dalam beberapa bulan, usaha ini sudah bisa balik modal tergantung skill, kemampuan pemasaran, serta kepercayaan yang didapat dari pelanggan. Pendapatan MUA rata-rata berkisar 10 hingga 15 juta tiap bulan, dan bisa terus bertambah.

14. Laundry Kiloan

Kepraktisan menjadi aspek penting yang diidamkan banyak orang. Pasalnya, banyak hal yang bisa diselesaikan secara efektif dengan mempertimbangkan waktu. Setiap hari orang butuh mencuci baju. Banyak orang yang tidak sempat mencuci pakaiannya dan lama-kelamaan terus menumpuk. Solusi paling cepat adalah membawanya ke tempat laundry.

Bisnis ini dipandang biasa saja, namun sebenarnya termasuk peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Contohnya saja mantan wartawan asal Jakarta, Andry Tri yang bisa meraih hingga ratusan kilogram orderan cucian hingga meraih omset 6 juta ke atas per bulannya. Modal awal yang diperlukan kurang lebih 6 juta untuk membeli mesin cuci serta perlengkapan lain.

15. Jasa Cuci Motor

Pengendara motor berjumlah sangat banyak, terbukti dari tingginya jumlah kredit motor tiap tahunnya. Banyak pengendara yang merupakan pekerja dan pelajar, sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci motornya dengan benar. Jasa cuci motor bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Adanya jasa ini sangat praktis untuk pengendara motor yang ingin membersihkan motornya secara maksimal.

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini kurang lebih tujuh juta untuk kompresor dan keperluan pembersih lainnya. Dari segi omzet, rata-rata jasa cuci motor memberi harga 10 ribu per unit motor. Bila sehari bisa meraih lima sampai sepuluh pelanggan, dalam sebulan sudah dapat meraih keuntungan hingga tiga juta.

16. Sewa Buku

Memiliki koleksi buku yang menumpuk? Akan sayang jika dibiarkan begitu saja, sebaiknya dijadikan peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Buku tersebut bisa dibagikan manfaatnya kepada orang lain, khususnya yang tidak sempat membeli atau kekurangan akses untuk membaca. Minat baca masyarakat terus meningkat, sensasi memegang buku asli juga masih disukai.

Sebaiknya manfaatkan buku yang dimiliki untuk disewakan. Pada saat memulai bisnis ini perlu keterampilan mencari tahu tren bacaan yang sedang populer, serta pemasaran yang tepat misalnya dari sosial media. Serta, agar perawatan buku relatif mudah.

Modal yang diperlukan juga tidak banyak, biasanya hanya saat waktunya membeli buku baru saja, pada kisaran ratusan hingga jutaan tergantung kebutuhan. Misalnya sebuah buku diberi harga 50 ribu untuk tiga hari, maka omset yang diraih bisa mencapai jutaan per bulan.

17. Penitipan Anak

Penitipan anak termasuk peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Tingginya kesibukan para orang tua membuat waktu yang dimiliki untuk anak berkurang. Agar tetap bisa menunjang perkembangan anak dan memastikan keamanannya terjaga, penitipan anak menjadi solusi.

Pelaku usaha ini bisa menyiapkan modal untuk merenovasi rumah sehingga menjadi tempat yang menyenangkan, serta membeli kebutuhan untuk mengajar anak sesuai perkembangannya. Modal awal yang dibutuhkan bisa mencapai 10 juta.

Misalnya biaya menitipkan anak adalah 500 ribu anak, jika menerima 10 anak sudah bisa meraih hingga lima juta per bulannya. Angka tersebut juga bisa bertambah jika kualitas terus ditingkatkan dan menjaga kepercayaan orang tua dengan baik.

18. Ternak Ayam

Beternak ayam merupakan peluang yang tidak lekang oleh waktu, karena hasilnya dibutuhkan oleh banyak orang. Hampir semua orang suka menyukai makanan berbasis ayam dan telur, karena kaya protein serta unsur gizi lainnya yang bagi kesehatan.

Oleh karena itu, ternak ayam termasuk peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Sekarang dengan modal 500 ribu hingga satu juta saja sudah bisa memulai bisnis ayam petelur.

Modal tersebut cukup untuk memilih bibit unggul, membeli kandang, pakan, dan keperluan lainnya. Pada masa panen, ayam bisa menghasilkan telur dalam jumlah banyak untuk dijual. Keuntungan yang didapat bisa mencapai belasan juta. Usaha yang berawal dari skala kecil pun saat ditekuni konsisten bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang.

19. Kerajinan Tangan

Memiliki keterampilan membuat kerajinan tangan? Skill ini belum banyak dimiliki oleh masyarakat. Berbekal kreativitas, modal, dan usaha keras dalam melatih keterampilan, kerajinan tangan bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. 

Bisnis ini bisa dikerjakan secara offline dan dipasarkan melalui online. Memulai bisnis ini tidak harus menyediakan modal besar, karena dengan biaya beberapa ratus ribu sudah dapat memulainya.

Saat ini semakin banyak orang membeli barang untuk memperindah rumah, ruang kerja, atau restoran yang dikelolanya. Kerajinan tangan ini bisa dilakukan dengan memperhatikan apa yang sedang disukai di tengah masyarakat. Berbekal kemampuan yang terus diasah dan strategi yang tepat, usaha ini bisa meraih omzet hingga jutaan rupiah, apalagi jika mendapat pesanan khusus.

20. Jasa Potong Rambut

Seni menata rambut cukup menjadi tren yang banyak dicari, khususnya kaum pria yang rutin mengunjungi tempat untuk potong rambut (barbershop). Peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan ini bisa digunakan untuk membuka jasa potong rambut dengan harga terjangkau. Mulai dengan melatih kemampuan potong rambut, modal untuk melakukan usaha ini dari rumah cukup terjangkau yaitu sekitar dua juta untuk membeli perlengkapannya.

Biaya tersebut sama dengan yang dikeluarkan oleh pemilik barber shop ternama, Nikasius Dirgahayu yang menggunakan rumahnya untuk usaha potong rambut. Katakanlah biaya potong rambut dimulai dari 30 hingga 50 ribu. Melalui keterampilan yang terus diasah serta interaksi yang baik dengan pelanggan, usaha ini bisa meraih omzet hingga 10 juta tiap bulannya.

21. Jual Kaos

Kaos memang mudah ditemukan, namun dengan strategi yang tepat bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Tren yang belakangan ini sedang muncul adalah mencantumkan kalimat unik di kaos, contohnya “anak mama”. Ada juga yang membuatnya dari gambar artis favorit atau coretan karya sendiri yang dicetak di kaos.

Meski modal awalnya tidak terlalu tinggi, faktor keuletan, pemasaran, serta kemampuan desain sangat dibutuhkan. Misalnya harga jual kaos 100 ribu, jika sebulan menjual 50 baju saja bisa meraih lima juta. Contoh nyata kesuksesan bidang ini adalah Yasa Paramita yang memasarkan kaos online hingga omsetnya 200 juta tiap bulan.

22. Budidaya Jamur Tiram

Pernah memakan jamur crispy? Bahan utama menu populer ini tidak lain adalah jamur tiram. Jamur ini sering digunakan di berbagai masakan karena rasanya yang lezat dan tekstur menyerupai ayam. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang relatif mudah, terutama dari segi modal yang terjangkau.

Teladan dari budidaya ini adalah Mardiana, pemilik Celebes Mushrooms yang dengan modal awal 1 juta akhirnya dapat meraih omzet 50 juta. Belum banyak yang menekuni peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan ini, sehingga persaingannya tidak begitu ketat dan bisa dimulai dari memasarkan ke orang terdekat seperti teman kerja atau komunitas yang diikuti.

23. Penggilingan Daging

Pernah membeli daging, kemudian ingin menggilingnya sehingga bisa dijadikan bakso? Masalahnya, belum banyak yang menyediakan daging yang telah dicincang sebelumnya. Ini merupakan peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan, yaitu menyediakan jasa menggiling daging. Orang yang memerlukan hanya perlu datang dan menitipkan daging untuk cincang secara cepat.

Modal yang dibutuhkan tidak banyak, cukup membeli mesin penggiling dengan harga kisaran 2 hingga 3 juta tergantung tipenya serta 1 juta operasional lainnya seperti buku catatan dan plastik pembungkus. Alat penggilingan dipakai dalam waktu cukup lama, dan jika dipasarkan dengan tepat bisa balik modal dalam hitungan bulan saja bahkan bisa meraih omzet jutaan rupiah.

24. Waralaba (Franchise)

Bisnis waralaba kerap kali dipandang sebagai usaha yang memerlukan modal besar. Padahal, saat ini semakin banyak franchise yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau contohnya saja minuman kekinian. Sebelum memulai peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan ini, perlu melakukan penelitian cermat terhadap apa yang sedang disukai oleh masyarakat.

Selain itu perhatikan juga apakah usaha tersebut memiliki potensi baik dalam jangka panjang, karena ada banyak yang momentum saja (popularitasnya hanya sesaat). Carilah mitra usaha yang baik dan sudah dipercaya banyak orang sehingga keamanannya terjamin. Ada berbagai bidang kemitraan yang bisa dipilih sesuai budget yang dimiliki.

25. Jasa Penerjemah

Perkembangan teknologi menjadikan berbagai hiburan dari negara lain masuk ke tanah air. Sebut saja novel, komik, film, game, dan lain-lain. Semua itu tentunya memakai bahasa asing, sehingga jasa penerjemah memiliki peran krusial untuk membuat orang lain dapat memahaminya dengan baik. Kemampuan bahasa asing yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk memulai peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan ini.

Memperbanyak kemampuan membaca, menulis, atau mendengarkan karya asing diperlukan sehingga dapat meningkatkan kualitas dan jumlah permintaan untuk menerjemahkan. Melalui portofolio yang baik, penerjemah bisa meraih pendapatan hingga 5 juta ke atas. Angka ini bisa bertambah apalagi jika karya yang diterjemahkan laku keras.

26. Food Truck

Menyewa tempat untuk membuka usaha makanan membutuhkan modal lumayan tinggi. Ada alternatif dari luar negeri yang bisa dijadikan panutan, yaitu food truck. Pelaku usaha bisa merombak kendaraannya untuk menjual makanan dan minuman.

Tentunya disertai desain, kualitas rasa, serta pemasaran kreatif untuk membuatnya lebih dikenal. Bisnis ini belum banyak digeluti, sehingga menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Heri Puryanto dari Semarang merupakan salah seorang pelaku usaha food truck yang bisa meraih 6 sampai 7 juta dari bisnis unik ini. Tidak lupa juga untuk bergabung dengan asosiasi para pemilik food truck Indonesia yaitu AFTI agar bisa saling berbagi ilmu, informasi, bahkan peluang ekspansi.

27. Blogger

Blogger termasuk peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan dari tahun ke tahun. Wajar, karena sekarang hampir semua orang membutuhkan koneksi internet untuk mencari konten dan informasi. Blog merupakan salah satu sumber yang bisa memberi manfaat untuk banyak orang. Melalui konten blog, keahlian menulis bisa diasah dengan lebih baik. Blog yang ramai bisa mendatangkan AdSense (iklan).

Tentunya penulis blog perlu mengikuti kaidah SEO agar sesuai dengan mesin pencarian internet. Bisnis ini modalnya tidak besar, cukup laptop dan koneksi internet sehingga bisa menyajikan konten berkualitas. Semakin banyak pengunjung, iklan yang datang juga bertambah banyak bahkan mencapai belasan juta.

28. Berjualan Pulsa

Kebutuhan apa yang selalu dibutuhkan oleh pengguna ponsel? Jawabannya adalah pulsa. Pulsa adalah peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Saat ini, tidak harus memiliki counter untuk menjualnya. Kemudahan teknologi menjadikannya bisa dijalankan dengan modal kecil dan dilakukan secara online. Caranya adalah mendaftar ke perusahaan yang menyediakan jaringan pembayaran.

Pelaku usaha ini bisa menjual pulsa, langganan internet, hingga pembayaran listrik. Modalnya kurang dari 1 juta, namun dengan pemasaran yang tepat serta kualitas pelayanan yang terus berkembang bisa membuatnya lebih dikenal orang. Penghasilan yang didapatkan bisa mencapai 2 hingga 3 juta, dan bisa terus bertambah.

29. Ternak Semut Rangrang

Nama semut Rangrang mungkin masih jarang terdengar, namun hewan ini berpotensi untuk menjalankan bisnis modal kecil yang menguntungkan. Semut Rangrang bisa menghasilkan kroto sebagai bahan pangan burung. Banyak orang memelihara burung, sehingga kroto terus dicari. Mendapatkan kroto di alam liar termasuk sulit, sehingga banyak yang memilih untuk membelinya langsung.

Semut Rangrang adalah peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan bahkan seorang peternak di Indonesia ada yang bisa meraih keuntungan hingga tiga juta per bulannya. Modal yang diperlukan tidak besar, dengan 500 ribu sudah dapat membeli kandang, bibit yang unggul, serta pakannya. Telur yang diternakkan bisa berjumlah banyak dan diternakkan kembali sehingga jumlahnya terus bertambah.

30. Jasa Pembuat Konten

Perkembangan sosial media yang masif menjadikan platform tersebut banyak digunakan untuk promosi. Dari sini terlihat adanya peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Bila diperhatikan, hampir semua cafe kekinian dan mall kota besar memiliki akun Instagram yang menyajikan konten rutin. Konten ini tidak boleh dibuat sembarangan, namun memerlukan keahlian khusus untuk membuat desain sehingga orang yang melihatnya tertarik.

Pada titik inilah peran pembuat konten dibutuhkan. Usaha ini membutuhkan modal laptop serta koneksi internet sehingga tidak terlalu membebani secara finansial. Umumnya usaha ini bisa menghasilkan 1.5 hingga 2.5 juta tergantung jam terbang.

Seiring banyaknya job yang diselesaikan, peluang untuk mendapat banyak pelanggan terbuka. Apalagi jika dipercaya oleh produk atau perusahaan besar, tentunya harga per konten bisa sangat besar hingga mencapai belasan juta.

31. Preloved

Biaya hidup semakin tinggi, banyak orang tidak segan memakai barang bekas selama kondisinya bagus. Di sinilah ada peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan yaitu berjualan barang bekas. Bisnis preloved tidak memerlukan modal besar. Barang yang tidak digunakan namun masih layak bisa dijual kembali sehingga bermanfaat untuk orang lain.

Contoh nyatanya adalah toko online pakaian bekas (thrift shop) yang digemari karena banyak model pakaian bagus dengan harga terjangkau. Pemasaran online secara gencar bisa membuat orang melihat adanya peluang, hingga menitipkan barangnya untuk dijual. Hal ini bisa menjadi pemasukan tambahan, ada yang bisa meraih hingga 10 juta tiap bulan dari berjualan preloved.

32. Sewa Kost

Rumah yang dihuni cukup besar dan memiliki beberapa ruang kosong tidak terpakai? Hal ini bisa dijadikan peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Jumlah masyarakat yang merantau cukup tinggi, sehingga banyak yang mencari kos. Terlebih jika rumah berada di area perkantoran atau institusi pendidikan.

Modal yang diperlukan tidak banyak karena di rumah sendiri. Satu bulan bisa dikenakan biaya yang misalnya 1 hingga 2 juta. Omzet yang didapatkan ini bisa terus bertambah bahkan dipakai untuk menyewa properti untuk kos baru. Contoh sukses bidang ini adalah Naysilla Mirdad, berawal dari 23 kamar kos menjadi 50 hingga omzetnya 75 juta tiap bulan.

33. Sewa Alat Mendaki

Pendakian (hiking) memiliki penggemar yang banyak, apalagi Indonesia memiliki banyak gunung yang indah. Situasi pandemi mulai membaik, persewaan alat untuk mendaki bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Melalui modal awal 2 juta sudah bisa membelikan tenda, matras, headlamp, dan lain sebagainya.

Penambahan stok barang bisa terus dilakukan seiring banyaknya orang yang menyewa. Dari jasa persewaan ini, keuntungan yang diraih rata-rata 5 sampai 8 juta. Omzet bisa bertambah terutama di masa libur panjang atau musim untuk mendaki. Ikuti juga forum outdoor untuk memasarkan usaha persewaan sehingga menarik lebih banyak orang.

34. Joki Game

Game online terus melebarkan sayapnya ke berbagai kalangan. Terkhusus masa pandemi saat banyak orang berada di rumah, aktivitas bermain game juga bertambah. Keahlian bermain game bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Banyak orang ingin rank-nya segera naik, namun memiliki keterbatasan waktu atau kemampuan. Nah, pada posisi inilah jasa joki dibutuhkan.

Joki bisa memainkan akun pelanggan sehingga lebih cepat menaikkan levelnya. Modal yang diperlukan biasanya perangkat elektronik dan koneksi internet memadai. Cukup dengan 2 sampai 5 juta sudah bisa mendapatkannya. Umumnya di forum game banyak pemain bisa meraih 1.5 juta bersih tiap bulan. Hal ini bisa terus berkembang seiring promosi gencar dan peningkatan skill dan kepercayaan.

35. Ternak Burung Kenari

Spesies Kenari termasuk mudah untuk dipanen, karena peternak bisa panen hingga 12 kali dalam satu tahun. Umumnya, kenari bisa kawin lagi sesudah satu bulan. Ternak kenari cukup potensial karena dapat dikerjakan di rumah. Kenari dapat menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Banyak orang menyukai burung yang bersuara indah ini untuk dirawat di rumah. Burung dengan warna hijau kekuningan ini termasuk kecil sehingga perawatannya mudah. Umumnya harga yang dipatok untuk seekor kenari mulai 200 ribu hingga jutaan tergantung jenisnya.

36. Personal Trainer Virtual

Banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah sambil bekerja bisa membuat jenuh. Tidak heran banyak orang mencari waktu berolahraga agar kesehatan tubuhnya terjaga. Kondisi pandemi dimana tempat olahraga masih terbatas membuat peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan muncul, yakni pelatih olahraga visual.

Jasa pelatihan ini tidak memerlukan banyak modal karena dilakukan dari rumah melalui laptop dan mempersiapkan perlengkapan olahraga lainnya. Umumnya dengan 2 sampai 5 juta sudah bisa mengembangkan usaha ini.

Melalui skill yang terus dikembangkan, pelaku usaha ini bisa membuka kelas rutin dari Google Meet ataupun Zoom dengan biaya pendaftaran misalnya 75 ribu. Semakin banyak dikenal orang, ada potensi keuntungan besar yang bisa diraih hingga jutaan rupiah.

37. Jasa Konsultasi

Konsultasi merupakan layanan yang dibutuhkan oleh banyak orang. Banyak masalah yang dihadapi oleh masyarakat modern, tidak hanya fisik namun juga psikologis. Kebutuhan ini bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Melalui skill dan pemahaman yang dimiliki, seseorang bisa memberi bantuan pada orang lain terkait suatu isu.

Misalnya saja jasa konseling psikologi yang sedang marak. Wajar, mengingat situasi pandemi membuat kondisi mental banyak orang mengalami penurunan. Modal pembuatan media online dan operasional sekitar 2 hingga 3 juta. Satu kali konseling bisa dikenakan harga terjangkau misalnya 50 hingga 100 ribu. Bila konsisten dikembangkan, omset yang diraih bisa mencapai 10 juta ke atas tiap bulannya.

38. Penjahit

Memiliki keahlian untuk menjahit pakaian? Sayang jika tidak dimanfaatkan. Kebutuhan akan pakaian tidak pernah habis, sehingga bisa dijadikan peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Hasil jahitan dapat dijual online, bisa juga dengan sistem preorder.

Usaha ini cukup potensial karena tidak terbatas di menjahit pakaian saja. Keahlian menjahit bisa digunakan untuk memberi kursus menjahit online, membuat desain, persewaan baju, dan lain sebagainya. Melalui modal awal yang ada di kisaran 5 juta untuk perlengkapan jahit, omzet usaha ini bisa meraih hingga belasan juta saat semakin dikenal banyak orang. Apalagi pada musim event seperti lebaran, wisuda, dan lain-lain.

39. Jual e-book

Membaca adalah kebutuhan yang terus ada seiring perkembangan zaman yang pesat. Tidak semua orang memiliki ruang cukup untuk menyimpan buku, sehingga banyak yang memilih untuk membeli buku berformat pdf (ebook). Peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan ini bisa digunakan untuk menjual bacaan dalam versi online.

Modal yang dibutuhkan umumnya laptop, internet, serta buku penunjang untuk membuat tulisan. Sebagai contoh, bila menguasai sastra bisa digunakan untuk merangkum berbagai pengetahuan yang dibutuhkan calon mahasiswa sebelum mulai kuliah. File ini bisa dipasarkan secara online dan dijual berulang kali hingga mencapai penghasilan yang cukup besar bahkan hingga jutaan tiap bulannya.

40. Ternak Kambing Etawa

Beternak masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia sebagai peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Mendengar ternak kambing, kesannya cukup berat untuk dilakukan karena besarnya modal, namun sebenarnya dengan lima juta sudah bisa memulai usaha ini. Kambing masih termasuk daftar teratas yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga angka permintaannya tinggi.

Salah satu yang modalnya relatif rendah adalah kambing Etawa. Jenis ini memang masih asing, namun potensial untuk dikembangkan. Etawa adalah gabungan kambing Indonesia dengan Jamnapari asal India. Dagingnya cukup besar sehingga banyak dicari. Kambing ini bisa dijual dengan kisaran 2 sampai 4 juta tergantung kondisi keseluruhannya. Pemberian pakan dan perawatan yang baik bisa meningkatkan harga jualnya.

41. Affiliate Marketing

Bisnis afiliasi adalah usaha di bidang online yang mulai gencar digeluti masyarakat sejak 2000-an. Kehadirannya menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan karena bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman. Tugas pelaku affiliate marketing adalah memasarkan produk. Komisi yang didapatkan sesuai dengan jumlah produk terjual.

Modal yang diperlukan tidak banyak, umumnya perangkat elektronik untuk memasarkan produk melalui sosial media dan platform lainnya. Hal yang paling utama adalah kemauan untuk terus belajar cara memasarkan sebuah produk dan peningkatan relasi. Tergantung banyaknya produk yang berhasil dijual, usaha ini bisa meraih komisi hingga belasan juta.

42. Fotografer

Semua orang bisa memotret, namun ada perbedaan yang sangat jelas dari gambar yang diambil oleh profesional dan amatir. Jika berada di acara seperti wisuda, pernikahan dan lainnya, selalu ada fotografer yang sibuk memotret momen. Usaha fotografer berpotensi sebagai peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Pelaku usaha ini memerlukan modal awal untuk kamera dan perlengkapan lain sekitar 15 sampai 20 juta. Pemula bisa memulainya dari freelance, semakin banyak portofolio dan skill yang terus dikembangkan, perlahan akan mulai dilirik dan bisa mendapatkan proyek lebih besar. Karya foto juga bisa dijual di internet. Tergantung jenis event-nya, ada job fotografi yang bisa mendapatkan bayaran hingga 50 juta.

43. Jual Sabun Organik

Kepedulian akan lingkungan alam semakin merebak di kalangan masyarakat. Salah satunya terkait dengan kesehatan tubuh, yaitu apa yang dipakai dan dikonsumsi. Sabun adalah kebutuhan yang dipakai setiap hari, sehingga bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Hal yang membedakan adalah membuat sabun dari bahan organik, artinya tidak memakai unsur kimiawi sehingga aman digunakan. Usaha ini memerlukan modal sekitar 1 hingga 2 juta untuk mendapatkan berbagai bahan alam dan melakukan uji coba sehingga tidak aman untuk berbagai jenis kulit. Terbukti dengan suksesnya usaha milik Nina Widjaja yang menjual sabun organik hingga omzetnya puluhan juta rupiah.

44. Budidaya Ikan Hias

Sesuai namanya, ikan hias berfungsi untuk menambah keindahan suatu tempat. Ikan hias banyak ditemukan di rumah hunian, restoran, hingga mall. Budidaya ikan hias termasuk peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan karena masih digemari banyak orang. Contoh nyata adalah usaha Nicholas Kurniawan, yang memulai bisnis ini dari modal 1 juta.

Modal ini digunakan untuk membeli bibit, akuarium yang aman bagi ikan, serta pakan dan pemasaran dilakukan sendiri secara online. Saat in omzetnya mencapai 10 juta tiap bulannya. Usaha ini tidak memerlukan modal besar, namun harus disertai keuletan dalam memperhatikan bibit ikan, perawatan, dan pengembangannya.

45. Bisnis Sambal

Bagi sebagian besar orang Indonesia, makan tanpa sambal rasanya ada yang kurang. Tidak heran ada banyak jenis sambal yang bisa ditemukan di sini. Selain itu juga bisa menjadi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Bahan untuk membuat sambal tidak memerlukan modal fantastis, umumnya dengan 1 juta sudah bisa memulai usaha ini.

Hal terpenting adalah memastikan sambal tersebut memiliki keunikan sendiri dan cita rasa yang membuat orang ingin memakannya kembali. Buatlah sambal praktis yang bisa disimpan di kulkas sehingga bisa dipakai kapan saja. Melalui pemasaran yang tepat dan kenikmatan sambalnya, ada usaha sambal yang omzetnya mencapai belasan juta.

46. Bisnis Parfum

Solusi utama dari badan yang bau adalah parfum. Saat ini banyak orang mengantongi parfum di tasnya untuk mencegah jika seandainya berkeringat dan bau. Parfum memiliki keragaman aroma, sehingga penggemarnya akan terus ada. Berjualan parfum adalah peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Modal yang diperlukan awalnya mencapai 8 juta jika dilakukan dari rumah untuk bibit parfum, botol, dan operasional lainnya. Semakin unik konsep parfum yang dibuat, bisa menjadikan usaha ini ramai hingga meraih omzet 200 ribu tiap harinya. Hal ini sudah dirasakan oleh pengusaha parfum ternama yaitu R. Tubagus, dengan konsep parfum berdasarkan golongan darah dan nama.

47. Catering Harian

Usaha makanan tidak pernah ada habisnya, namun tentunya disertai kualitas, kebersihan, dan sikap yang baik terhadap pelanggan. Katering adalah salah satu peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan karena banyak orang tidak sempat memasak. Modal awal 5 juta sudah cukup untuk memulai bisnis katering.

Omzet yang diraih juga terbilang tinggi, anggap saja satu porsi diberi harga 30 ribu. Bila sehari dapat meraih pelanggan hingga 25 porsi, maka sudah bisa meraih hingga 750 ribu sehari. Potensi sebulan bisa mencapai 20 juta ke atas dengan pendapatan tersebut.

48. Desainer Grafis

Kemampuan dalam bidang grafis adalah peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan beberapa tahun terakhir ini. Banyak masyarakat modern menyukai hal praktis, sehingga membutuhkan jasa desain grafis. Misalnya untuk membuat logo, animasi, desain web, kaos, dan lain sebagainya.

Modal usaha ini tidak banyak, karena berbekal laptop, internet, dan alat penunjang lain seperti alat tulis sudah bisa memulai usaha ini dari online. Banyak freelancer desain grafis yang mempromosikan diri dan karyanya secara tepat sehingga bisa mendapat banyak proyek. Ada yang meraih hingga 2.5 juta untuk satu proyek saja.

49. Reseller Skincare

Peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan selanjutnya adalah reseller (menjual ulang) produk skincare. Kelebihan dari memasarkan produk ini adalah permintaannya yang tinggi. Tentu disertai dengan pemilihan produk apa yang sedang laris dan kualitas serta keamanannya terjamin.

Modal awal untuk memulai usaha ini tidak begitu tinggi, bisa dengan memesan beberapa produk yang dianggap paling potensial. Selanjutnya dengan melatih pemasaran serta kerjasama yang baik dengan supplier, jumlahnya perlahan bisa ditingkatkan. Sudah banyak reseller yang meraup omzet hingga puluhan juta dari berjualan skincare.

50. Videografer

Pernah menonton YouTube, lalu disuguhkan iklan produk di awal pemutaran video? Hampir semua orang pernah mengalaminya. Iklan yang tayang ini tidak sembarangan dibuat, melainkan dengan jasa seorang videografer. Tugas videografer sangat berorientasi pada skill, karena perannya krusial dalam menghasilkan video yang membuat orang tertarik.

Pekerjaan ini adalah peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Modal yang diperlukan umumnya berada di kisaran 20 hingga 30 juta tergantung tipenya. Meski begitu, jasa videografer sedang marak dicari karena kebutuhan pemasaran online yang masif. Sebuah video saja bisa dihargai 1 hingga 2 juta, bahkan bisa puluhan juta jika jam terbangnya sudah tinggi.

51. Pembuatan Website

Website merupakan media resmi tempat berbagai perusahaan, UKM, hingga institusi pendidikan memberikan informasinya. Hampir seluruh instansi memiliki website sendiri sehingga tetap profesional. Meski begitu, tidak semua orang memiliki skill memadai sehingga website-nya kurang nyaman dilihat. Di sinilah ada peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Website yang menarik membuat orang betah dan meningkatkan engagement bagi perusahaan itu sendiri. Tidak jarang website disisipi iklan karena komponen keseluruhannya yang bagus.

Modal untuk melakukan pembuatan website berupa laptop dan koneksi internet, rata-rata 5 sampai 10 juta. Honor membuat satu website bisa ratusan ribu hingga jutaan, tergantung isi. Semakin banyak portofolio, semakin mudah dipercaya untuk mengerjakan website hingga meraih jutaan.

Itulah rekomendasi peluang usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Ada sangat banyak hal yang bisa dicoba. Perkembangan zaman selalu memunculkan tren, kebutuhan, dan inspirasi baru yang bisa dimanfaatkan secara cerdas untuk menghasilkan keuntungan. Tentu tidak ada yang langsung berhasil, diperlukan kerja keras dan cerdas sehingga dapat menjalankannya.

Bukan tidak mungkin di masa mendatang nantinya, akan lebih banyak orang yang menciptakan usaha baru yang lebih unik. Hal ini berpotensi untuk membuka lapangan kerja bagi lebih banyak orang yang belum memiliki kesempatan. Dimulai dari sesuatu yang kecil dan sederhana, namun manfaatnya bisa membantu banyak orang untuk memenuhi kesejahteraan hidupnya.

Posting Komentar untuk "51 Contoh Peluang Usaha/Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan di Tahun 2024"